Kawasaki

Kawasaki Indonesia Tak Ambil Pusing Soal Kasus Kartel

Kartel

Munculnya kasus kartel yang dilakukan Yamaha dan Honda di Indonesia ternyata tak membuat Kawasaki bergeming, dan seakan memilih bersikap masa bodo.

Malang, Autos.id – Dunia otomotif Indonesia tengah digemparkan dengan terungkapnya praktik kartel yang melibatkan dua produsen motor raksasa Yamaha dan Honda. Keduanya telah dinyatakan bersalah oleh KPPU atas praktik kartel sepeda motor matik kelas 110cc dan 125cc. Sehingga keduanya dikenakan denda senilai milyaran rupiah.

Baik Yamaha maupun Honda bersekongkol untuk menetapkan harga motor matic di Indonesia, yang nantinya berimbas pada kemampuan keduanya untuk mengendalikan harga skutik di Indonesia. Hal ini tentunya sangat merugikan banyak pihak, terutama konsumen yang membeli produk mereka.

“Biasanya jika suatu produsen mengalami masalah, tentu kompetitor bakal langsung mengambil celah keuntungan dari kasus tersebut”

Biasanya jika suatu produsen mengalami masalah, tentu kompetitor bakal langsung mengambil celah keuntungan dari kasus tersebut. Namun nyatanya tidak demikian dengan Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Mereka pun angkat bicara. Menurut mereka, apa yang dilakukan Honda dan Yamaha hanyalah sebuah persaingan yang wajar.

Kartel

Michael C. Tanadhi, Sales & Promotion, PT. Kawasaki Motor Indonesia

“Kita melihatnya sih tidak ada praktek itu. Mereka bersaing kok dan bersaingnya dengan luar biasa ketat,” tutur Michael C. Tanadhi, selaku Sales & Promotion, PT. Kawasaki Motor Indonesia disela acara test drive Kawasaki Versys-X 250 di Bromo, Jawa Timur.

Produsen motor asal Jepang yang identik dengan warna hijau ini seperti tidak ingin ambil pusing dengan mencampuri masalah yang dihadapi kompetitor mereka. “Segmennya beda lah, jauh, bos,” ujar Michael sambil tertawa kecil.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top