Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Berpotensi Terbakar, 100 Ribu Unit Mobil Ford Terkena Recall Di Amerika Serikat

Berpotensi Bisa Terbakar, 100 Ribu Unit Mobil Ford Terkena Recall Di Amerika Serikat
Ford Escape

Kasus mobil terbakar ini bukanlah pertama kali di alami Ford karena sebelumnya Ford Expedition dan SUV Lincoln Navigator pernah mengalami masalah serupa.

Autos.id – Baru-baru ini, produsen otomotif asal Amerika Serikat, Ford terpaksa melakukan recall pada pada sekitar 100 ribuan unit mobil mereka di Amerika Serikat. Mobil yang mudah terbakar menjadi penyebab utama Ford terpaksa melakukan recall kali ini.

Mobil-mobil yang terkena Recall kali ini semuanya merupakan mobil-mobil berteknologi Hybrid yang ternyata berpotensi mudah terbakar.

Berpotensi Bisa Terbakar, 100 Ribu Unit Mobil Ford Terkena Recall Di Amerika Serikat

Ford Maverick

Mobil Yang Terdampak Recall

Seperti yang dilansir oleh Reuters pada Sabtu (9/7/2022), beberapa unit mobil Hybrid menjadi yang terdampak pada recall kali ini. Beberapa diantaranya seperti Escape, Maverick, serta Lincoln Corsair produksi tahun 2020 hingga 2022. Semua mobil ini menggunakan mesin Hybrid dan Plug-In Hybrid berkapasitas 2.500 cc.

Ford dalam rilis resminya menyebutkan mobil yang mengalami kegagalan mesin, akan mengakibatkan sebagian besar oli mesin dan uap BBM yang dilepaskan bisa menumpuk di dekat sumber pembakaran. Hal tersebut berpotensi membuat adanya potensi kebakaran di bawah kap mesin sangat besar serta sangat mengkhawatirkan.

Mobil-mobil yang terkena recall ini nantinya akan diberikan modifikasi pada bagian Under Engine Shield serta Active Grille Shutter. Dengan dipasangnya beberapa alat ini akan mengurangi resiko mobil yang mudah tebakar. Selain itu Ford akan menyediakan suku cadang terbaru sebantak sepertiga kendaraan yang terkena recall ini dengan kipas pendingin sekitar 800 watt.

Berpotensi Bisa Terbakar, 100 Ribu Unit Mobil Ford Terkena Recall Di Amerika Serikat

Lincoln Corsair

Sedangkan untuk sistem pengdingin 700 watt, Ford belum menyediakan suku cadangnya setidaknya hingga bulan September mendatang. Ford juga menyebutkan bahwa masalah mobil yang mudah terbakar ini bisa ditelusuri dari perubahan lokasi manufaktur oleh pemasok mobil selama pandemic Covid-19.

Sebelum kasus recall mobil Hybrid ini, Ford juga menghadapi kasus serupa pada Ford Expedition 2021 serta SUV Lincoln Navigator sebanyak 27 ribuan unit. Recall tersebut terjadi setelah adanya 5 kasus kebakaran pada bagian kap mesin yang cukup mengkhawatirkan. Kedua kasus recall ini megharuskan para pemilik untuk memarkirkan mobil mereka di luar ruangan hingga masalah bisa teratas.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Unit yang terdampak recall karena mobil yang mudah terbakar ini adalah Ford Expedition dan Lincoln Navigator produksi tahun 2021. Autos.id – Baru-baru ini, perusahaan...

Mobil

Sekitar 737 ribuan unit Ford yang terpaksa di recall ini berkaitan dengan kebocoran oli serta masalah pada modul software untuk sistem pengereman yang berpotensi...

Berita Otomotif

Karena masalah wiper yang tidak berfungsi secara optimal serta motor wiper yang mudah terbakar membuat Ford melakukan recall pada ratusan ribu unit F-150. Autos.id...

Ford

Ford Fusion Energi plug-in hybrid menawarkan kemampuan jelajah hingga 982 km tanpa perlu mengisi ulang jika kondisi baterai full daya dan tangki full bahan...