Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Rumor Beredar, Nissan Suntik Mati LEAF!

Nissan LEAF Dirumorkan Akan Disuntik Mati, Tidak Ada Generasi Peneurusnya?

Rencananya Nissan LEAF akan digantikan dengan sebuah produk mobil listrik baru yang menggunakan body crossover serta penggunaan platform terbaru khusus untuk mobil listrik.

Autos.id – Sebuah kabar mengejutkan datang dari salah satu brand mobil asal Jepang, Nissan. Ditengah trend kendaraan elektrifikasi yang semakin berkembang pesat, Nissan justru akan menghentikan produksi salah satu mobil pelopor EV dijajaran brand tersebut, LEAF. Belum diketahui apakah mengapa Nissan akan menyuntik mati LEAF.

Adanya rumor tersebut membuat Nissan LEAF tidak akan memiliki generasi penerusnya dan akan berhenti produksi pada pertengahan dekade ini.

Nissan LEAF Dirumorkan Akan Disuntik Mati, Tidak Ada Generasi Peneurusnya?

Adanya Pengganti Nissan LEAF?

Seperti yang dilansir oleh InsideEV pada Minggu (17/7/2022), salah satu pabrik Nissan di Sunderland, Inggris diketahui sedang menyiapkan sebuah produk mobil listrik terbaru. Selain itu mobil listrik terbaru ini disebut-sebut akan menggantikan peran LEAF dan akan mengusung konsep body crossover dibandingkan LEAF yang menggunakan body hatchback.

Renacananya, mobil listrik yang masih dirahasikan namanya tersebut akan dibangun pada platform terbaru yang diberi nama CMF-EV. Platform ini nantinya memang didesain khusus untuk pengembangan mobil listrik dan akan diproduksi tahun 2025 mendatang. Dan dugaan lainnya, platform lainnya juga akan digunakan Renault dan Mitsubhishi karena tergabung dalam 1 aliansi yang sama.

Di dunia sendiri, Nissan LEAF sudah hadir dalam 2 generasi. Generasi yang pertama sendiri dijual di berbagai pasar seperti Jepang, Eropa, dan Amerika Utara. Generasi pertama Nissan LEAF sendiri hadir dari tahun 2010 hingga 2017. Dan generasi pertama Nissan LEAF ini juga menjadi penanda bagi Nissan yang untiuk pertama kalinya membuat mobil elektrfikasi dengan teknologi listrik murni.

Nissan LEAF Dirumorkan Akan Disuntik Mati, Tidak Ada Generasi Peneurusnya?

Lalu generasi kedua hadir sejak tahun 2017 dan masih dijual hingga saat ini. Di Indonesia sendiri, Nissan LEAF hadir pertama kali dan dijual mulai pada generasi kedua ini pada tahun 2021 silam. Nissan LEAF yang dijual di Indonesia merupakan rakitan secara utuh dari Jepang. Kehadiran Nissan LEAF di Indonesia sendiri juga menjadi penanda seriusnya Nissan di segmen kendaraan elektrifikasi setelah sebelumnya menghadirkan Kicks ePower yang menggunakan teknologi Hybrid.

Dengan hilangnya Nissan LEAF membuat publik penasaran produk apa yang akan dihadirkan oleh Nissan kedepannya, khususnya di segmen kendaraan elektrifikasi. Terlebih lagi Nissan sebenarnya juga sudah mulai serius dengan segmen kendaraan lingkungan dan mulai menghilangkan beberapa produk dengan mesin konvensional di beberapa market.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Berkurangnya subsidi untuk kendraan listrik juga diiringi dengan semakin populer dan semakin mudahnya orang-orang dinegara tersebut membeli kendaraan listrik saat ini. Autos.id – Trend...

Mobil

Hadirnya mobil listrik anti peluru seperti BMW i7 Protection ini dihadirkan mengingat pabrikan lainnya belum menghadirkan mobil listrik dengan teknologi anti peluru. Autos.id –...

Berita Otomotif

Sebelum General Motors, Tesla juga sudah mempersiapkan Stasiun Pengisian kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dengan teknologi fast charging yang merek sebut dengan “Supercharger”. Autos.id –...

Mobil

Tesla dengan 2 produknya berhasil menguasai penjualan kendaraan EV dengan Model 3 dan Model Y sebagai produk terlarisnya. Autos.id – Tidak bisa dipungkiri, pasar...