Berita Otomotif

BMW Tertarik Beli Pabrik Honda untuk Produksi Model X1

Honda akan menutup pabriknya di Inggris pada 2021 dan BMW siap mengambil alih fasilitasnya.

Autos.id  – Produsen otomotif asal Jerman, Bayerische Motoren Werke atau BMW dikabarkan tertarik membeli pabrik Honda, di Swindon, Wiltshire, Inggris, demi meningkatkan kapasitas produksi. BMW disebut tertarik membeli pabrik Honda agar memasarkan lebih banyak kendaraan ke Inggris.

Bahkan sebuah laporan mengatakan produsen mobil Jerman ini sedang dalam tahap diskusi untuk mulai mengambil alih pabrik pada 2021. Rencananya, di sinilah BMW X1 yang menjadi salah satu model terlaris di Inggris akan dirakit.

Saat ini, BMW sudah memproduksi Mini di pabrik Oxford, Oxforshire, Inggris. Sayangnya, tidak ada ruang lebih untuk kapasitas tambahan.

B-Class, Compact Car Ideal dari Mercedes-Benz yang Kian Canggih

Sehingga BMW harus mengontrak sejumlah besar tenaga kerja untuk memproduksi Mini di pabrik VDL Nedcar, Belanda. Tahun lalu, pabrik Belanda membangun lebih dari 200 ribu unit kendaraan, termasuk BMW X1 yang diproduksi sejak 2017.

Sedangkan langkah mengakuisisi pabrik Swindon bisa menjadi langkah strategis bagi BMW. Pasalnya, produsen ini memang sudah memiliki pabrik pengepresan di dekat Swindon, pabrik mesin di Hams Hall, Birmingham, dan fasilitas perakitan kendaraan di Oxford. Ini disebakan karena meningkat permintaan X1 terhitung lebih dari 13% dari seluruh penjualan BMW global.

Sebagai informasi, pada Februari 2019, Honda telah mengumumkan akan menutup pabrik mereka di Swindon, Inggris pada 2021.

Hal ini tentu menjadi pukulan telak bagi industri otomotif di negeri Ratu Elizabeth II. Sebab fasilitas pabrik Honda mampu mencetak 150 ribu unit mobil per tahun dan mempekerjakan sekitar 3.500 orang pekerja.

Petunjuk lain bahwa BMW sedang bersiap untuk mengalokasikan kembali produksi UKL muncul di situs web perusahaan VDL, di mana ia menyatakan mengharapkan lebih sedikit pesanan dari BMW tahun depan dan, mungkin, pada tahun-tahun selanjutnya. Perusahaan telah mengurangi tenaga kerjanya yang fleksibel oleh lebih dari 1000 karyawan.

The Newest Lexus UX, Secantik Sang Chief Engineer Lexus

Sedangkan di Indonesia sendiri, All New X1 telah diluncurkan bulan Mei 2016 lalu. Generasi kedua dari X1 ini sudah dirakit lokal yakni di pabrik BMW, Sunter, Jakarta Utara.

BMW Group Indonesia menawarkan x1 dalam dua varian, yaitu X1 sDrive 18i dan BMW X1 sDrive 18i xLine. Ini sebagai bukti komitmen BMW Group Indonesia dalam menambah jajaran model kendaraan yang dirakit di dalam negeri, khusus untuk pasar Indonesia.

 

 

Sumber & Foto  :   Autocar.com

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top