Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Motor Ditinggal Liburan, Ini Yang Perlu Anda Perhatikan

Motor Ditinggal Saat Liburan, Ini Yang Perlu Anda Pehatikan

Sepeda motor Anda ditinggal dalam waktu yang lama saat liburan, beberapa hal dibawah ini perlu Anda ketahui agar saat dipakai kembali, sepeda motor Anda masih dalam kondisi normal.

Autos.id – Memasuki liburan natal dan tahun baru kali ini, mungkin dari Anda akan merencanakan liburan pastinya. Saat liburan ini, mungkin Anda tidak akan menggunakan sepeda motor Anda dan meninggalkannya di rumah. Dan terkadang sepeda motor yang Anda miliki akan ditinggal dalam jangka waktu yang lama.

Meskipun motor Anda akan ditinggal dalam waktu yang cukup lama saat Anda berlibur, ada baiknya tetap memperhatikan kondisi sepeda motor Anda saat ditinggal liburan.

Karena ketika sepeda motor Anda harus berdiam dalam waktu yang lama, tentu akan berpengaruh pada kinerja motor yang mungkin berubah ketika ingin menggunakannya lagi selepas liburan. Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika ingin meninggalkan sepeda motor Anda selama liburan.

Motor Ditinggal Saat Liburan, Ini Yang Perlu Anda Pehatikan

1. Isi BBM Hingga Full Tank

Meskipun akan meninggalkan sepeda motor Anda selama liburan, ternyata penting untuk mengisi BBM hingga full tank. Tujuan dari mengisi BBM hingga full tank ketika tidak terpakai dalam jangka waktu yang lama untuk menghindari potensi karat dalam tangki BBM saat motor tidak digunakan dalam waktu yang lama.

2. Mencuci Motor sebelum ditinggal liburan 

Berikutnya yang perlu Anda lakukan sebelum motor ditinggal liburan adalah dengan mencucinya hingga bersih. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menghindari karat, kebocoran pada seal suspensi, serta cat yang memudar akibat motor terlalu kotor dalam jangka waktu yang lama saat dalam kondisi diam.

3. Memakai Standar Tengah

Berikutnya ketika Anda ingin meninggalkan motor Anda selama liburan adalah memposisikan motor dengan standar tengah. Tidak menyarankan penggunaan standar samping dalam waktu lama.

Ketika motor posisinya dengan standar samping saat tidak terpakai dalam jangka waktu lama akan mengakibatkan kebocoran pada suspensi depan. Lalu bagaimana dengan motor sport yang tidak memiliki standar tengah?

Untuk Anda pemilik motor sport, anda bisa menggunakan standar jenis paddock. Standar model paddock ini bisa mengimplementasikan baik di roda depan, belakang, atau bagian tengah seperti di motor trail.

4. Melepas Aki Motor Anda saat motor ditinggal liburan

Sebelum motor kalian tinggal dalam waktu yang lama, pastikan Anda mencabut aki di motor Anda. Tujuannya adalah untuk menghambat arus listrik ketika motor tidak menyala dalam waktu yang lama. Serta cara ini perlu perlu lakukan untuk mengurangi resiko motor yang tercuri oleh maling.

Anda cukup mencabut kabel arus negatif saja di aki motor Anda. Tujuannya adalah untuk mempertahankan arus listrik yang masuk ke motor tetap terjaga.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Agar helm motor Anda tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap lagi, beberapa tips ini perlu Anda perhatikan dan bisa Anda coba sendiri. Autos.id –¬†...

Motor

Pentingnya servis motor sebelum liburan akhir tahun. Hal ini begitu penting untuk Anda perhatikan dengan baik agar perjalanan lancar selama liburan. Autos.id – Servis...

Tips

Supaya helm bisa berfungsi secara optimal, terutama bagian visor atau kaca helm, perlu dilakukan perawatan secara rutin untuk keamanan saat berkendara. Autos.id – Ketika...

Motor

Tips dan trik ini ditujukan bagi anda yang sering berkendara dengan sepeda motor untuk memahami apa saja yang perlu anda ketahui apabila akan melewati...