Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

KIA Recall 250 Ribuan Unit Optima Di Amerika Serikat, Ini Penyebabnya!

Sebanyak 250 Ribuan Unit Kia Optima Terkenal Recall Di Amerika Serikat, Ini Penyebabnya!

Recall yang terjadi Kia Optima ini berkaitan dengan plat body mobil yang memiliki struktur yang kurang kuat ketika terjadi kecelakaan yang berpotensi menimbulkan korban jiwa.

Autos.id – Sebuah kabar kurang menyenangkan datang dari salah satu pabrikan otomotif asal  Korea Selatan, Kkia. Pasalnya sekitar 250 ribuan sedan Kia Optima terkena recall di Amerika Serikat. Diduga recall kali ini berkaitan dengan masalah plat body mobil yang berfungsi sebagai penyerap energi tidak terpasang secara sempurna dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Unit Kia Optima yang terkena recall kali ini adalah unit yang diproduksi dari tahun 2011 hingga 2013 untuk pasar Amerika Serikat.

Sebanyak 250 Ribuan Unit Kia Optima Terkenal Recall Di Amerika Serikat, Ini Penyebabnya!

Detail Masalah Yang terjadi

Seperti yang dilansir oleh Carscoops pada Selasa (9/8/2022), Kia pertama kali menemukan masalah tersebut sejak bulan Mei kemarin. Ketika itu ada seorang penggunan Kia Optima yang mengajukan gugatan terkait dengan kecelakaan yang membuat airbag samping mobil mengembang tetapi tetap mengalami cidera yang cukup parah.

Konsumen tersebut menggunakan Kia Optimal keluaran tahun 2012 dan pihak Kia sendiri sudah melakuka investigasi. Hasilnya bracket mobil ini yang berada disisi enumpang tidak terpasang dengan sempurna serta berpotensi menimbulkan kecelakaan yang justru berpotensi menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

Kia juga melakukan analisis mendalam mengenai apa yang membuat plat body mobil ini bisa memilik sturktur yang tidak terpasang secara sempurna. Mereka menemukan bahwa mobil-mobil Kia Optima lainnya juga berpotensi menimbulkan masalah yang sama sehingga perlu penanganan yang lebih mendalam lagi.

Sebanyak 250 Ribuan Unit Kia Optima Terkenal Recall Di Amerika Serikat, Ini Penyebabnya!

Kia sendiri menyebut ada sekitar 257.998 unit Kia Optima yang mengalami masalah serupa. Unit-unit yang terdampak ini merupakan produksi antara 11 Agustus 2011 hingga 27 September 2013 yang du rakit di pabrik Kia di negara bagian Georgia, Amerika Serikat. Untuk mengatasi masalah ini, Kia melakukan beberapa langkah pencegahan serta memulai proses recall ini.

Salah satunya adalah dengan memasang plat body dalam tambahan ada sisi kiri dan kanan mobil untuk memberi penguatan struktur sehingga ketika terjadi kecelakaan tidak menimbulkan masalah yang serius. Kia sendiri akan memberikan surat pemberitahuan kepada pemilik mobil yang terkan dampak recall ini pada 26 Sseptember mendatang.

Pihak Kia sendiri menyebut bahwa mereka sudah berkordinasi dengan Badan Keselamatan Jalan Rraya Nasional Amerika Serikat atau NHTSA. Nantinya pada proses recall ini juga akan mendapat pengawasan khusus dari pihak NHTSA agar proses recall ini bisa berjalan dengan lancar. Tidak ada biaya yang dibebankan ke konsumen selama proses recall ini berlangsung.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Recall Kia Sorento dan Telluride yang terjadi di Amerika Serikat ini semuanya merupakan unit produksi selama tahun 2022. Autos.id – Baru-baru ini 2 produk...

Berita Otomotif

Recall Kia Cerato di Australia yang berkaitan dengan masalah dongkrak ini juga sesuai dengan rekomendasi dari Depratemen Infrastruktur dn Pembangunan Regional negara tersebut. Autos.id...

Mobil

Sekitar 400 ribuan unit Kia di Amerika Serikat terkena recall, dikarenakan masalah sistem airbag yang berpotensi membahayakan keselamatan di jalan raya. Autos.id – Baru-baru...

Berita Otomotif

Kia Optima Facelift akan menggunakan mesin baru U3 1.6-liter CRDi diesel dan desainnya sedikit berbeda dengan K5 baru yang diluncurkan di Korea bulan lalu....