Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Bunyi Gluduk-Gluduk pada Roda Mobil Pasca Mudik ? Periksa Bagian Ini

Bunyi Gluduk-Gluduk pada Roda Mobil

Last updated on 18 November, 2021

Bunyi gluduk-gluduk pada Rroda mobil tentu akan membuat perjalanan tidak nyaman, dan biasanya bunyi tidak wajar ini muncul setelah perjalanan jauh seperti mudik Lebaran.

Jakarta, Autos.id – Perjalanan mudik Lebaran memang tidak pernah bisa diprediksi. Hal ini termasuk medan yang akan dilalui selama perjalanan. Jalan berlubang atau tidak mulus terkadang jadi hal lumrah yang bisa ditemui sepanjang perjalanan mudik Lebaran.

Jika Kawan Autos merupakan satu dari jutaan warga yang ikut dalam tradisi mudik ke kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi, maka pemeriksaan pasca mudik wajib dilakukan. Terlebih lagi jika Anda menemui kondisi munculnya bunyi gluduk-gluduk pada roda mobil.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab bunyi gluduk-gluduk tersebut. Satu diantaranya adalah mobil yang melintas pada permukaan jalan kasar atau berlubang dengan kecepatan tinggi. Begitupun dengan akibat yang ditimbulkan. Bunyi gluduk tersebut bisa bersumber dari banyak komponen kaki-kaki mobil.

Baca juga: Mendeteksi Kerusakan AC Mobil Dari Bunyi-Bunyi Tak Wajar

Bunyi Gluduk-Gluduk pada Roda Mobil

Stabilizer Bar

Jika sudah demikian, berikut cara identifitaski bunyi gluduk-gluduk pada roda mobil :

1. Bush Stabilizer Bar

Jika komponen ini sudah aus atau rusak maka akan menimbulkan bunyi gluduk-gluduk pada roda mobil. Bush stabilizer bar terdiri dari dua buah, yaitu kiri dan kanan. Kerusakan bisa terjadi pada stabilizer bar itu sendiri yang bengkok, atau pada ring platnya tau pada keret stabilizer yang sobek.

Ball Joint

Ball Joint

Baca juga: Ketahui Sumber Penyebab Rem Mobil Yang Berdecit

2. Ball Joint

Jika bagian ini kendor atau lubang stabilizer pada lower arm sudah terlalu lebar, maka bisa menjadi penyebab bunyi gluduk dari bagian kaki-kaki mobil.

Long Tie Rod

Long Tie Rod

3. Long Tie Rod dan Tie Rod

Jika dua bagian ini atau satu diantaranya kendur alias oblak, juga mampu menjadi pemicu bunyi-bunyi tak wajar dari sistem suspensi mobil.

Karet Bushing Arm

Karet Bushing Arm

Baca juga: Deretan Perlengkapan Mobil Untuk Perjalanan Jauh Yang Kamu Bawa!

4. Karet Bushing Arm

Bunyi gluduk-gluduk pada roda mobil bisa timbul karena karet bushing lower arm yang pecah atau sobek.

Bunyi Gluduk-Gluduk karena Karet Support

Karet Support

5. Karet Support

Karet support yang pecah atau robek dapat menyebabkan bunyi gluduk ketika mobil melintas di jalan berlubang atau polisi tidur. Bahkan jika kondisinya dibiarkan, bunyi akan terdengar manakala mobil melakukan pengereman.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Kerusakan engine mounting sejatinya bisa dideteksi sejak dini, antara lain dengan adanya getaran saat mobil dalam keadaan stationer atau berjalan. Jakarta, Autos.id – Saat...

Tips

Cara merawat sunroof dan panoramic roof sebenarnya tidak susah, tapi juga tak dapat diabaikan. Perhatikan tiga hal, yakni kaca, karet, dan relnya. Jakarta, Autos.id...

Tips

Mengganti karet wiper mobil bukan perkara sulit, namun kalau tidak dilakukan bisa membuat kaca mobil bagian depan baret dan butuh perawatan yang mahal. Jakarta,...

Berita Otomotif

Mengatasi masalah power window yang seret bukan perkara sulit. Karena biasanya hanya karena ada kotoran menumpuk di jalur kaca jendela mobil tersebut. Jakarta, Autos.id...