Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Karena Resiko Kebakaran, Ford Bronco Terkena Recall

Karena Resiko Kebakaran, Ford Bronco Terkena Recall

Selain Ford Bronco, beberapa mobil SUV seperti Ford Escape juga terdampak recall karena masalah yang kurang lebih mirip-mirip dan berpotensi menyebabkan kebakaran.

Autos.id – Kabar kurang menyenangkan datang dari brand otomotif asal Amerika Serikat, Ford. Baru-baru ini, salah satu mobil SUV ikonik mereka yaitu Bronco harus mengalami recall atau penarikan unit kembali. Mobil yang menjadi pesaing utama Jeep Wrangler ini diduga mudah terbakar sehingga Ford menegeluarkan pemberitahuan recall untuk unit Bronco yang ada diseluruh dunia.

Masalah injektor bahan bakar yang retak sehingga menjadi sumber terjadi kebakaran menjadi penyebab utama Ford Bronco terkena recall.

Karena Resiko Kebakaran, Ford Bronco Terkena Recall

Detail Recall Ford Bronco

Dilansir dari Carscoops pada Jumat (25/11/2022), selain Bronco, beberapa mobil lainnya yang berjenis SUV juga terdampak recall yang sama. Total ada sekitar 634 unit mobil SUV Ford yang terkena recall kali ini. Selain Ford Bronco, Ford Escape juga menjadi produk mobil yang terdampak recall kali ini. Kedua mobil yang terdampak recall ini sama-sama merupakan model tahun 2020 hingga 2023.

Kebocoran pada injector bahan bakar yang terbakar ini berpotensi menyebabkan adanya uap di dekat permukaan panas yang bisa berpotensi terjadi kebakaran dibawah kap mesin. Selain itu, rumah pemisah oli yang retak juga berpotensi menyebabkan kebakaran di area kap mesin.

Dalam recall kali ini, Ford akan memberikan pembaharuan pada sistem perangkat lunak atau software yang kini bisa mendeteksi kebocoran pada injektor. Selain itu, pihak delaer akan mengganti bagian injektor dan pemisah tempat oli yang menjadi sumber kebakaran ini dengan bahan yang jauh lebih kuat.

Karena Resiko Kebakaran, Ford Bronco Terkena Recall

Tidak sampai disitu, pihak Ford juga akan memasang tabung penguras BBM dari kepala silinder yang kini diletakan jauh dari permukaan. Selain itu tabung penguras BBM ini akan mendeteksi bau BBM yang berlebihan sehingga bisa dilakukan langkah pencegahan agar mobil tidak mudah terbakar.

Dalam recall ini selain 520 ribuan unit yang dijual di Amerika Serikat, ada sekitar 114 ribuan unit baik itu Escape maupun Bronco di negara lain yang juga terkena recall. Dan sejauh ini Ford menemukan adanya 54 laporan kebakaran dari kedua mobil ini. Dan untuk recall kali ini, Ford tidak memberikan tambahan biaya apapun untuk segala proses pergantian part-part yang terdampak recall ini.

Berbicara mengenai unit yang ada di Indonesia, meskipun tidak dijual secara resmi di tanah air, namun ada beberapa unit Ford Bronco yang beredar di tanah air dengan status mobil importir umum. Meskipun begitu belum diketahui apakah unit yang ada di Indonesia ini terkenal recall atau tidak.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Kasus mobil terbakar ini bukanlah pertama kali di alami Ford karena sebelumnya Ford Expedition dan SUV Lincoln Navigator pernah mengalami masalah serupa. Autos.id –...

Mobil

Beberapa negara seperti Inggris dan Australia kemungkinan besar tidak akan mendapatkan Ford Bronco generasi terbaru ini. Autos.id – Salah satu mobil SUV yang dinantikan...

Berita Otomotif

Unit yang terdampak recall karena mobil yang mudah terbakar ini adalah Ford Expedition dan Lincoln Navigator produksi tahun 2021. Autos.id – Baru-baru ini, perusahaan...

Mobil

Sekitar 737 ribuan unit Ford yang terpaksa di recall ini berkaitan dengan kebocoran oli serta masalah pada modul software untuk sistem pengereman yang berpotensi...