Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Otoklix dan VinFast Bergandengan Buat Apa?

Autos.id – Mungkin ini terdengar asing namun apakah sebuah startup bengkel mobil memulai dengan mobil listrik? Sebuah jawaban menarik dengan contoh kasus antara Otoklix dan VinFast. Keduanya baru saja lakukan kerjasama untuk perawatan mobil listrik VinFast. Namun, detailnya sendiri belum jelas apakah ini kerjasama dalam perawatan atau memang menjadi bagian in-service dari VinFast Indonesia?

Tetapi dalam rilis resmi dari AC Venture, salah satu Investor Otoklix sendiri mengatakan kalau Otoklix dan VinFast sudah bekerjasama dalam menyediakan perbaikan dan perawatan mobil listrik mereka. Lantas, apa ini maksudnya Otoklix bertindak sebagai Service Centre VinFast di luar Jakarta atau seperti apa?

Kerjasama Membingungkan Antara Keduanya

Dari rilis resmi yang kami baca pun tidak ada temuan menarik soal kerjasama ini. Memang VinFast sendiri bakalan produksi mobil listrik di Indonesia dengan investasi sebesar US$ 1,2 Miliar dengan total produksi mencapai 50 ribu unit mobil listrik per tahun (Ralat bukan 60 ribu unit mobil listrik per tahun).

Otoklix dan Vinfast

Lantas dari statement Otoklix sendiri terutama oleh Martin Reyhan Surohusodo soal infrastruktur terutama servis dan charging station baterai terutama penukaran baterai mobil. “Indonesia adalah satu dari sedikit negara yang secara aktif mendukung kendaraan listrik. Sebuah komitmen dengan harapan akan berlanjut dan berfokus ke infrastruktur penting seperti perluas jaringan SPKLU dan opsi pembiayaan.”

Satu sisi Martin pun menyinggung bagaimana pabrikan lain bisa melakukan infrastruktur seperti pabrikan mobil listrik lainnya. “SPKLU di Indonesia sendiri masih memerlukan modal besar untuk pembangunannya. Namun, di Tiongkok saja ada yang gunakan pertukaran baterai di mana ini contoh nyata sekaligus pelajaran buat pemerintah. Sekaligus investor global berharap soal kejelasan regulasi penjualan listrik secara komersial dan ini juga jadi tantangan buat PLN dan penyedia layanan pengisian listrik pihak ketiga,” ucap Martin.

Satu sisi Otoklix Siapkan SDM untuk Perawatan Kendaraan Listrik

Memang peranan dari Otoklix sendiri adalah menyiapkan SDM mereka untuk perawatan mobil listrik. Mungkin saja VinFast adalah jalan pembuka namun banyaknya mobil listrik lainnya bisa jadi jalan baru untuk Otoklix hadirkan solusi baru untuk kendaraan listrik di Indonesia.

Mungkin kita tunggu gebrakan mereka di Indonesia soal industri kendaraan listrik ini berikutnya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Mobil

Autos.id – Kebetulan sekali pabrikan asal Vietnam, VinFast Auto mengumumkan kalau mereka berpartisipasi dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2024. Berlangsung dari 18-28...

Mobil

Autos.id – Sebuah logika terbaru soal Vinfast VF5, kali ini mereka hadirkan dua pilihan untuk konsumen. Jujur, pertama kali kami terkejut akan dua pilihan...

Mobil

Last updated on 22 April, 2024 Autos.id – Selain GAC Aion Y Plus, pabrikan otomotif asal Tiongkok yang sudah bekerja sama dengan Indonesia juga...

Mobil

Last updated on 19 April, 2024 Autos.id – Meningkatnya eksistensi kendaraan listrik di Indonesia, terus mendorong minat masyarakat untuk beralih kepada jenis kendaraan yang...

error: Content is protected !!