Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Yuk Kenali Cara Merawat Sunroof dan Panoramic Roof

Cara Merawat Sunroof dan Panoramic Roof

Last updated on 15 Agustus, 2023

Cara merawat sunroof dan panoramic roof sebenarnya tidak susah, tapi juga tak dapat diabaikan. Perhatikan tiga hal, yakni kaca, karet, dan relnya.

Jakarta, Autos.idSunroof atau panoramic roof sekarang seakan sudah jadi fitur yang bisa ditemui pada sebagian besar mobil. Bahkan jika ada mobil yang tak dilengkapi fitur ini, maka ada saja pemiliknya yang rela membolongi atap mobilnya untuk dipasang sunroof.

Sunroof atau panoramic room memang memiliki nilai lebih sendiri. Para pemilik mobil bisa menikmati pemandangan alam yang lebih leluasa tanpa harus takut saat hujan turun. Selain itu, saat sunroof atau panoramic roof dibuka, maka memberikan dampak kesan lega pada bagian interior. Tentunya keberadaan fitur ini juga menambah gaya dari mobil itu sendiri.

“Seperti halnya komponen lain pada kendaraan bermotor, fitur ini juga butuh perawatan. Jika diabaikan maka fitur tersebut tidak akan berfungsi semestinya. Karena itu, yuk kenali cara merawat sunroof dan panoramic roof”

Tetapi Kawan Autos, seperti halnya komponen lain pada kendaraan bermotor, fitur ini juga butuh perawatan. Jika diabaikan maka fitur tersebut tidak akan berfungsi semestinya. Karena itu, yuk kenali cara merawat sunroof dan panoramic roof.

Cara Merawat Sunroof dan Panoramic Roof

Pastikan kaca selalu bersih

Bagian yang paling perlu diperhatikan untuk mengetahui cara merawat sunroof dan panoramic roof adalah kaca. Jaga kaca yang terpasang dibagian atap mobil ini agar tetap bersih dan mengilap. Karet-karetnya juga mesti dipastikan agar tidak gampang getas. Karet yang getas atau mengeras akan menyebabkan kebocoran. Jaga kebersihan dan kelancaran relnya, supaya tetap lancar digeser-geser.

Baca juga: Berapa Biaya Modif Mobil Pasang Sunroof?

Cara Merawat Sunroof dan Panoramic Roof

Perhatikan gerakan membuka dan menutupnya

Agar tetap bisa menikmati suasana luar dengan nyaman, jaga kebersihan kaca dari jamur. Rutin bersihkan menggunakan cairan khusus kaca. Jangan sampai ada endapan air setelah dilakukan pencucian mobil.

Cara Merawat Sunroof dan Panoramic Roof

Selalu cek karet dan bagian talang airnya

Bagian karetnya, juga wajib rajin membersihkan kotoran yang menempel di karet sunroof dan talang airnya. Kotoran bisa menghambat pergeseran kaca saat kamu pencet buka-tutupnya. Kalau perlu gunakan cairan khusus yang sekaligus melindungi karetnya agar tidak cepat getas.

Cara Merawat Sunroof dan Panoramic Roof

Gunakan pelumas untuk merawat bagian rel

Nah, untuk bagian relnya, gunakan pelumas atau grease pada sliding rail secara teratur. Paling tidak enam bulan sekali supaya kerja rel tetap optimal.

Baca juga: Pilihan Mobil Indonesia Gunakan Sunroof dan panoramic

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Autos.id – Sunroof adalah fitur mobil yang memiliki banyak manfaat dan dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman. Konsep sunroof awalnya dikenalkan di mobil...

Tips

Autos.id – Sunroof mobil mempunyai perkembangan dengan sangat cepat. Misalnya sunroof panoramic yang diklaim memiliki free maintenance atau bebas perawatan. Walaupun begitu, untuk merawat...

Mobil

Beberapa mobil dengan fitur Sunroof ini bisa menjadi pilihan yang menarik bagi Anda yang sedang mengincar mobil baru dengan fitur tersebut. Autos.id – Mobil...

Tips

Sebagian besar wilayah Indonesia kembali memasuki musim pancaroba. Cuaca yang terik, dan terkadang hujan masih terjadi. Piranti yang sangat rawan pada kondisi cuaca seperti...

error: Content is protected !!