Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Mobil Hybrid Lebih Sering Terbakar Dari Mobil Bertenaga Listrik dan Bensin, Benarkah?

Last updated on 14 Juli, 2023

Chevy Bolt menghadapi masa depan yang tidak pasti, terutama karena kendaraan listrik yang dulu menjanjikan ini, sekarang ditimpa dengan beberapa kasus kebakaran.

Autos.id  –  Setiap momentum yang diambil Chevy Bolt, berkat desainnya dan harga yang relatif rendah, belum cukup untuk mengatasi kebakaran dan penanganan setengah-setengah dari General Motors, pemilik brand Chevrolet. Tetapi sebuah studi baru yang mengutip Dewan Keamanan Tranportasi dan Badan Keamanan Lalu Lintas Amerika Serikat mengklaim bahwa mobil listrik di AS sebenarnya tersulut kebakaran dengan angka yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan mobil bensin maupun hybrid seperti yang dilansir dari Kelly Blue Book.

Studi tersebut mengklaim bahwa mobil hybrid sebenarnya terlibat dalam sebagian besar kebakaran mobil dari setiap 100.000 mobil yang terjual. Angka ini melebihi jumlah kebakaran yang melibatkan baik mobil listrik -seperti Chevy Bolt – dan mobil bertenaga bensin.

Chevy Bolt

Hasil Studi

Analis dari AutoInsuranceEZ memeriksa data dari Dewan Keamanan Transportasi AS untuk melacak jumlah kebakaran mobil dan membandingkannya dengan data penjualan dari Biro Statistik Transportasi. Hasilnya adalah Mobil bertenaga hybrid terlibat dalam sekitar 3.475 kebakaran per setiap 100.000 yang terjual. Mobil bertenaga bensin, sekitar 1.530. Kendaraan listrik (EV) hanya mengalami 25 kebakaran per 100.000 yang terjual.

Tentu saja, mengingat jumlah mobil hybrid yang lebih sedikit di jalanan AS dan juga dunia, jumlah kebakaran paling banyak secara total masih terjadi pada mobil bertenaga bensin. Di Amerika Serikat, Studi tersebut mengatakan mobil bertenaga gas menyumbang 199.533 kebakaran. Mobil hybrid menyumbang 16.051 kebakaran. Mobil listrik datang dengan total hanya 52 kebakaran. Studi ini juga tediri dari kasus-kasus untuk sepanjang tahun 2021.

Selain ini, Studi ini melihat jumlah mobil di Amerika Serikat yang ditarik karena risiko kebakaran pada tahun 2020. Sekali lagi, jumlah terbesar adalah milik mobil bertenaga bensin, dengan total 1.085.800 kendaraan ditarik. Sedangkan, sebanyak 152.000 mobil listrik ditarik. Dan 32.100 mobil hybrid ditarik kembali. Jumlah penarikan mobil listrik mungkin akan jauh lebih besar pada tahun 2021, setelah mobil Chevy Bolt untuk tahun ini akan ditarik.

Yang cukup menarik, penarikan mobil dikarenakan risiko kebakaran untuk mobil listrik dan hybrid keduanya sebagian besar diakibatkan oleh baterai mobil. Secara khusus pada mobil hybrid, risiko kebakaran pada mobil jenis ini memang banyak menghasilkan kasus di mana api benar benar muncul. Dan untuk referensi, risiko kebakaran di antara mobil bertenaga bensin sebagian besar karena korsleting listrik.

Statistiknya mengejutkan karena berita kebakaran mobil listrik telah tersebar di banyak media. Mengingat masih dalam tahap pengembangan, tidak mengherankan bahwa mobil listrik masih belum sempurna. Meskipun, yang paling mengejutkan adalah fakta jikalau mobil hybrid telah terbukti paling rentan terhadap kebakaran.

Baca juga: Penyebab Nissan Grand Livina Terbakar

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 22 April, 2024 Autos.id – Selain GAC Aion Y Plus, pabrikan otomotif asal Tiongkok yang sudah bekerja sama dengan Indonesia juga...

Mobil

Last updated on 19 April, 2024 Autos.id – Meningkatnya eksistensi kendaraan listrik di Indonesia, terus mendorong minat masyarakat untuk beralih kepada jenis kendaraan yang...

Mobil

Last updated on 19 April, 2024 Autos.id – Awal April lalu, GAC Aion New Energy Automobile Co,. Ltd resmi menandatangani kerja sama distribusi mobil...

Mobil

Last updated on 1 Juni, 2024 Autos.id – Seiring dengan berjalannya waktu, kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan dan efisiensi bahan bakar terus meningkat. Minat...

error: Content is protected !!