Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Kia Sorento Dan Telluride Terkena Recall Di Amerika Serikat, Ini Permasalahannya!

Kia Sorento Dan Telluride Terkena Recall Di Amerika Serikat, Ini Permasalahannya!

Recall Kia Sorento dan Telluride yang terjadi di Amerika Serikat ini semuanya merupakan unit produksi selama tahun 2022.

Autos.id – Baru-baru ini 2 produk big SUV Kia yang dijual di pasar Amerika Serikat, Sorento dan Telluride terpaksa dilakukan recall atau penarikan unit kemblai. Hal ini terpaksa dilakukan oleh Kia karena adanya kesalahan pemasangan ban serep mobil ini yang tidak sesuai dengan ukuran yang dianjurkan pabrikan pada kedua big SUV ini.

Jumlah recall untuk Kia Sorento dan Telluride ini sebenarnya tidak banyak, yaitu hanya 8 unit saja untuk kedua mobil tersebut.

Kia Sorento Dan Telluride Terkena Recall Di Amerika Serikat, Ini Permasalahannya!

Kia Telluride

Unit Yang Terdampak Recall

Seperti yang dilansir oleh Carscoops pada Senin (25/7/2022), Kia Sorento dan Telluride yang terkena recall ini merupakan produksi antara 28 Maret hingga 13 Juni 2022. Semua unit yang terekan recall ini diproduksi di pabrik Kia di negara bagian Georgia yang menjadi basis produksi utama Kia untuk pasar Amerika Utara.

Alasan recall kali ini berkaitan dengan pemasangan ban serep yang tidak sesuai standar. Diduga ban serep yang terpasang di mobil-mobil ini memiliki ukuan yang tidak sesuai dengan standar ketentuan dari pabrik. Badan Keselamatan Jalan Raya Nasional Amerika Serikat atau NHTSA dalam laporan resminya menyebut bahwa ada seseorang yang memasang ban serep yang salah sehingga tidak sesuai dengan ketentuan pabrik.

Dalam laporan yang dikeluarkan oleh pihak Kia melalui Kia’s Safety Recall Campaign, mereka menyebut bahwa ban serep untuk Sorento yang sebenarnya berukuran 17 inch sedangkan untuk Telluride berukuran 18 inch. Namun pada kenyataannya, ban serep yang terpasang memiliki diameter yang salah serta justru akan menimbulkan bunyi peringatan ABS dan Traction Control yang justru bisa menimbulkan kecelakaan.

Kia Sorento Dan Telluride Terkena Recall Di Amerika Serikat, Ini Permasalahannya!

Kia Sorento

Kesalahan pemasangan ini juga melanggar aturan dari Federal Motor Behicle Safety Standard nomor 110. Dalam aturan tersebut tertulis bahwa bahwa ban serep yang terpasang minimal harus tidak boleh lebih dari 2 inch lebih kecil dari ukuran ban asli yang terpakai. Selain penggunaan ukuran ban serep yang salah, maka dudukan ban serep yang digunakan juga harus diganti mengikuti ukuran ban serep yang seharusnya terpasang.

Untuk mengatasi masalah ini, Kia akan mengirimkan email kepada 8 pemilik mobil yang terkena recall ini. Nantinya ketika proses recall berlangsung, akan dilakukan pergantian ban serep beserta dudukan ban serep yang sesuai dengan standar pabrikan. Selain itu Kia juga akan meningkatkan quality control untuk setiap mobil baru yang diproduksi di pabrik negara bagian Georgia tersebut agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Recall Kia Cerato di Australia yang berkaitan dengan masalah dongkrak ini juga sesuai dengan rekomendasi dari Depratemen Infrastruktur dn Pembangunan Regional negara tersebut. Autos.id...

Reviews

Basis dari Kia Telluride ini sama persis dengan Hyundai Palisade yang masuk ke segmen big SUV dengan sasis monokok yang menyasar pasar Amerika Utara....

Mobil

Kia Telluride  untuk tahun 2023 akan hadir dengan beberapa pembaruan terbaru. Autos.id – Kia Telluride diperbarui pertama kali terlihat pada Juli 2021 dan kini...

Mobil

Sekitar 400 ribuan unit Kia di Amerika Serikat terkena recall, dikarenakan masalah sistem airbag yang berpotensi membahayakan keselamatan di jalan raya. Autos.id – Baru-baru...