Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Inilah Tips Melewati Genangan Banjir Saat Berkendara Dengan Sepeda Motor

Inilah Tips Melewati Genangan Banjir Saat Berkendara Dengan Sepeda Motor

Tips dan trik ini ditujukan bagi anda yang sering berkendara dengan sepeda motor untuk memahami apa saja yang perlu anda ketahui apabila akan melewati jalanan yang terkena genangan banjir.

Autos.id – Memasuki akhir tahun 2022 seperti saat ini, artinya sudah memasuki musim penghujan. Dan saat memasuki musim penghujan seperti saat ini, yang menjadi kekhawatiran orang-orang adalah banyaknya jalan yang mungkin akan tergenang banjir. Hal ini menjadi salah satu momok karena tentu akan menghambat segala aktifitas dan perjalanan anda. Terlebih bagi anda yang berkendara dengan sepeda motor, tentu menjadi dilema apakah anda ingin nekad melewati jalan yang banjir tersebut.

Pada kesempatan kali ini, Autos.id akan memberikan tips berkendara ketika akan melewati jalanan yang tergenang banjir saat berkendara dengan sepeda motor berikut ini.

Inilah Tips Melewati Genangan Banjir Saat Berkendara Dengan Sepeda Motor

1. Mengetahui Berapa Ketinggian Air Di Jalan Tersebut

Hal pertama dan terpenting sebelum memutuskan melewati jalanan yang tergenang banjir adalah melihat berapa ketinggian banjir tersebut. Apabila ketinggian banjir sudah melebihi bagian knalpot atau saringan udara, sebaiknya jangan melewati jalan tersebut. Terlebih apabila jalan yang akan dilalui ini memiliki selokan atau jalan berlubang, tentu akan membahayakan tidak hanya bagi motor tetapi juga keselamatan diri sendiri.

2. Mengetahui Batas Aman Motor Anda

Hal berikutnya yang perlu diketahui adalah mengetahui batas aman motor yang dikendarai saat melewati genangan banjir. Jika terpaksa melewati jalanan yang tergenang banjir, pastikan ketinggian air berada di bawah bagian saringan knalpot. Selain itu, saat melewati genang banjir, pacu motor dalam kecepatan yang konstan. Jangan menutup gas agar air tidak masuk ke bagian knalpot dan membuat mesin motor mati.

3. Jangan Hidupkan Motor Yang Mogok Saat Terkena Banjir

Jika terpaksa melewati jalanan yang banjir dan tiba-tiba motor mogok, jangan langsung nyalakan atau starter motor. Karena bisa jadi air yang masuk sudah merembet ke bagian mesin yang justru akan membahayakan keselamatan apabila langsung menyalakannya lagi. Pastikan untuk melepas busi dan mengecak saringan udara untuk mengeluarkan air yang masuk ke ruang bakar. Barulah setelah air keluar semua diamkan sejenak lalu baru anda nyalakan lagi motor.

4. Mengecek Kelistrikan Serta Oli Mesin Dan Transmisi

Saat melewati genang banjir, perhatikan apakah oli mesin dan transmisi masih aman. Karena saat melewati banjir oli akan tercampur dengan air yang membuat pelumasan motor menjadi tidak sempurna. Selain itu hal lainnya yang berkaitan adalah mengecek komponen kelistrikan karena apabila terjadi kerusakaan, maka justru akan menimbulkan resiko seperti kebakaran.

5. Membawa Ke Bengkel Resmi

Dan yang terakhir, setelah melewati jalanan yang tergenang banjir, bawa motor ke bengkel resmi. Karena bisa dibilang setelah melewati genangan banjir ini, ada beberapa komponen yang mengalami kerusakan sehingga harus di bawa ke orang yang memang berpengalaman dan bengkel resmi adalah pilihan paling masuk akal.

Nah itulah tips berkendara bagi yang melewati jalanan yang tergenang banjir dengan sepeda motor. Jangan lupa untuk selalu waspada dan usahakan untuk menghindari jalanan yang tergenang banjir terutama yang dengan ketinggian yang melebihi batas untuk menghindari kerusakan pada motor.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Agar helm motor Anda tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap lagi, beberapa tips ini perlu Anda perhatikan dan bisa Anda coba sendiri. Autos.id – ...

Motor

Sepeda motor Anda ditinggal dalam waktu yang lama saat liburan, beberapa hal dibawah ini perlu Anda ketahui agar saat dipakai kembali, sepeda motor Anda...

Motor

Pentingnya servis motor sebelum liburan akhir tahun. Hal ini begitu penting untuk Anda perhatikan dengan baik agar perjalanan lancar selama liburan. Autos.id – Servis...

Tips

Supaya helm bisa berfungsi secara optimal, terutama bagian visor atau kaca helm, perlu dilakukan perawatan secara rutin untuk keamanan saat berkendara. Autos.id – Ketika...