Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Goodyear Recall Pada 173.000 Ban Mobil, Ini Permasalahannya!

Goodyear Melakukan Recall Pada 173.000 Ban Mobil, Ini Permasalahannya!

Recall ban dari Goodyear ini juga sesuai dengan rekomendasi dari Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA).

Autos.id – Recall atau penarikan unit kembali lazimnya terjadi pada sebuah produk mobil atau motor yang mengalami cacat produksi. Kali ini ada sebuah yang berbeda yang justru dialami oleh perusahaan pembuat ban. Goodyera, salah satu pemasok ban asal Amerika Serikat terpaksa melakukan recall pada 173.000 ban mobil yang beredar di pasaran.

Recall ini berkaitan dengan adanya cacat produksi yang menyebabkan kecelakaan serta menimbulkan korban cedera hingga korban jiwa.

Goodyear Melakukan Recall Pada 173.000 Ban Mobil, Ini Permasalahannya!

Sesuai Rekomendasi NHTSA

Apa yang dilakukan oleh Goodyear untuk melakukan recall pada ban yang mereka produksi ini sesuai dengan rekomendasi Badan Keselamatan Jalan Raya Nasional Amerika Serikat atau NHTSA. Dalam pernyataan resmi Goodyear pada Selasa (7/6/2022), Goodyera menyebut sekitar 173.000 unit ban mobil dengan tipe G159 yang biasanya digunakan untuk mobil rekreasi atau RV.

Recall ini terjadi akibat adanya potensi pemisahan tapak yang berbahaya serta beresiko mengakibatkan kecelakaan parah. Ban yang terkena recall ini merupakan ban yang diproduksi sejak tahun 2003 silam. Meskipun begitu pihak Goodyear menyebut bahwa populasi ban ini sudah semakin sedikit dan mereka meyakini tidak ada cacat produksi yang terjadi.

Goodyear Melakukan Recall Pada 173.000 Ban Mobil, Ini Permasalahannya!

Pihak NHTSA menyebut bahwa para pemilik kendaraan yang masih menggunakan ban tersebut untuk tidak digunakan lagi. Sejauh ini NHTSA sudah mendapat setidaknya 10 laporan dari konsumen yang menilai ban Goodyear G159 ini sudah tidak layak digunakan dan membahayakan.

NHTSA juga menyebut bahwa dugaan cacat produksi dari ban Goodyear G159 ini sudah menyebabkan 98 kasus kematian dan cacat yang sudah dilaporkan sejak tahun 1999 hingga 2016 silam. Selain itu sudah ada 41 tuntutan hukum yang diterima Goodyear kasus ban yang cacat produksi tersebut.

Pihak Goodyear sendiri pada akhirnya memberikan solusi untuk masalah ini. Mulai dari memberikan Voucher sebesar 60 Dollar Amerika untuk pergantian tiap unit ban. Selain itu Goodyear juga memberikan penawaran pengembalian uang hingga 500 Dollar Amerika untuk ban yang tidak digunakan atau tidak dipasang didalam mobil.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Ada sekitar 161 ribuan unit Mercedes Benz GLE dan GLS produksi tahun 2019 hingga 2022 yang terkena recall karena masalah pemasangan trim pintu yang...

Berita Otomotif

Goodyear akan bergabung dengan General Motors dan Lockhead Martin dalam pengembangan kendaraan khusus di bulan untuk NASA. Autos.id – Sebuah inovasi menarik akan dihadirkan...

Mobil

Recall yang terjadi pada Toyota Land Cruiser 300 dan Lexus LX 600 di Filipina ini berkaitan dengan sistem Vehicle Stabillity Control yang mengalami masalah...

Aksesoris

Ban tanpa angin dari Goodyear ini diklaim memiliki ketahanan serta perawatan yang sangat baik dibandingkan ban konvensional. Autos.id – Salah satu produsen ban terkemuka...