Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Nissan dan Mitsubishi Meluncurkan Produk Kembar Kei Car Listrik Di Jepang

Nissan dan Mitsubishi Meluncurkan Produk Kembar Kei Car Listrik Di Jepang

Kedua produk kembar Kei Car listrik dari Nissan dan Mitsubishi ini hadir dalam platform serta basis yang sama persis.

Autos.id – Duo pabrikan Jepang yang berada dalam 1 aliansi yang sama, Nissan dan Mitsubishi meluncurkan produk kembar kei car listrik yang dijual khusus di Jepang. Kedua mobil lahir dari platform kerjasama Joint Venture Nissan Mitsubishi Kei Vehicles atau NMKV. Selain menggunakan platform yang sama, kedua produk ini juga menggunakan drivetrain yang sama persis dengan perbedaan lebih kepada tampilan dan desain mobil.

Untuk penamaan sendiri, Nissan memberi nama Sakura EV sedangkan Mitsubishi memberikan nama ek X EV.

Nissan dan Mitsubishi Meluncurkan Produk Kembar Kei Car Listrik Di Jepang

Mitsubishi ek X EV

Spesifikasi Yang Kurang Lebih Sama

Sebagai sebuah 2 produk hasil kerjasama, persamaan yang secara terasa antara Nissan Sakura EV dan Mitsubishi ek X EV adalah penggunaan drivetrain yang sama persis. Kedua mobil ini menggunakan baterai berkapasitas 20 kWh yang diklaim bisa berjalan sejauh 180 km saat baterai terisi dalam kondisi penuh.

Berbicara mengenai tenaga, kedua mobil ini juga memiliki spesifikasi tenaga dan torsi yang sama persis. Tenaga yang dihasilkan memang hanya 63 Hp tetapi torsi kedua mobil ini bisa mencapai 195 Nm. Sebagai sebuah mobil Kei Car yang memang ditujukan untuk penggunaan di dalam kota, tenaga, torsi, serta jarak tempuh saat baterai terisi penuh bisa dibilang sudah lebih dari cukup.

Nissan dan Mitsubishi Meluncurkan Produk Kembar Kei Car Listrik Di Jepang

Mitsubishi ek X EV

Yang menaraik, baik Mitsubishi ek X EV dan Nissan Sakura EV juga bisa difungsikan sebagai power bank untuk menyuplai listrik ke berbagai perangkat elektronik. Bahkan kedua mobil ini juga bisa berfungsi sebagai power bank untuk mobil listrik lainnya sehingga bila ada mobil listrik yang kehabisan daya, kedua mobil ini bisa dijadikan alat untuk menyuplai listrik mobil listrik lainnya.

Berbicara mengenai fitur, kedua mobil ini memiliki fitur safety active atau ADAS dengan penamaan yang berbeda. Untuk Mitsubishi dinamai MI-PILOT sedangkan Nissan menamai fitur ADAS ini dengan ProPILOT Park. Artinya kedua mobil ini sudah dilengkapi dengan adaptive cruise control, rem otomatis, Lane Keeping Assist, Lane Departure Warning, Blind Spot Warning, Rear-Cross Traffic Alert, serta yang menarik kedua mobil ini memiliki fitur parkir otomatis secara parallel.

Dan tidak ketinggalan kedua mobil ini memiliki fitur One Pedal Drive alias mobil ini bisa anda jalankan hanya dengan pedal gas saja yang memungkinkan pengereman regenerative yang membuat mobil semakin irit. Serta yang paling penting penggunaan One Pedal Driving ini bisa memperpanjang range atau jarak tempuh dengan sisa baterai yang tersisa.

Nissan dan Mitsubishi Meluncurkan Produk Kembar Kei Car Listrik Di Jepang

Nissan Sakura EV

Tampilan Yang Berbeda Dianatara Kedua Mobil Ini

Sebagai sebuah produk kembar, meskipun memiiliki spesifikasi, fitur, drivetrain yang mirip, 1 hal pembeda yang cukup terasa adalah tampilan desain mobil ini. Nissan Sakura EV hadir denga tampilan V Motion Grill dengan tampilan yang cendrung elegan. Sedangkan Mitsubishi ek X EV ini menggunakan tampang Dynamic Shield yang memang jauh lebih sporty.

Selebihnya dari tampilan samping dan belakang dari kedua mobil ini kurang lebih masih sama dengan beberapa perbedaan detail seperti velg. Bahkan ukuran atau dimensi kedua mobil ini juga sama persis dengan panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.655 mm, serta whellbase 2.495 mm. Dengan dimensi sekecil itu memang kedua mobil Kei Car ini ditujukan untuk penggunaan sehari-hari di dalam kota.

Nissan dan Mitsubishi Meluncurkan Produk Kembar Kei Car Listrik Di Jepang

Nissan Sakura EV

Nissan dan Mitsubishi sendiri mengklaim bahwa radius putar mobil ini hanya 4,8 m yang sangat praktis untuk digunakan didalam perkotaan atau jalanan yang sempit. Meskipun dari luar mobil ini terlihat kecil, tetapi bagian interior kedua mobil ini termasuk sangat lega dan bisa memuat 4 orang secara nyaman. Hal ini juga ditunjang kapasitas bagasi yang kurang lebih masih sangat masuk akal diangka 107 liter.

Untuk pilihan varian, Nissan Sakura EV hadir dengan 3 varian yaitu S, X, dan G yang dijual mulai 2.333.100 hingga 2.940.300 Yen atau mulai 261 hingga 337 jutaan Rupiah. Sedangkan Mitsubishi ek X EV hadir dengan 2 pilihan varian yaitu G dan P yang dijual mulai 2.398.000 hingga 2.932.600 Yen atau mulai 276 hingga 336 jutaan Rupiah.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Rencananya Nissan LEAF akan digantikan dengan sebuah produk mobil listrik baru yang menggunakan body crossover serta penggunaan platform terbaru khusus untuk mobil listrik. Autos.id...

Berita Otomotif

Perjalanan ekpedisi dengan mobil listrik Nissan Ariya diberi nama “Pole To Pole” dan akan melewati berbagai medan dan suhu udara dari yang panas hingga...

Berita Otomotif

Kei-Car bertenaga listrik ini mudah digunakan dengan jarak tempuh 180 km — Tokyo, Autos.id – Mitsubishi Motors Corporation (atau, Mitsubishi Motors) memperkenalkan all-new eK...

Mobil

Nissan Ariya sendiri sejatinya adalah mobil listrik yang diproduksi masal oleh Nissan seteleh sebelumnya sukses dengan Nissan Leaf. Autos.id – Pabrikan otomotif asal Jepang,...