Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Cara Merawat Dashboard Mobil Supaya Awet Dan Tidak Mudah Retak

Cara Merawat Dashboard Mobil Supaya Awet Dan Tidak Mudah Retak

Beberapa tips ini akan membuat dashboard mobil menjadi lebih awet dan tidak mudah terkena retak yang justru menimbulkan dampak negatif pada mobil.

Autos.id – Berbicara mengenai interior di dalam mobil, salah satu bagian terpenting pada bagian dalam sebuah mobil adalah bagian dashboard. Bisa dibilang pada dashboard ini, beberapa panel penting mobil seperti AC, Head Unit, Kunci Kontak, Stir, hingga tuas transmisi diletakan di area dashboard. Namun seiring berjalannya pemakaian, tentu dashboard akan mengalami beberapa problem yang membuatnya menjadi retak hingga kusam yang kurang enak dipandang.

Nah supaya dashboard selalu awet dan tidak mudah terkena retak, Autos.id akan memberikan beberapa tips cara merawatnya agar dashboard mobil serasa seperti baru.

Cara Merawat Dashboard Mobil Supaya Awet Dan Tidak Mudah Retak

1. Jangan Menaruh Barang Diarea Dashboard

Area dashboard merupakan tempat yang tepat untuk meletakan berbagai barang. Nah, karena meletakan berbagai barang inilah yang membuat dashboard mobil terkena goresan. Dan bahkan banyak orang yang meletakan barang di area sekitar airbag yang jelas membahayakn apabila terjadi kecelakaan.

Ubah kebiasaan itu dan jangan menaruh benda apapun di area dashboard, dan bahkan menutupi airbag. Karena selain membuat goresan yang apabila dibiarkan akan terus meneurus menimbulkan retakan yang tidak diinginkan.

2. Rutin Mengelap Permukaan Dahsboard

Berikutnya agar dashboard di mobil tidak mudah retak dan rusak adalah dengan rutin mengelapnya. Ini dilakukan untuk meminimalisir debu dan kotoran yang ketika menempel terlalu lama, akan membuat bagian dashboard menjadi berkerak.

Kerak-kerak inilah yang apabila dibiarkan juga berpotensi membuat retak dashboard. Untuk mengelap dashboard mobil, bisa menggunakan beberapa pilihan cairan. Misalnya seperti dengan kain halus yang digabungkan dengan air atau cairan pembersih khusus yang memang khusus untuk penggunaan dashboard mobil.

3. Membersihkan Dashboard Dengan Alat Penyedot Debu

Selain mengelap dengan kain microfiber dan cairan pembersih, hal lainnya yang juga tidak kalah penting adalah membersihkan dengan alat penyedot debu. Karena ternyata cara membersihkan dashboard dengan alat penyedot debu ini memiliki beberapa fungsi.

Misalnya bisa membersihkan beberapa celah sempit yang sulit dijangkau dengan tangan dan membuat proses pembersihan menjadi lebih praktis. Ketika membersihkan dashboard dengan alat penyedot ini, pastikan menggunakan masker dan hand sanitizer.

4.Menggunakan Pelapis Dashboard

Bagaimana ceritanya apabila dashboard mobil sudah mendekati kondisi yang retak? Lapisi dashboard setidaknya sebagai langkah jangka pendek untuk membuat dashboard ini terlihat lebih rapi.

Saat pemasangan pelapis dashboard ini, pastikan bagian airbag tidak tertutupi yang justru akan membuat airbag nantinya sulit mengembang saat terjadi kecelakaan. Serta pemasangan pelapis dashboard ini sebaiknya dilakukan oleh profesional yang terlatih di toko variasi otomotif.

5. Mengganti Dashboard Mobil Secara Keseluruhan

Ketika dashboard mobil ini ada sudah memasuki fase retak yang parah, mau tidak mau harus diganti dengan yang baru. Mengganti dashboard secara keseluruhan memang mahal, tetapi unit baru yang jelas masih mulus.

Dan setelah mengganti dashboard mobil ini, pastikan untuk lebih rutin dan rajin merawat dashboard mobil. Karena selain berkaitan dengan estetika, dashboard mobil juga menjadi komponen penunjang keselamatan yang penting karena berkaitan dengan sistem airbag pada mobil.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Saat terjadi gempa bumi ketika berkendara di jalan raya, pada dasarnya Anda tidak perlu khawatir asal mengetahui berbagai trik dan cara penanggulangannya. Autos.id –...

Motor

Meskipun sering di anggap remeh, nyatanya bagian V-Belt CVT pada motor Matic perlu mendapatkan perawatan rutin agar komponen ini bisa terus berfungsi secara optimal....

Motor

Autos.id – Kabel rem putus saat berjalan? Terus seperti apa ciri-cirinya? Salah satu komponen penting dari sebuah sepeda motor adalah dari sistem pengeremannya. Selain...

Mobil

Membeli mobil second ex taksi tidak sekedar mencari harga yang murah saja, tetapi kondisi mobil masih berkualitas dan layak jalan. Autos.id – Berbicara mengenai...