Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Tanpa Winglet Motor MotoGP Bakal Berubah Desain

Winglet MotoGP

Winglet MotoGP akan mulai dilarang penggunaannya tahun ini, untuk itu para tim pabrikan merubah desain motor mereka masing-masing.

Jakarta, Autos.id – Aturan baru MotoGP 2017 terkait larangan mengaplikasikan winglet pada motor-motor yang ikut balapan, ternyata memiliki dampak pada kontrol motor yang cukup menguras energi.

Untuk itu rider harus berupaya mengubah gaya balap karena sejatinya tujuan utama winglet MotoGP adalah menghasilkan aerodinamika yang lebih baik bagian depan motor saat akselerasi. Terkait hal ini, Jorge Lorenzo, pembalap anyar Ducati MotoGP mengatakan penggunaan winglet MotoGP sebenarnya untuk membatu pembalap mengontrol motor saat menikung maupun ketika berakselerasi di trek lurus.

“Jorge Lorenzo, pembalap anyar Ducati MotoGP mengatakan penggunaan winglet MotoGP sebenarnya untuk membatu pembalap mengontrol motor saat menikung maupun ketika berakselerasi di trek lurus”

“Tapi kini pemakaian winglet sudah mulai dilarang, padahal ini merupakan solusi baru pabrikan mengatasi masalah downforce, tapi dilarang karena masalah keselamatan,” katanya di Jakarta, Kamis (02/02/2017).

Winglet MotoGP

Ducati yang Pertama Kali Pakai Winglet di MotoGP

Namun lanjutnya, saat ini semua pabrikan sudah mulai bekerja mengembangkan setingan baru, untuk mencari keseimbangan pada sepeda motornya ketika winglet sudah tak boleh lagi dipasang. “Solusinya pabrikan pastinya melakukan kombinasi, desain bodi, curting, aerodnamic, dan juga alat elektronik untuk menjaga sepeda motor tetap stabil menghadapi terjangan angin,” lanjut Lorenzo.

Secara Detail Lorenzo tak menjelaskan desain seperti apa dan setting alat elektronik bagaimana yang akan disematkan pada Ducati tunggangannya yang akan disuguhkan pada balapan pertama di Qatar untuk MotoGP musim 2017 ini.

Winglet MotoGP

Yamaha Juga Sempat Terapkan Winglet

Tentang perubahan desain motor akibat dihapusnya winglet MotoGP juga disampaikan Paolo Cabiatti, Director of Sport Ducati. Ia mengatakan Ducati-lah yang sebenarnya mempopulerkan penggunaan winglet untuk kemudian diikuti tim lain. “Namun ketika sudah tak ada lagi winglet tentu kami harus pikirkan desian motor yang aerodinamis,” tutupnya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Brad Binder dan Jack Miller mengandalkan KTM RC16 untuk menjalani setiap balapan MotoGP 2023, tapi seperti apa spesifikasi motor purwarupa dari KTM ini? Autos.id...

Aksesoris

Autos.id – MotoGP adalah ajang balap motor paling prestisius di dunia, di mana kecepatan dan performa motor menjadi faktor kunci untuk meraih kemenangan. Salah...

Berita Otomotif

Ketika melihat para rider MotoGP bersaing di sirkuit, pasti muncul pertanyaan ‘apa fungsinya punuk di baju balap motor?’. Autos.id – Setiap rider MotoGP selalu...

Motor

Autos.id – Berbicara mengenai kisaran harga motor MotoGP, dapat dikatakan bahwa harga tersebut berada pada level yang sangat tinggi. Motor MotoGP memang tidaklah murah,...

error: Content is protected !!