Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Motor Sport Ikonik Milik Suzuki Kini Tak Lagi Diproduksi

Suzuki Hayabusa 2018

Last updated on 26 Desember, 2018

Hayabusa adalah motor sport ikonik milik Suzuki yang banyak diidamkan oleh para pecinta sepeda motor berperforma tinggi. Ada berita yang mungkin cukup menyedihkan untuk para penyuka Hayabusa. Kini, Suzuki tak lagi melanjutkan produksi dari motor ini.

Autos.id – Tidak berlebihan rasanya jika kita menyebut Suzuki Hayabusa sebagai sebuah motor sport yang ikonik. Pasalnya dari segi gengsi dan performa, Suzuki Hayabusa tidak kalah dengan para pesaingnya yang berasal dari Eropa. Bahkan Suzuki Hayabusa pernah dinobatkan sebagai motor terkencang di dunia.

Selain karena performanya, hal lain yang membuat Suzuki Hayabusa jadi layak untuk disebut sebagai sepeda motor yang legendaris adalah karena motor ini sudah dihadirkan sejak 1999 silam. Artinya, Suzuki Hayabusa sudah mengaspal selama hampir 20 tahun.

Sayangnya, Suzuki Hayabusa sepertinya tak akan merayakan hari jadinya yang ke-20 pada 2019 nanti. Soalnya, Suzuki baru saja mengumumkan berita yang cukup mengejutkan, tentang keputusan mereka yang tidak lagi memproduksi Hayabusa.

Generasi pertama Suzuki Hayabusa yang hadir pada 1999

Dilansir dari laman Indianautosblog, Suzuki memutukan untuk menghentikan produksi Hayabusa karena motor ini gagal memenuhi standar Euro-IV di Eropa. Oleh karena itu, terhitung mulai Januari 2019 nanti, Suzuki Hayabusa akan dinyatakan sebagai motor yang ilegal buat dijual di Eropa.

Terlepas dari fakta bahwa Suzuki Hayabusa tidak mampu memenuhi standar Euro-IV di Eropa, namun itu tetap tak mengubah kenyataan bahwa motor ini memiliki performa yang luar biasa. Suzuki Hayabusa yang saat ini masih beredar mempunyai mesin berkapasitas 1.340 cc empat silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 197 dk, dan sanggup mencapai top speed di angka 300 km/jam.

Walau tak akan lagi dijual di Eropa pada 2019 mendatang, namun kabar baiknya adalah, Suzuki Hayabusa tetap akan dijual untuk pasar Amerika Serikat. Hanya saja di 2019 nanti, Suzuki cuma menjual Hayabusa untuk pasar Amerika Serikat dalam jumlah unit yang terbatas.

Suzuki Hayabusa pernah dinobatkan sebagai motor terkencang di dunia

Keputusan Suzuki untuk menjual Hayabusa secara terbatas di Amerika Serikat bisa dijadikan sebagai indikasi bahwa mereka mulai fokus untuk merancang generasi penerus dari motor legendaris ini. Soalnya, tersiar kabar bahwa Suzuki akan menghadirkan penerus dari Hayabusa di masa yang akan datang.

Jika berjalan sesuai rencana, maka generasi penerus Suzuki Hayabusa akan diluncurkan pada 2021 mendatang. Tapi, belum diketahui apakah motor baru tersebut akan tetap memakai nama Hayabusa, atau justru motor yang benar-benar baru dan berada di level yang sama dengan Hayabusa.

Baca juga: Suzuki GSX-R150 Kini Dilengkapi dengan Fitur ABS

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Motor

Last updated on 11 Juli, 2022 Suzuki menghadirkan segudang warna terbaru kepada model Hayabusa. Jakarta, Autos.id – Untuk tiga warna akan tersedia untuk lineup pada Hayabusa,...

Motor

Motor naked dengan gaya cruiser ini tergolong salah satu motor Suzuki di India yang memiliki penjualan yang tergolong kurang memuaskan. Autos.id – Suzuki divisi...

Reviews

Suzuki USA menghadirkan penyegaran pada jajarannya yang meliputi tiga seri dan mencakup sembilan model. Dari mulai off-roader, dua sport, supermoto, hingga melakukan perubahan kecil...

Motor

Warna baru dari Suzuki Hayabusa ini selain memberi kesan yang elegan tapi disisi lain juga memberikan kesan yang garang dan mempertahankan tampilan yang ikonik....