Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Kawasaki Ridge Hadir Dengan Mesin dan Desain Baru

Kawasaki Ridge_1a
Kawasaki Ridge. (Sumber: Auto Updated)

Autos.id – Jika biasanya kita mengenal produsen Kawasaki dengan spesifikasi kendaraan roda dua yang mumpuni, ternyata perusahaan otomotif asal negeri Jepang ini juga mempunyai produk kendaraan lainnya yang tidak kalah menarik untuk diketahui. Ya, hal itu tentu dapat dilihat dimana mereka baru saja menghadirkan varian terbaru dari model Kawasaki Ridge dimana ini merupakan kendaraan roda empat untuk berbagai kondisi jalanan. Dengan desain yang lebih modern dan juga mesin yang lebih canggih serta bertenaga saat dikendarai, model Kawasaki Ridge terbaru ini pastinya akan sangat menarik untuk diketahui dan juga dilirisk oleh para pecinta otomotif, khususnya bagi mereka yang menyukai jalanan off-road.

Telah Hadir Sejak Tahun 1988

Kawasaki Ridge_2b

Kawasaki Ridge. (Sumber: Motorcycle Sports)

Kawasaki melahirkan genera utilitas side-by-side pada tahun 1988 ketika perusahaan tersebut memperkenalkan Mule yang revolusioner. Mule asli, yang merupakan singkatan dari Multi-Use Light Equipment, adalah kendaraan utilitas kabin terbuka yang ditenagai oleh mesin dua silinder 454cc berpendingin cairan.

Kendaraan ini juga menggunakan transmisi variabel kontinu, suspensi independen empat sudut, dan diferensial belakang pengunci. Jajaran produk Kawasaki Mule telah berkembang dan maju selama bertahun-tahun, dan kini bertahan sebagai produk terlama di pasar berdampingan.

Perusahaan menunggu dua dekade sebelum terjun ke pasar rekreasi secara berdampingan dengan model Teryx 2008. Kawasaki kemudian merilis model empat tempat duduk pabrikan pertama di industri, Teryx4, pada tahun 2012 dan pada tahun 2019 meluncurkan Teryx KRX 1000 berperforma tinggi.

Hadir Kembali, Mesin Lebih Modern

Dan kini pada tahun 2024, Team Green kembali melakukannya dengan debut kendaraan baru pertamanya sejak Teryx dan entri pertama ke segmen Sport Utility yang kompetitif dengan Ridge dan Ridge XR yang serba baru dimana cukup menghebohkan pasaran otomotifnya.

Inti dari model Kawasaki Ridge dan Ridge XR baru Kawasaki yang berdampingan adalah mesin 4 silinder segaris 999cc yang revolusioner. Mesin dual overhead cam ini menggunakan desain empat katup dengan sepasang katup masuk 29 mm dan katup buang 24 mm di setiap silinder.

Mesinnya menggunakan lubang sempit dan langkah pendek 73,4 x 59,0 mm yang memungkinkan pita daya putaran tinggi yang lebar. Katup throttle yang digerakkan secara elektronik dan throttle body 52 mm menyediakan aliran udara yang diperlukan, yang melewati saluran masuk tabung panjang dan filter udara Donaldson efisiensi tinggi.

Lubang pembuangan yang menghadap ke belakang dirancang secara strategis untuk mengalihkan panas dari kabin dan langsung ke knalpot yang dipasang di belakang, dengan ciri khas mesin empat silinder segaris yang membuat semua orang di sekitar mengetahui bahwa ada sesuatu yang istimewa di bawah bodi.

Mengingat CVT yang digunakan tidak memiliki kopling sentrifugal, para insinyur Kawasaki telah menyetel kendaraan untuk mengenali kapan Kawasaki Ridge meluncur menuruni bukit dengan mengamati bahwa kecepatan roda meningkat sementara kecepatan mesin menurun.

Model Ridge dan Ridge XR berbagi jarak sumbu roda 90,7 inci dan lebar lintasan 64,0 inci. Kombinasi ini menawarkan lingkaran belok yang relatif pendek sepanjang 14,7 kaki, cocok untuk melewati tikungan sempit di medan terjal.

Ridge menawarkan ground clearance hingga 14,0 inci (13,6 untuk model Ranch dan Limited) sementara Ridge XR memberikan ground clearance hingga 14,5 inci (14,3 pada model HVAC) dengan pegas disetel ke preload maksimum.

Perbedaan besar dalam jarak bebas disebabkan oleh ukuran ban, dengan Ridge dilengkapi dengan ban 27 inci sedangkan Ridge XR mendapat manfaat dari rolling stock 30 inci yang lebih besar.

Memiliki Interior Yang Modern

Kawasaki Ridge_3c

Kawasaki Ridge. (Sumber: Mobogeek)

Di dalam kabin, Ridge dan Ridge XR hampir tidak dapat dibedakan selain dari konfigurasi tempat duduk: Ridge dapat menampung hingga tiga orang di bangku terpisah dengan kursi sandaran rendah sementara Ridge XR dapat menampung dua orang dalam ember sandaran tinggi.

Kursi dapat disesuaikan ke depan dan belakang, dan kendaraan ini dilengkapi kolom kemudi yang dapat dimiringkan. Semua model Ridge dilengkapi dengan kompartemen penyimpanan yang banyak bersama dengan soket daya USB dan DC.

Meskipun bagian utama dari model HVAC adalah pemanas dan AC yang tersedia, model Ridge juga dilengkapi tombol dan sakelar dengan lampu latar, lampu lantai LED, kunci kontak bergaya otomotif bermutu tinggi, dan sejumlah komponen dekoratif yang semuanya berkontribusi pada interior mirip otomotif premium.

Layar sentuh LCD penuh warna berukuran 7 inci merupakan standar dan dilengkapi dengan fitur-fitur berguna termasuk menampilkan speedometer, takometer, pengukur bahan bakar, indikator gigi, indikator mode berkendara, suhu transmisi, dan banyak lagi.

Itu juga terhubung ke ponsel pintar melalui Bluetooth untuk memungkinkan panggilan telepon, streaming musik, dan akses ke aplikasi Rideology perusahaan.

 

Baca juga: Audi Q7 Muncul Dengan Tampilan Desain Yang Baru

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Kawasaki

Motor bebek rasa Ninja! Itulah jargon Kawasaki ZX130, motor bebek besutan KMI, dengan berbagai keunggulan. Autos.id – PT Kawasaki Motor Indonesia sebelumnya telah mencoba...

Kawasaki

Last updated on 13 September, 2023 Inilah sejarah, spesifikasi, dan generasi Kawasaki Kaze, motor bebek legendaris dari KMI. Autos.id – Saat ini, Kawasaki lebih...

Kawasaki

Last updated on 14 September, 2023 Cari motor sport dengan performa tinggi? Kawasaki Ninja H2 bisa jadi pilihan terbaik. Autos.id – Kawasaki memiliki model...

Kawasaki

Kawasaki hadirkan Ninja ZX-6R 2024 dengan spesifikasi yang lebih baik dibanding sebelumnya. Autos.id – Mungkin banyak yang bertanya-tanya kapan Kawasaki Ninja ZX-6R 2024 akan...

error: Content is protected !!