Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Pameran InCUBUS 2017 Kembalikan Sejarah Transportasi Umum Indonesia

InCubus 2017

Last updated on 30 Maret, 2017

InCubus 2017 merupakan pameran bus-bus lawas yang pernah dipakai sebagai alat transportasi di Indonesia dari masa ke masa.

Jakarta, Autos.id – Pameran Indonesia Classic & Unique Bus (InCubus) ketiga di helat di Jakarta International Expo, Kemayoran Jakarta, 29 Maret hingga 1 April 2017. Dalam pameran ini sejumlah bus lawas yang menjadi tulang punggung transportasi Ibu Kota dipajang.

InCubus 2017 seolah memutar kembali masa kejayaan transportasi umum Jakarta dan kota lainnya di Indonesia. Pada area pameran InCubus 2017, Autos.id berjumpa dengan bus lawas Lorena, Sumber Alam, dan lain sebagainya.

“Bus-bus itu adalah pelaku sejarah, dimana mereka dulu menjadi primadona transportasi masyarakat dan sayangnya mereka saat ini sudah dilupakan,”

Beberapa unit displai yang bisa menggulung waktu diantaranya bus kayu POWNID merk Mitsubishi tipe Cold Diesel 100PS tahun 1950 asal Pulau Bangka, Mitsubishi Fuso tipe R Series 470 tahun 1963, Chevrolet tipe AA Series tahun 1927dan Mercedes-Benz tipe OF 1113 1971.

InCubus 2017

Kilas Balik Sejarah Transportasi Indonesia

Zainal Arifin,  Humas Bus Mania Community, mengungkapkan InCubus, sebagai wadah pengingat generasi muda bahwa bus-bus yang ditampilkan ini merupakan  primadona transportasi umum Indonesia di zamannya. Dan menjadi pahlawan transportasi.

“Bahwa mereka (bus-bus) itu, adalah pelaku sejarah, dimana mereka dulu menjadi primadona transportasi masyarakat dan sayangnya mereka saat ini sudah dilupakan,” kata pria yang akrab disapa Cecep itu pada Autos.id, di JIExpo, Rabu (29/3/2017).

InCubus 2017

Bus-Bus Lawas di Indonesia

Cecep juga mengajak generasi saat ini untuk tidak melihat bus-bus lawas ini hanya sebagai benda mati, tetapi lebih dari itu memahami cerita dan historical dibalik bus-bus ini, ditengah keenggenan masyarakat masa kini untuk menggunakan transportasi umum dan lebih memilih  kendaraan pribadi.

“Ini saatnya kita ingatkan kepada khalayak, ini loh kendaraan yang dulu kakek nenek kalian naiki dan mungkin pengalaman yang menarik dari transportasi umum lampau bisa menarik minat masyarakat untuk kembali menggunakan transportasi umum. Karena toh dengan kendaraan pribadi hanya akan lebih macet,” tukasnya.

InCubus 2017

Ada Juga TransJakarta

Pada ajang ini, InCubus 2017 juga mendisplai bus TransJakarta pertama dan bus PPD (Pengangkut Penumpang Djakarta) untuk memberikan perbandingan dan menceritakan perkembangan transportasi Ibu Kota.

Ia berharap InCubus bisa menjadi wadah penyegar sejarah transportasi Indonesia. Ajang ini telah berlangsung tiga kali yakni tahun 2011, 2016 dan 2017 dan sangat didukung oleh PO-PO bus seperti Lorena, Sumber Alam dan perusahaan transportasi daerah karena unit bus lawas mereka diantar sendiri ke arena pameran.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...