Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Cara Pasang Dan Ganti Wiper Dengan Benar, Seperti Ini Caranya!

Cara Pasang Dan Ganti Wiper Dengan Benar, Seperti Ini Caranya!

Menghadapi musim penghujan seperti sekarang ini, sangat penting untuk merawat serta rutin mengganti wiper mobil ini agar bisa terus berfungsi secara optimal dan membuat visibilitas saat berkendara di cuaca hujan tetap terjaga.

Autos.id – Memasuki musim hujan seperti saat ini, tentu mobil harus berada dalam kondisi yang optimal. Nah, salah salah komponen terpenting pada mobil yang harus dirawat dan banyak terpakai saat musim penghujan adalah wiper. Bisa dibilang wiper memiliki peranan penting dalam menjaga agar visibilitas dan penghilahatan pengemudi tidak terganggu saat berkendara di cuaca hujan.

Karena wiper memiliki masa pakainya, sehingga membutuhan perawatan hingga pergantian dengan barang yang baru. Berikut Autos.id akan memberikan tips bagaimana memasang dan mengganti wiper dengan benar.

Cara Pasang Dan Ganti Wiper Dengan Benar, Seperti Ini Caranya!

Cara Pasang Dan Ganti Wiper

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melepas wiper lama dengan cara mengangkat tangkai wipernya terlebih dahulu ke atas. Kemudian, tekan pengunci atau klip pada bagian tengah dan dorong wiper ke bawah. Setelah itu maka wiper lama akan terlepas dan siap diganti dengan unit wiper yang lebih baru.

Yang perlu diketahui adalah, setiap model wiper memiliki metode dan cara lepas pasang yang sedikit berbeda. Untuk model wiper frame besi, cara melepasnya dengan mengarahkan wiper ke atas lalu tekan penjepit pada tangkai frame dan dorong frame kebawah. Sedangkan apabila menggunakan model wiper frameless atau tanpa frame, caranya buka pengunci pengait wiper baru lepas wiper dan mendorongnya ke arah bawah.

Yang perlu diperhatikan adalah saat mengganti wiper, pastikan agar wiper tidak jatuh ke bagian kaca yang justru akan menimbulkan kaca yang retak dan rusak. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pastikan untuk membungkus ujung tangkai wiper dengan kain lap tebal.

Cara Pasang Dan Ganti Wiper Dengan Benar, Seperti Ini Caranya!

Setelah melepas wiper lama, selanjutnya adalah menggantinya dengan wiper yang baru. Sebelum memasang wiper baru, perhatikan panjang dari wiper untuk mobil. Karena apabila ukuran wiper lebih pendek dari standar akan sulit menghapus air dan kotoran di kaca. Sedangkan apabila ukuran wiper terlalu panjang maka akan menimbulkan tabrakan antar wiper saat dioperasikan.

Untuk memasang wiper baru tersebut, pastikan posisikan klip dengan besi wiper tersebut. Lalu sangkutkan klip dan besi wiper dan dorong ke bagian atas. Apabila sudah klik, artinya wiper sudah terpasang dengan sempurna. Lalu setelah wiper baru terpasang, bersihkan karet wiper baru tersebut menggunakan lap kering baru turunkan wiper ke kaca.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa wiper sudah terpasang dengan benar agar karet tidak terlepas yang justru menimbulkan kerusakan pada kaca mobil. Serta yang tidak kalah penting adalah dengan mencoba menggeser-geserkan wiper serta membersihkan kaca mobil untuk memastikan wiper bisa berfungsi dan bekerja secara semestinya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Autos.id – Kabel rem putus saat berjalan? Terus seperti apa ciri-cirinya? Salah satu komponen penting dari sebuah sepeda motor adalah dari sistem pengeremannya. Selain...

Mobil

Membeli mobil second ex taksi tidak sekedar mencari harga yang murah saja, tetapi kondisi mobil masih berkualitas dan layak jalan. Autos.id – Berbicara mengenai...

Mobil

Untuk Anda yang memiliki mobil dengan fitur Sunroof, beberapa tips dan trik perlu Anda perhatikan baik-baik agar Sunroof bisa awet dan tahan lama. Autos.id...

Mobil

Karena kunci Keyless memiliki beberapa komponen yang rumit, sehingga penting untuk menjaga kunci tetap awet dan digunakan secara normal. Autos.id – Merawat kunci keyless...