Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Berapa Biaya Modif Mobil Pasang Sunroof?

Intip Pilihan Mobil Terbaru Yang Memiliki Sunroof Dan Dijual Di Indonesia

Autos.id – Sunroof adalah fitur mobil yang memiliki banyak manfaat dan dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman. Konsep sunroof awalnya dikenalkan di mobil Ford Thunderbird pada tahun 1960-an. Setelah itu, mobil-mobil Eropa seperti Volkswagen, BMW, dan Mercedes-Benz mulai mengekor dengan mamasang sunroof di mobil-mobil mereka. Tidak mau ketinggalan, mobil Jepang di segmen pasar kelas atas juga menghadirkan sunroof di beberapa model mobilnya.

Karena tingginya permintaan pasar, banyak bengkel di Indonesia menyediakan layanan modifikasi pemasangan sunroof untuk mobil. Hal ini memungkinkan para konsumen memiliki mobil dengan sunroof dengan harga yang terjangkau. Contoh mobil yang dapat dimodifikasi dengan sunroof adalah Toyota Avanza, Honda Brio, dan Suzuki Ertiga.

Sunroof pada mobil

Sunroof pada mobil

Jenis dan Ragam Sunroof

Selain sunroof, terdapat dua jenis atap kaca mobil lain, yaitu moonroof dan panoramic roof. Ini perbedaannya:

  • Sunroof adalah jenis atap kaca mobil yang dapat dibuka ke atas.
  • Moonroof adalah kaca yang bisa terbuka dan masuk ke dalam atap mobil.
  • Panoramic roof memiliki ukuran yang lebih besar dan menyerupai ukuran atap mobil secara keseluruhan.

Sekarang, mari kita bahas kelebihan dan kekurangan dari sunroof mobil.

Kelebihan Mobil Pakai Sunroof

  • Pencahayaan alami: Sunroof memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam mobil, menciptakan suasana terang dan cerah di dalam kabin.
  • Sirkulasi udara: Dengan membuka sunroof, udara segar dapat masuk ke dalam mobil, meningkatkan sirkulasi udara di dalam kabin.
  • Estetika dan gaya: Sunroof memberikan tampilan yang lebih mewah dan menarik pada mobil. Ini dapat meningkatkan nilai estetika dan gaya kendaraan, memberikan kesan yang lebih elegan dan modern.
  • Nilai jual: Memiliki sunroof pada mobil dapat meningkatkan nilai jualnya. Banyak konsumen mobil bekas yang memang mencari mobil yang sudah dimodifikasi memiliki sunroof.

Kekurangan yang perlu dipertimbangkan

  • Biaya: Pemasangan sunroof bisa jadi cukup mahal, tergantung merek dan model mobilnya. Selain itu, biaya perawatan dan perbaikan sunroof juga bisa lebih tinggi daripada mobil tanpa sunroof.
  • Kerapuhan dan kebocoran: Sunroof terbuat dari bahan kaca atau bahan komposit yang rentan terhadap kerusakan dan kebocoran. Sunroof bisa retak atau pecah jika terbentur atau terkena tekanan dari luar. Kalau sampai retak, dijamin air hujan bakal merembes ke dalam kabin mobil
  • Berat bertambah: Sunroof tentunya menambah berat pada bagian atas mobil Hal ini dapat mempengaruhi keseimbangan dan kinerja kendaraan, dan otomatis pemakaian BBM ikut bertambah.
  • Keterbatasan penggunaan: Di beberapa model mobil, sunroof punya keterbatasan penggunaan, seperti hanya dapat dibuka sebagian atau lambat saat dibuka.

Berapa Biaya Pasang Sunroof?

Setelah tahu kelebihan dan kekurangan sunroof , kita juga perlu mempertimbangkan harga pasang sunroof. Bengkel OtoFriends, misalnya, menawarkan sunroof mobil mulai dari Rp6 jutaan. Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya instalasi. Harga modifikasi atap untuk pasang sunroof bervariasi, tergantung penawaran bengkel, keahlian, tingkat kesulitan, dan jenis mobilnya.

Untuk memasang sunroof pada mobil Jepang rata-rata biayanya sekitar Rp 10 juta. Di mobil keluaran Eropa biayanya bisa mencapai sekitar Rp 20 juta. Contohnya, di mobil seperti BMW dan Mercedes-Benz, harga pasang sunroof dari pabrik mencapai Rp 25 jutaan. Sedangkan untuk mobil MPV, harga pasang sunroof berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 15 juta. Bagaimana? Cukup mahal, ‘kan?

Baca juga: Tips Modifikasi Mobil Untuk Pemula

Cara Merawat Sunroof dan Panoramic Roof

Selalu cek karet dan bagian talang airnya

Perawatan Sunroof

Setelah memasang sunroof mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar sunroof tetap awet dan terhindar dari kerusakan.

Pertama, periksa dengan teliti apakah ada kebocoran atau celah pada sisi atap saat proses pemasangan. Hal ini penting agar air hujan tidak merembes dan merusak interior mobil.

Kedua, perhatikan bagian besi pada atap yang bergerak ke atas. Pastikan tidak ada gangguan atau sesuatu yang menghambat panel sunroof ketika menutup. Sama seperti di poin pertama, tujuannya agar tidak ada kebocoran saat hujan atau terpapar panas karena panel tidak menutup sempurna.

Jadi, sebelum memasang sunroof, sebaiknya cari tahu dulu bengkel yang memiliki reputasi baik dalam melakukan modifikasi atap. Pemasangan sunroof butuh ketelitian dan keahlian khusus agar hasil pekerjaannya baik dan tanpa masalah. Bengkel-bengkel dengan reputasi baik biasanya juga memberi jaminan garansi untuk memastikan pekerjaan yang dilakukan memang berkualitas.

Baca juga: Pilihan Mobil Indonesia Gunakan Sunroof dan panoramic

Sumber: dari berbagai sumber.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Modifikasi

Last updated on 4 Juli, 2023 Autos.id – Membahas modifikasi memang tidak ada habisnya, namun ada beberapa tips modifikasi mobil untuk pemula yang perlu...

Tips

Autos.id – Sunroof mobil mempunyai perkembangan dengan sangat cepat. Misalnya sunroof panoramic yang diklaim memiliki free maintenance atau bebas perawatan. Walaupun begitu, untuk merawat...

Mobil

Beberapa mobil dengan fitur Sunroof ini bisa menjadi pilihan yang menarik bagi Anda yang sedang mengincar mobil baru dengan fitur tersebut. Autos.id – Mobil...

Tips

Sebagian besar wilayah Indonesia kembali memasuki musim pancaroba. Cuaca yang terik, dan terkadang hujan masih terjadi. Piranti yang sangat rawan pada kondisi cuaca seperti...

error: Content is protected !!