Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Saingan Tesla, GAC Aion Hyper HT Layak Untuk Dilirik di Pasaran EV

GAC Aion Hyper HT_1a
GAC Aion Hyper HT.

Last updated on 22 April, 2024

Autos.id – Selain GAC Aion Y Plus, pabrikan otomotif asal Tiongkok yang sudah bekerja sama dengan Indonesia juga akan memasarkan produk mobil listriknya, yakni Hyper HT. Ini merupakan salah satu dari keempat produk yang akan didistribusikan di pasar Indonesia. Sebelum masuk di tanah air, produk ini sudah terlebih dahulu mengaspal di Thailand melalui Bangkok International Motor Show 2024. Produk tersebut menjadi terobosan utama produk GAC Aion masuk ke pasar otomotif Thailand. Penasaran bagaimana performa yang ditawarkan oleh pabrikan Tiongkok? Simak spesifikasi lengkapnya berikut ini.

Desain Eksterior yang Futuristis

GAC Aion Hyper HT_2b

GAC Aion Hyper HT.

GAC Aion Hyper HT adalah sedan entry-level modern futuristis yang memiliki dimensi panjang 4.935 milimeter, lebar 1.920 milimeter, dan tinggi 1.700 milimeter. Mobil listrik ini memiliki jarak sumbu roda 2.935 milimeter. Ukurannya hampir mirip dengan Tesla Model X, namun lebih kecil.

Secara keseluruhan, sedan 5 seater ini minim lekukan di bagian bodinya. Di bagian depan, ujung kanan kiri kap mobil, terdapat headlamp LED berukuran cukup besar dan lampu bawah berbentuk vertikal tepat di bawahnya.

Tepat di bagian bawah logo, terdapat lekukan ke dalam yang menyerupai bentuk senyum. Tidak menggunakan komponen berwarna hitam, bumper Hyper HT dibuat dengan komponen berwarna silver.

Tidak kalah cantik dengan bagian depan, di bagian belakang stoplamp dibuat memanjang dari ujung kanan ke ujung kiri. Desain lampu belakangnya cukup unik, karena pabrikan mengadopsi bentuk daun yang disusun secara horizontal sebanyak tiga buah. Lalu tepat di bawahnya, terdapat lampu tipis segaris yang dipasang mengelilingi lampu belakang tersebut dan mengunci runcing ke bagian stoplamp.

Mengintip Bagian Interiornya

GAC Aion Hyper HT_4d

GAC Aion Hyper HT.

Sementara itu, bagian kabinnya didominasi oleh kombinasi dua warna. Secara keseluruhan, kabin Hyper HT terbilang modern bersih karena minim tombol di area konsol tengah, setir, maupun dashboard. Interiornya dilapisi dengan kulit Nappa.

Jok depan dilengkapi dengan kursi pijat yang bisa memijat dalam 10 titik, sedangkan kursi belakang memiliki teknologi penghangat. Di bagian dashboard, terdapat kluster instrument digital 8,8 inci dan layar infotainment 14,6 inci.

Dibekali Spek Mesin yang Menjanjikan

GAC Aion Hyper HT_3c

GAC Aion Hyper HT.

Untuk tipe Hyper HT, pabrikan menawarkan empat pilihan baterai dengan motor listrik yang berbeda-beda. Pilihan pertama, ditenagai oleh baterai lithium iron phosphate dengan kapasitas 72,7 kWh dan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga hingga 241 hp dan torsi 355 Nm. Dengan performa itu, mobil listrik ini dapat berjalan hingga 600 kilometer jauhnya. Waktu akselerasinya hanya 6,8 detik dari nol hingga 100 km/jam.

Pilihan kedua, ditenagai oleh baterai 70 kWh dan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga hingga 241 hp dan torsi 355 Nm. Jarak tempuhnya berada di angka 550 kilometer. Meskipun begitu, pilihan baterai ini memungkinkan Anda mengganti baterai dengan cepat jika tidak dipasang baterai permanen. Sementara waktu pengisian dayanya hanya sekitar 10 menit.

Pilihan ketiga, ditenagai oleh baterai Nickel-Manganese Cobalt (NMC) dengan kapasitas 80 kWh dan motor listrik yang bisa menghasilkan tenaga hingga 355 hp dan torsi 430 Nm. Kekuatan tersebut memungkinkan mobil menempuh jarak hingga 670 kilometer dengan waktu akselerasi 5,8 detik saja dari nol hingga 100 km/jam.

Pilihan keempat, ditenagai oleh baterai MNC 93 kWh dan motor yang menghasilkan tenaga 340 hp dan torsi 430 Nm. Kombinasi tersebut bisa menjangkau jarak hingga 770 kilometer dan berakselerasi hanya dalam waktu 6,2 detik dari nol hingga 100 kilometer per jam.

Mobil listrik Hyper HT sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang mendukung ADAS. Mulai dari peringatan keberangkatan jalur, pengereman darurat otonom, control jelajah adaptif, dan lain sebagainya.

Di Thailand, produk dari GAC Aion tipe Hyper HT ini dibanderol seharga 1.999.900 baht atau setara dengan Rp 874.900.000. Lebih tinggi dibandingkan dengan harga yang dibanderol untuk pasar otomotif Tiongkok. Lebih lanjut, informasi tentang produk ini bisa didapatkan melalui website resmi GAC Aion.

 

Baca juga: Vinfast e34, Mobil Listrik Murah Berteknologi Mutakhir

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Mobil

Last updated on 19 April, 2024 Autos.id – Meningkatnya eksistensi kendaraan listrik di Indonesia, terus mendorong minat masyarakat untuk beralih kepada jenis kendaraan yang...

Mobil

Last updated on 19 April, 2024 Autos.id – Awal April lalu, GAC Aion New Energy Automobile Co,. Ltd resmi menandatangani kerja sama distribusi mobil...

MG

Last updated on 16 April, 2024 Autos.id – Tahun ini, pabrikan otomotif lokal kembali mengudara. MG berhasil meluncurkan produk terbaru mereka pada 10 Januari...

Mobil

Last updated on 16 April, 2024 Autos.id –¬†Setelah diperkenalkan pada Februari lalu, kini pabrikan otomotif asal Vietnam resmi menjual Vinfast (VF) e34 kepada seluruh...

error: Content is protected !!