Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Masalah Airbag, Ratusan Ribu Unit Kia Di Amerika Serikat Terkena Recall

400 Ratus Ribu Unit Kia Di Amerika Serikat Kena Recall Karena Masalah Airbag
Kia Soul

Sekitar 400 ribuan unit Kia di Amerika Serikat terkena recall, dikarenakan masalah sistem airbag yang berpotensi membahayakan keselamatan di jalan raya.

Autos.id – Baru-baru ini, Kia di Amerika Serikat terpaksa melakukan Recall terhadap sekitar 410 ribuan unit Kia yang dijual dinegeri Paman Sam tersebut. Kia Amerika Serikat menyebutkan alasan penarikan unit kembali atau Recall ini dilakukan karena terjadi permasalahan pada sistem Airbag beberapa mobil Kia yang dijual direntang tahun 2017 hingga 2019.

Beberapa unit yang terkena dampak Recall ini adalah Kia Forte Coupe 2017, Kia Forte tahun 2017-2018, serta Kia Grand Sedona, Kia Soul, serta Kia Soul EV produksi 2017 hingga 2019.

400 Ratus Ribu Unit Kia Di Amerika Serikat Kena Recall Karena Masalah Airbag

Kia Forte

Masalah Pada Airbag

Seperti yang diberitakan oleh Hindustan Times, penarikan beberapa model Kia di Amerika Serikat tersebut sesuai dengan rekomendasi dari Lembaga Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat atau NHTSA. NHTSA menyebutkan bahwa penutup unit kontrol airbag atau ACU pada beberapa mobil Kia menyebabkan kontak dengan chip yang bisa merusak sambungan solder dan menmgakibatkan sambungan sekring menjadi terbuka.

Kia sendiri sudah memberi surat kepada dealer-dealer mereka di seluruh Amerika Serikat untuk memberitahukan konsumen tentang Recall ini. Dan jua Kia juga meminta dealer untuk memeriksa computer serta update software pada sistem Airbag ini. Nantinya para konsumen bisa melakukan Recall terhadap mobil yang terdampak ini pada 21 Maret mendatang.

400 Ratus Ribu Unit Kia Di Amerika Serikat Kena Recall Karena Masalah Airbag

Kia Grand Sedona

Kia menyebut bahwa masalah tersebut sebenarnya sudah ada sejak Juli tahun lalu di Korea Selatan. Dimana dinegara asal Kia tersebut dilaporkan ada 13 keluhan konsumen serta 947 klaim garansi yang berkaitan dengan sistem Airbag ini. Namun sejauh ini belum ada laporan kecelakaan atau adanya korban yang didapatkan karena permasalahan tersebut.

Beberapa laporan menyebutkan bahwa Kia juga saat ini berada dibawah pengawasan NHTSA karena beberapa insiden kegagalan mesin dan kebakatan. Dimana unit yang terdampak dari permasalahan tersebut merupakan unit produksi antara tahun 2011 hingga 2016. Karena permasalahan tersebut membuat Kia di denda hingga 27 Dollar Amerika Serikat serta lebih memperhatikan faktor safety yang lebih baik lagi.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

SUV menjadi jenis mobil favorit banyak orang belakangan ini, tapi adakah harganya yang di bawah Rp250 Juta? Autos.id – Jenis mobil SUV menjadi primadona...

Berita Otomotif

Recall yang terjadi Kia Optima ini berkaitan dengan plat body mobil yang memiliki struktur yang kurang kuat ketika terjadi kecelakaan yang berpotensi menimbulkan korban...

Mobil

Recall Kia Sorento dan Telluride yang terjadi di Amerika Serikat ini semuanya merupakan unit produksi selama tahun 2022. Autos.id – Baru-baru ini 2 produk...

Berita Otomotif

Recall Kia Cerato di Australia yang berkaitan dengan masalah dongkrak ini juga sesuai dengan rekomendasi dari Depratemen Infrastruktur dn Pembangunan Regional negara tersebut. Autos.id...