Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Maserati MC20 Bertransformasi Sebagai Project24 dengan 740 Tenaga Kuda

Maserati MC20 tahun 2022 menandai nafas segar bagi brand Maserati yang dianggap banyak orang sudah ketinggalan jaman dan juga tertutup dari bayang-bayang brand Stellantis.

Autos.id  –  Mobil ini datang dengan desain baru yang ramping dan mesin V-6 twin-turbo 3.0 liter baru. Secara performa, Maserati MC20 juga menawarkan kinerja yang mengesankan, dengan mesin Nettuno V-6 memompa 621 tenaga kuda dan mendorong mobil asal Italia ini hingga 60 mph hanya dalam 3,2 detik dan memiliki kecepatan tertinggi sebesar 202 mph.

Tapi, Maserati tidak berhenti untuk berpuas diri, karena MC20 akan dibuat lebih ekstrim lagi.

Maserati mengumumkan kedatangan Project24, sebuah supercar khusus trek balap yang dibuat berdasarkan MC20 dan menampilkan desain yang liar dan tajam.

Baru Menampilkan Gambar Render

Maserati Project24 dibangun di diatas rangka tunggal serat karbon, dengan bodywork agresif yang juga dibuat dari serat karbon. Sejauh ini Maserati hanya menampilkan tiga gambar yang dirender sebagai teaser untuk mobil ini. Gambar-gambar tersebut memperlihatkan sayap belakang dari Project24 yang menjulang tinggi, splitter depan yang tampak menonjel, dan lampu depan dan lampu belakang LED yang tipis. Ada juga diffuser belakang berbentuk kotak, pipa knalpot ganda yang dipasang di tengah, dan banyak ventilasi yang terpasang di bodi mobil dengan dua pintu yang terlihat apik.

Meski, Project24 mengemas mesin Nettuno 3.0 liter V-6 yang sama dengan MC20,  sistem turbocharger baru meningkatkan tenaga kuda menjadi 740 kuda, sehingga naik 119 tenaga kuda dari sebelumnya. Transmisi eight speed dual clutch dari MC20 ditukar dengan gearbox balap six speed yang dioperasikan melalui paddle shift otomatis dan ada juga sistem mechanical limited slip differential sebagai pengganti unit MC20 yang dikontrol secara elektronik. Seperti MC20, Project24 akan menggunakan sistem rear wheel drive. Selain itu, Maserati juga berkomitmen agar berat dari mobil Project24 agar berada di bawah 2.755 pon dan menjadikannya sekitar 500 pon lebih ringan dari berat mobil MC20.

Maserati Project24 juga akan berukuran sekitar dua inci lebih lebar daripada MC20, dan akan menggunakan roda aluminium 18 inci yang dibungkus dengan ban balap yang apik. Rem dari Brembo berventilasi juga dipastikan memberikan daya henti yang luar biasa pada mobil balap ini, sementara suspensi short long arms suspension dengan peredam yang dapat diatur dan juga anti-roll bar di depan dan belakang membuat Project24 gesit di trek balap.

Maserati Project24 juga sudah dirancang sesuai dengan aturan keselamatan dari asosiasi balap FIA, dengan adanya roll cage yang dipasang di dalam kabin. Interior juga akan mencakup kursi balap dengan enam titik harness (pengaman), kotak pedat dan kolom kemudi yang dapat disesuaikan, lalu dilengkapi juga setir yang terbuat dari serat karbon dengan tampilan terintegrasi.

Pemilik juga akan memiliki opsi untuk menambahkan kamera belakang, kamera dalam mobil, sistem pemantauan tekanan ban, dan perekaman telemetri. Anehnya untuk mobil trek yang berfokus pada meminimalkan berat badan, Project24 akan datang dengan AC. Maserati mengatakan akan membangun hanya 62 unit untuk Maserati Project24, dan belum menentukan waktu rilisnya. Untuk sekarang, Maserati hanya bisa memberikan gambar render untuk dapat menikmati mobil balap ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Bagaimana Trident fair melawan Lamborghini dan Porsche pada 2023? Autos.id – Beberapa waktu lalu, Maserati mengungkapkan mobil trek edisi spesial yang disebut Project24, yang...

Reviews

Maserati kembali ke dunia mobil convertible setelah lama tidak memunculkan mobil tanpa atap dengan rilisnya versi topless dari MC20 yang diberi nama Cielo. Autos.id ...

Mobil

Sudah lebih dari satu dekade, Stellantis berusaha untuk mempertahankan brand-brand anakannya. Dan seetelah lebih dari satu dekade, Maserati akan segera menghadapi masa-masa yang tidak...

Mobil

Maserati Grecale rencananya akan diumukan pada 22 Maret 2022 setelah sebelumnya sempat tertunda. Autos.id – Sebenarnya perusahaan sudah merencanakan akan memperkenalkannya model ini tahun lalu, tetapi...