Tips

Tips Mengganti Karet Wiper Mobil Biar Tetap Nyaman Saat Hujan

Mengganti Karet Wiper Mobil

Mengganti karet wiper mobil bukan perkara sulit, namun kalau tidak dilakukan bisa membuat kaca mobil bagian depan baret dan butuh perawatan yang mahal.

Jakarta, Autos.id – Musim hujan sepertinya sudah mulai tiba. Bukan hanya di Jakarta, namun juga kota-kota lain di Indonesia sudah mulai sering turun hujan.

Buat Kawan Autos, hujan tentu jangan jadi halangan untuk beraktifitas. Kalau yang biasa menjalani mobilitas menggunakan mobil, maka ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat musim hujan seperti sekarang ini. Yaitu wiper.

“Karet wiper yang rusak biasanya ditandai dengan kondisinya yang sudah keras atau getas. Apabila karet wiper sudah getas dan tidak segera dilakukan penggantian, bukan hanya mengganggu visibilitas tapi dampaknya bisa membuat baret pada kaca depan”

Jika wiper sudah rusak maka perlu diganti dengan yang baru. Cara mengganti karet wiper pun tidak terlalu sulit dan bisa Kawan Autos lakukan sendiri. Berikut tips dari Autos.id untuk mengganti karet wiper mobil yang sudah rusak.

Mengganti Karet Wiper Mobil

Pertama Tegakkan Wiper Agar Tak Menyentuh Kaca Mobil

Karet wiper yang rusak biasanya ditandai dengan kondisinya yang sudah keras atau getas. Apabila karet wiper sudah getas dan tidak segera dilakukan penggantian, bukan hanya mengganggu visibilitas tapi dampaknya bisa membuat baret pada kaca depan.

Untuk beberapa mobil, bisa mengganti karetnya saja tanpa rangka. Pertama-tama tegakkan batang wiper, sehingga tidak menempel pada kaca mobil. Kemudian buka karet wiper dengan menekan tombol pengunci batang karet wiper. Jika sudah terbuka, lepaskan karet wiper dengan cara menariknya.

Mengganti Karet Wiper Mobil

Jika Batang Wiper Rusak, Ganti

Selanjutnya siapkan karet wiper baru yang sudah dibeli. Pastikan ukurannya sesuai dengan karet wiper yang digunakan sebelumnya. Masukkan dnegan cara mendorong ke arah berlawanan dari saat ketika Kawan Autos menarik karet wiper yang sudah getas. Jika lokasinya sudah pas, jangan lupa kaitkan pengunci karet wiper.

Mengganti Karet Wiper Mobil

Pasang Lagi Pengait Agar Tak Lepas

Terakhir pastikan wiper telah terpasang dengan benar dan terkunci serta tidak mudah lepas. Jika wiper macet atau goyang dan rusak saat bekerja. Biasanya bushing-nya retak atau rusak, sehingga harus diganti. Di pasar tersedia bushing-nya saja atau sekalian setangnya.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top