Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Atasi Rembesan Air ke Kabin Mobil

rembesan air ke kabin mobil

Rembesan air ke kabin mobil mungkin dialami sebagian pemilik kendaraan, penyebabnya bisa bermacam-macam, tapi paling sering karena karet jendela.

Jakarta, Autos.id – Musim hujan kini intensif terjadi hampir diseluruh wilayah. Perjalanan menggunakan kendaraan seperti mobil juga kerap terganggu karena kebocoran yang menyebabkan air merembes ke ruang kabin. hal ini tentu sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Umumnya rembesan air ke kabin mobil melalui kaca, akibat adanya cela pada karet kaca yang sudah tidak berfungsi optimal. Misalnya karet kaca mulai mengelupas dan tak menyatu dengan kaca, atau bagian kecil karet kaca getas sehingga menimbulkan pori-pori.

“Kondisi rembesan air ke kabin mobil ini menurut beberapa sumber terjadi karena usia karet sudah lebih dari lima tahun”

Kondisi rembesan air ke kabin mobil ini menurut beberapa sumber terjadi karena usia karet sudah lebih dari lima tahun. Bisa juga karena kebiasaan parkir mobil yang tidak tepat misalnya ditempat terbuka yang terpapar panas matahari secara langsung.

rembesan air ke kabin mobil

Karet Jendela Sudah Getas

Untuk mengatasi masalah rembesan air ke kabin mobil ini, sebaiknya karet pada bagian kaca yang bocor dicopot secara utuh, lalu di lem dengan lem khusus yang saat ini sudah banyak ada di pasaran. Namun untuk kondisi tertentu seperti karet yang telah mengalami getas, mengelem tidak akan menyelesaikan masalah karena air tetap merembes walaupun tidak deras.

Agar lebih aman sebaiknya karet kaca diganti dengan yang baru. Saat ini sudah ada karet kaca selaent yang sangat lentur dan kuat. Karet ini juga memiliki kekuatan terhadap panas. Semakin panas daya rekatnya akan makin kencang sehingga akan mampu menutup celah pada kaca. Langkah ini bisa menjadi alternatif terbaik untuk menerabas hujan deras tanpa khawatir terjadi kebocoran.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...