Berita Otomotif

Toyota Siapkan Truk Berbahan Bakar Hidrogen

Truk Toyota Berbahan Bakar Hidrogen
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Truk Toyota berbahan bakar hidrogen saat ini tengah dikembangkan untuk bisa mengakomodir kebutuhan angkutan berat, terutama di California.

California, Autos.id – Toyota mendorong penggunaan bahan bakar dengan sistem Project Portal. Yakni sebuah sistem bahan bakar sel hidrogen yang diracik untuk menggerakan rig-rig besar penggerak truk.

Toyota menurut Autoguide, Kamis (20/4/2017) melaporkan bahan bakar yang akan digunakan berbentuk hidrogen sehingga tidak menghasilkan emisi tetapi menjadi air. Saat ini Toyota sementara melakukan pengembangan bagaimana bahan bakar hidrogen tersebut dapat mengakomodir sistem kerja ruang bakar truk dengan beban berat.

Untuk mengawali penggunaan truk Toyota berbahan bakar hidrogen, pabrikan akan menggunakannya untuk kendaraan-kendaraan truk kecil

Untuk mengawali penggunaan truk Toyota berbahan bakar hidrogen, pabrikan akan menggunakannya untuk kendaraan-kendaraan truk kecil yang digunakan sebagai alat pengangkutan jarak pendek di California, Amerika Serikat (AS).

Truk Toyota Berbahan Bakar Hidrogen

Akan Diaplikasikan ke Truk-Truk yang Lebih Berat

Truk Toyota berbahan bakar hidrogen ini dipastikan akan tidak menimbulkan masalah pada unit kendaraan. Toyota juga mengklaim dengan hidrogen truk mampu menghasilkan power 670 tenaga kuda pada torsi 1.796 Nm, yang mirip dengan bahan bakar sel hidrogen pada sedan Mirai.

Pada lambung truk juga bisa disediakan baterai berkapasitas 12 kWh untuk menyimpan energi untuk jarak tempuk berkendara yang diperkirakan mampu mencapai jarak 320 km dengan satu tangki hidrogen dalam posisi angkutan normal.

Diharapkan penggunaan truk Toyota berbahan bakar hidrogen dapat mengurangi emisi secara signifikan pada truk-truk yang berada dibawa lingkup California Air Resources Board (CARB). Otoritas CARB bahkan mendorong agar bahan bakar ini diproduksi untuk memperluas pasarnya bagi truk-truk besar di California agar lebih bersih dan efisien.

Untuk itu Toyota akan melakukan studi secara maraton untuk memproduksi bahan bakar sel hidrogen dan membangun stasiun pengisian hidrogen, yang akan diperkenalkan secara online dan menjadi bahan bakar alternatif untuk keperluan harian.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments
To Top