Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Inilah Cara Merawat Visor Helm Supaya Tetap Bening Dan Terawat

Inilah Cara Merawat Visor Helm Supaya Tetap Bening Dan Terawat

Supaya helm bisa berfungsi secara optimal, terutama bagian visor atau kaca helm, perlu dilakukan perawatan secara rutin untuk keamanan saat berkendara.

Autos.id – Ketika sedang berkendara dengan sepeda motor, perangkat utama yang wajib Anda kenakan adalah helm. Karena bisa dibilang helm akan melindungi dari benturan serta menghindari resiko cedera kepala yang parah saat terjadi kecelakaan. Tetapi seiring berjalannya waktu, helm akan mengalami pudar, terutama pada bagian kaca atau visor helm. Tentu bagian ini penting sekali untuk dirawat sehingga bisa berfungsi dengan optimal.

Kali ini, Autos.id akan memberikan anda beberapa tips cara merawat dan membersihkan visor helm.

Inilah Cara Merawat Visor Helm Supaya Tetap Bening Dan Terawat

1. Lepaskan Visor Helm Terlebih Dahulu

Langkah pertama saat merawat atau membersihkan visor helm adalah dengan melepaskannya terlebih dahulu dari helm. Meskipun sebenarnya masih bisa membersihkan visor helm tanpa melepaskannya, tetapi untuk memberikan efek bersih yang maksimal, alangkah baiknya untuk melepaskan visor helm agar lebih mudah membersihkannya.

Saat melepaskan kaca visor helm, harus dilakukan secara hati-hati agar tidak membuat baret kaca visor helm. Serta untuk menghindari kemungkinan visor helm patah.

2. Direndam Didalam Air Bersih

Setelah melepaskan visor dari helm, rendam kaca visor kedalam air bersih. Anda tidak perlu menambahkan sabun atau bahan pencuci lainnya saat merendam visor helm tersebut. Rendam visor helm tersebut hingga noda-noda kering yang menempel terlihat melunak.

Dengan cara seperti ini akan membuat Anda bisa lebih mudah membersihkan nodanya nanti. Setelah dirasa cukup, barulah angkat visor helm tersebut dan masuk ke tahapan selanjutnya.

3. Membersihakn Noda Visor Helm Dengan Kain Lap

Setelah kaca visor helm tersebut direndam di dalam air, langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan dengan cara dilap. Lap kaca visor helm anda dengan kain lap kering berbahan lembut dan lap dengan perlahan serta minim tekanan.

Saat melap kaca visor helm tersebut, Anda harus lakukan dengan hati-hati agar meminimalisir goresan akibat gesekan dari kain lap tersebut. Lap secara berulang dan pastikan semua noda-noda tersebut sudah tidak terlihat dan bersih.

4. Mencuci Dengan Cairan Pembersih

Setelah memengelap dan membersihkan kaca visor helm tersebut, basahi kembali kaca visor helm tersebut. Kali ini tambahkan cairan pembersih. Beberapa cairan pembersih seperti sabun cuci tangan hingga cairan pembersih kaca bisa digunakan sebagai cairan pembersihnya.

Setelah itu, bilas kembali dengan air hingga bersih dan tidak meninggalkan sisa sabun atau cairan pembersih tersebut menempel di kaca visor helm tersebut. Setelah itu keringkan visor helm tersebut dengan kain lap kering dan pasangkan kembali ke helm yang ingin digunakan tersebut.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Ketika ingin membeli helm sepeda motor secara online, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan supaya mendapat helm motor yang berkualitas dan sesuai kebutuhan...

Motor

Agar helm motor Anda tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap lagi, beberapa tips ini perlu Anda perhatikan dan bisa Anda coba sendiri. Autos.id – ...

Motor

Sepeda motor Anda ditinggal dalam waktu yang lama saat liburan, beberapa hal dibawah ini perlu Anda ketahui agar saat dipakai kembali, sepeda motor Anda...

Motor

Pentingnya servis motor sebelum liburan akhir tahun. Hal ini begitu penting untuk Anda perhatikan dengan baik agar perjalanan lancar selama liburan. Autos.id – Servis...