Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Filipina Recall Toyota Land Cruiser 300 dan Lexus LX 600

Toyota Land Cruiser 300 dan Lexus LX 600 Terkena Recall Di Filipina
Toyota Land Cruiser 300

Recall yang terjadi pada Toyota Land Cruiser 300 dan Lexus LX 600 di Filipina ini berkaitan dengan sistem Vehicle Stabillity Control yang mengalami masalah pada sistem pemogramannya.

Autos.id – Baru-baru ini, dua mobil kembar Toyota Land Cruiser 300 dan Lexus LX 600 terkena recall di Filipina. Hal ini terpaksa dilakukan karena masalah fitur Vehicle Stability Control atau kontrol stabilitas mobil yang mengalami masalah pada pemograman fitur VSC yang tidak sesuai serta berpotensi membahayakan pengguna kedua mobil ini.

Belum diketahui ada berapa unit LC 300 dan LX 600 yang terkena dampak recall masalah VSC di negara tersebut.

Sistem Kontrol Stabilitas Yang Bermasalah

Seperti yang dilansir AutoIndustriya pada Kamis (9/6/2022), recall yang dilakukan oleh Toyota Motor Filipina ini sudah diajuka ke Departemen Perdagangan dan Perindustrian negara tersebut. Diduga masalah pemograman perangkat lunak pada sistem VSC yang bermasalah menjadi sumber masalah pada recall kedua mobil ini.

Toyota Land Cruiser 300 dan Lexus LX 600 Terkena Recall Di Filipina

Lexus LX 600

Menurut pihak Toyota Filipina, ketika mobil akan dinyalakan, fitur VSC ini justru dalam kondisi Off. Padahal dalam keadaan default, fitur VSC ini harus berada pada posisi On dan dan untuk membuatnya Off atau dimatikan harus dilakukan secara manual. Masalah tersebut terjadi jika pengemudi mematikan fitur VSC dan mobil ingin dimatikan sehingga saat dinyalakan fitur VSC ini tetap dalam kondisi Off dan tidak bisa On secara otomatis.

Fitur VSC atau Vehicle Stability Control merupakan salah satu fitur penting pada kebanyakan mobil masa kini. Fitur ini berfungsi untuk membuat mobil dalam keadaan stabil serta tidak mudah oversteer dan understeer serta menghindari resiko mobil terguling. Biasanya fitur VSC ini juga sudah 1 paket dengan fitur Hill-Start Assist yang membuat mobil bisa berhentik ditanjakan selama 3 detik dan memberikan kesempatan pengemudi memindahkan kaki dari peda rem ke pedal gas.

Dalam recall kali ini, Toyota Filipina akan memperbaikan sistem ECU mobil dan melakukan pemograman ulang khususnya apda bagian fitur VSC yang menjadi sumber masalah tersebut. Pihak Toyota Filipina juga menyebutkan bahwa para konsumen tidak dibebankan biaya apapun alias gratis untuk recall ini. Sehingga para konsumen yang memiliki kedua mobil ini cukup datang ke bengkel resmi untuk proses recall kedua mobil ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Recall ban dari Goodyear ini juga sesuai dengan rekomendasi dari Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA). Autos.id – Recall atau penarikan unit kembali...

Modifikasi

Paket body kit serat karbon dari Khann International bisa pilihan bagi anda para pemilik Land Cruiser 300 yang membuat mobil menjadi terlihat berbeda. Autos.id...

Berita Otomotif

Masalah inflator airbag yang mudah meledak membuat General Motors terpaksa me-recall sekitar 2.687 mobil SUV dari berbagai brand dibawah naungan mereka. Autos.id – Baru-baru...

Berita Otomotif

Masalah yang terjadi pada Lamborghini Huracan ini karena sekrup lampu depan yang tidak terpasang secara sempurna dan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Autos.id – Baru-baru ini,...