Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Perawatan Wiper agar Maksimal Saat Hujan

Perawatan Wiper

Perawatan wiper perlu dilakukan secara berkala agar wiper kerap dalam kondisi prima untuk melakukan tugas utamanya membantu saat berkendara ketika hujan.

Jakarta, Autos.id – Wiper sangat berperan pada mobil saat musim hujan. Sebagai komponen pembersih air hujan dari permukaan kaca sehingga tidak mengganggu pandangan pengemudi.

Untuk itu, perawatan wiper perlu dilakukan secara berkala sebab sangat membantu saat pengemudi menghadapi kondisi hujan deras. Jika wiper dalam keadaan tidak berfungsi semestinya maka justru dapat meninggalkan goresan pada permukaan kaca.

“Jika wiper dalam keadaan tidak berfungsi semestinya maka justru dapat meninggalkan goresan pada permukaan kaca”

Karet merupakan bagian yang kerap rusak jika perawatan wiper dilupakan. Karena wiper yang sudah buruk biasanya ditandai dengan timbulnya embun pada bagian-bagian kaca yang tersapu wiper.

Perawatan Wiper

Wiper Bermasalah Pandangan Saat Hujan Jadi Terganggu

Bagian wiper lainnya yang perlu diperhatikan adalah semprotan air wiper. Semprotan atau titik air wiper ke kaca mobil berperan besar dalam menghasilkan kinerja wiper yang baik.

Selain itu deteksilah tuas washer dengan menekannya. Apabila terdengar bunyi dengungan, maka washer wiper masih berfungsi, sebagai alat penyemprot air. Jika tidak ada maka itu pertanda ada masalah sehingga butuh perbaikan.

Perawatan Wiper

Cek Juga Washer Wiper

Untuk melakukan penyetelan titik jatuh air wiper, Anda dapat jarum/peniti. Dengan jarum Anda dapat lakukan penyesuaian dengan menggeser-geser posisi penyemprot air. Anda juga bisa membersikan lubang penyemprot dari sumbatan debu/kotoran yang berkerak dengan peniti tersebut.

Ketika semua elemen wiper bekerja sempurna, maka tak usah kawatir lagi ketika turun hujan saat Anda berkendara.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...