Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Curtiss Warhawk Pakai Mesin V-twin Bertenaga 150 Hp

Curtiss Warhawk

Curtiss Warhawk bukan sekedar motor kencang biasa. Mesin yang dipakainya berkapasitas 2.163 cc V-twin berpendingin udara dengan tenaga 150 hp pada 5.100 rpm dan torsi puncak 217 Nm.

Alabama, Autos.id – Para perusahaan sepeda motor kini sudah mampu mendorong produk-produk ciptaannya untuk memiliki kekuatan setara mobil sport. Contoh paling mudah untuk menemui motor-motor kencang yakni Ducati Panigale, BMW R1000, Kawasaki H2 atau Suzuki Hayabusa.

Tapi itu dari sisi pabrikan besar. Sementara ada sisi lain yang mampu membuat motor kencnag, bahkan lebih kuat dari motor-motor tersebut. Adalah Curtiss Motorcycle Company, sebuah perusahaan sepeda motor dari Amerika Serikat (AS) yang memperkenalkan Curtiss Warhawk.

“American V-twin sudah tidak diragukan lagi sebagai mesin paling ikonik dan dipuja dalam sejarah motor. Kami telah menghabiskan 27 tahun untuk mengoptimalkan dan menyempurnakan mesin ini”

Curtiss Warhawk

Curtiss Warhawk bukan sekedar motor kencang biasa. Mesin yang dipakainya berkapasitas 2.163 cc V-twin berpendingin udara. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 150 hp pada 5.100 rpm dan torsi puncak 217 Nm di 2.000 rpm.

“American V-twin sudah tidak diragukan lagi sebagai mesin paling ikonik dan dipuja dalam sejarah motor. Kami telah menghabiskan 27 tahun untuk mengoptimalkan dan menyempurnakan mesin ini,” kata Matt Chambers, Chief Operating Officer Curtiss Motorcycle Company.

Dengan berat 258,5 kg dan menggunakan rangka berbahan aluminium, Warhawk menggunakan gearbox lima percepatan manual racikan Curtiss sendiri. Pihak perusahaan mengkalim kalau motor ini sanggup melesat sampai 265 km per jam.

Curtiss Warhawk

Curtiss Warhawk menggunakan garpu depan model double wishbone, sementara kantilever monoshock dipakai untuk suspensi belakang. Kedua suspensi ini menggunakan merek Racetech. Rodanya sendiri pakai ring 18 berbahan serat karbon. Roda ini kemudian didampingi oleh rem cakram 230 km ganda di depan dan single disk 240 mm di belakang, yang semuanya pakai merek Beringer.

Yang amat disayangkan adalah, menurut Matt, Warhawk adalah persembahan terakhir dari Curtiss, karena mereka nantinya akan membangun motor bertenaga listrik. “Ini adalah motor terakhir yang kami kembangkan seiring kami mempersiapkan diri untuk memimpin era keemasan baru dari sepeda motor bertenaga listrik,” kata Chambers.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...