Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Terkait Belasan Laporan Kebakaran, Ford Recall 39 Ribu Mobil SUV Di AS

Ada 16 Laporan Kebaran, Ford Recall 39 Ribu Mobil SUV Di Amerika Serikat
Ford Expedition

Unit yang terdampak recall karena mobil yang mudah terbakar ini adalah Ford Expedition dan Lincoln Navigator produksi tahun 2021.

Autos.id – Baru-baru ini, perusahaan otomotif terkemuka Amerika Serikat, Ford Motor Company melaporkan adanya 16 kasus kebakaran pada mobil-mobil SUV mereka di Amerika Serikat. Akibat hal tersebut membuat Ford tepaksa melakukan recall atau penarikan unit kembali sekitar 39 ribu unit mobil SUV mereka di Amerika Serikat.

Masalah kebakaran tersebut dipicu akibat kebakaran bagian kompartemen mesin saat mobil berada diparkiran atau saat sedang berjalan.

Ada 16 Laporan Kebaran, Ford Recall 39 Ribu Mobil SUV Di Amerika Serikat

Lincoln Navigator

Beberapa Mobil Yang Terdampak Recall

Seperti yang dilaporkan Reuters pada Kamis (19/5/2022), Ford Motor Company menyebut beberapa produk yang terdampak recall ini semuanya adalah mobil SUV. Mobil-mobil tersebut diantaranya Ford Expedition serta Ford Lincoln Navigator produksi tahun 2021 silam. Diduga kasus kebakaran dipicu karena salah satu kompartemen mesin yang mudah terbakar karena penggunaan bahan yang tidak sesuai standar.

Dari 16 laporan kebakaran yang sudah diterima pihak Ford Motor Company, setidaknya sudah ada 1 korban luka akibat kebakaran tersebut. Meskipun begitu, Ford tidak menemukan adanya laporan kecelakaan yang diakibatkan oleh kebakaran kompartemen mesin tersebut.

Ford juga menyebut bahwa dari 16 laporan kebakaran yang terjadi, 14 diantaranya dimiliki oleh perusahaan penyewaan mobil dan bukan milik pribadi. Ford sendiri juga sudah memberikan surat pengumuman recall kepada para konsumen Ford Expedition dan Lincoln Navigator yang terdampak recall ini.

Ada 16 Laporan Kebaran, Ford Recall 39 Ribu Mobil SUV Di Amerika Serikat

Ford Expedition

Sepanjang tahun 2022 ini, Ford sudah mengeluarkan sekitar 30 pengumuman recall dengan total unit yang terdampak mencapai 3,5 juta unit khusus di Amerika Serikat. Jika dibandingkan dengan beberapa produsen lainnya, Ford merupakan produsen otomotif yang paling banyak melakukan recall dalam 5 bulan pertama tahun ini di negeri Paman Sam tersebut.

Baru-baru ini, Ford juga melakukan recall pada sekitar 310 ribuan unit mobil Truck dan Double Cabin mereka karena masalah pemutusan listrik akibat deby yang menumpuk pada bagian clockspring. Akibatnya membuat listrik tiba-tiba terputus dan berakibat fungsi airbag tidak berfungsi secara normal.

Kasus recall Ford lainnya di Amerikat Serikat yaitu adanya malfungsi perangkat lunak pada Ford Mustang Mach-E 461 produksi tahun 2021. Kesalahan perangkat lunak tersebut terjadi karena perangkat Powertrain Control Modul mobil ini gagal mendeteksi kesalahan pada sistem mobil dan mengakibatkan akselerasi mobil tidak bekerja seperti yang seharusnya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Selain Ford Bronco, beberapa mobil SUV seperti Ford Escape juga terdampak recall karena masalah yang kurang lebih mirip-mirip dan berpotensi menyebabkan kebakaran. Autos.id –...

Berita Otomotif

Kasus mobil terbakar ini bukanlah pertama kali di alami Ford karena sebelumnya Ford Expedition dan SUV Lincoln Navigator pernah mengalami masalah serupa. Autos.id –...

Mobil

Sekitar 737 ribuan unit Ford yang terpaksa di recall ini berkaitan dengan kebocoran oli serta masalah pada modul software untuk sistem pengereman yang berpotensi...

Berita Otomotif

Karena masalah wiper yang tidak berfungsi secara optimal serta motor wiper yang mudah terbakar membuat Ford melakukan recall pada ratusan ribu unit F-150. Autos.id...

error: Content is protected !!