Connect with us

Hi, what are you looking for?

BMW

BMW X1 2018: Kelebihan dan kekurangannya

BMW X1 2018.
BMW X1 2018. (Sumber: YouTube BMW)

BMW X1 dipasarkan di Indonesia dan memiliki berbagai kelebihan dan kekurangannya untuk segmen SUV.

Autos.id – BMW X1 terbaru adalah SUV subkompak dan mewah yang telah diproduksi di Indonesia, menjadikannya lebih terjangkau bagi pasar lokal. Mobil ini dapat menampung hingga 5 penumpang dan memiliki dimensi yang lebih besar, memberikan kabin yang lapang.

Dengan konsep Sport Activity Vehicle (SAV), BMW X1 memiliki dimensi panjang 4.439 mm, lebar 1.821 mm, dan tinggi 1.598 mm. Generasi terbaru ini mengalami banyak penyegaran baik dari segi interior maupun eksterior.

 

Spesifikasi BMW X1 2018

Bagian belakang BMW X1 2018.

Bagian belakang BMW X1 2018. (Sumber: Cars Guide)

Dimensi:
– Panjang x Lebar x Tinggi: 4.439 mm x 1.821 mm x 1.598 mm
– Jarak Poros Roda: 2670 mm
– Jarak Pijak Depan: 1561 mm
– Jarak Pijak Belakang: 1562 mm

Berat: 2005 kg

Tanki: 51 L

Mesin:
– Isi Silinder: 1499 cc
– Jumlah Silinder: 3
– Tenaga Maksimal: 136 hp
– Torsi Maksimal: 220 Nm

Transmisi: 6-speed

Sasis:
– Suspensi Depan: Adaptive Suspension
– Suspensi Belakang: Adaptive Suspension
– Ukuran Pelek: R18
– Ban: 225/50 R18

Kelebihan BMW X1 2018

Dasbor BMW X1 2018.

Dasbor BMW X1 2018. (Sumber: Autocar India)

1.Desain Sporty dan Elegan: BMW X1 sDrive18i xLine menampilkan desain yang sporty dan elegan. Grill kidney baru yang lebih lebar, lampu depan adaptif untuk visibilitas malam yang lebih baik, dan fog lamp di bagian bawah bumper memberikan kesan yang menawan. Bagian sampingnya juga diperindah dengan perubahan pada side skirt dan aksen lampu yang memberikan tanda X1 saat membuka pintu.

2.Kabin yang Luas: Interior BMW X1 sDrive18i xLine menawarkan ruang yang lebih lega untuk 4 hingga 5 penumpang dengan material yang nyaman dan desain ergonomis. Sistem infotainment 8,8 inci dengan layar sentuh semakin memanjakan penumpang.

3.Steering Tilt-Telescopic: Stir BMW X1 sDrive18i xLine dilengkapi dengan fitur tilt-telescopic yang memudahkan pengemudi menyesuaikan posisi stir sesuai kenyamanan. Dilengkapi dengan lapisan kulit dan tombol multi-fungsi, pengemudi dapat mengoperasikan berbagai fitur dengan mudah.

4.Transmisi Bergaya Joystick: BMW X1 sDrive18i xLine menggunakan tuas transmisi bergaya joystick yang memberikan sentuhan kemewahan dan praktis bagi pengguna sehari-hari.

5.Jok Ergonomis: Jok BMW X1 sDrive18i xLine terbuat dari kulit artificial berkualitas tinggi yang memberikan kenyamanan ekstra. Pengaturan elektrik dan fitur memori memungkinkan pengemudi menyimpan preferensi pengaturan kursi.

Baca juga: Mobil Klasik BMW E30: Spesifikasi dan Harga Bekasnya

Jok belakang BMW X1 2018.

Jok belakang BMW X1 2018. (Sumber: BMW of Ridgefield)

6.Mesin Irit BBM: Mesin 1.5 liter dengan tenaga maksimal 140 hp dan torsi puncak 220 Nm menjadikan BMW X1 sDrive18i xLine hemat bahan bakar. Konsumsi BBM yang efisien membuatnya cocok untuk penggunaan sehari-hari.

7.Fitur Canggih: BMW X1 sDrive18i xLine dilengkapi dengan fitur canggih seperti Apple CarPlay wireless, suspensi adaptif, dan berbagai sistem keselamatan termasuk airbag, seatbelt 3 titik dengan Tensioner dan Belt Force Limiter, serta Dynamic Stability Control.

8.Bagasi Luas: Kapasitas bagasi BMW X1 sDrive18i xLine mencapai 505 liter dengan kemampuan memperluas hingga 1.550 liter. Fitur ban flat tire dan kursi baris kedua yang bisa dimajukan secara elektrik menambah kenyamanan dan fleksibilitas dalam penggunaan bagasi.

Kekurangan BMW X1 2018

Mesin BMW X1 2018.

Mesin BMW X1 2018. (Sumber: YouTube)

1.Harga Beli Baru yang Mahal: Harga BMW X1 yang mencapai Rp850 jutaan mungkin menjadi hambatan bagi konsumen yang tertarik untuk membelinya.

2.Performa Mesin Kurang: Mesin 3-silinder BMW X1 hanya mengeluarkan 138 hp, performa yang relatif rendah dibandingkan dengan pesaingnya.

3.Menggunakan FWD: Penggunaan sistem penggerak roda depan (FWD) pada BMW X1 dapat menyebabkan masalah kaki-kaki dan resiko understeer yang cukup besar.

4.Suara Mesin Berisik: Suara mesin yang cukup bising dari mesin 3-silinder dapat mengurangi kenyamanan pengemudi dan penumpang.

5.Eksklusivitas Bengkel BMW: Keterbatasan dealer dan bengkel resmi BMW, terutama di luar kota-kota besar, dapat menjadi masalah bagi pemilik BMW X1.

6.Wheelbase Lebih Pendek: BMW X1 memiliki wheelbase yang lebih pendek dari model sebelumnya, yang dapat memengaruhi kenyamanan dan stabilitas berkendara.

7.Hanya Satu Varian Tersedia: Di Indonesia, hanya varian BMW X1 sDrive18i xLine yang tersedia, dengan perbedaan dalam fitur-fitur dan desain eksterior.

8.Harga Jual Rendah: Meskipun harganya mahal saat dibeli baru, harga jual kembali BMW X1 cenderung rendah, yang dapat merugikan pemiliknya dalam jangka panjang.

Baca juga: Mengenal Honda CR-Z: Spesifikasi, Kelebihan dan Harga

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Mobil

Autos.id – Menghadirkan kualitas mobil yang nyaman, memiliki spek tinggi, dan juga kenyamanan yang tinggi, pabrikan BMW memang selalu memberikan pilihan mobil yang menarik...

Mobil

Autos.id – Bagi para pecinta otomotifnya, mobil pabrikan asal negeri Jerman yaitu BMW merupakan salah satu kendaraan yang cukup menarik untuk diketahui. Memiliki spesifikasi...

Mobil

Autos.id – BMW sepertinya ingin menghadirkan sebuah kendaraannnya yang menarik dan juga berkelas baik dari segi desain maupun performa bagi para pecinta otomotifnya. Hal...

BMW

Autos.id – Pabrikan otomotif asal Jepang yaitu BMW telah hadirkan model mobil sport terbarunya yang siap untuk bersaing di pasaran otomotifnya. Mobil dengan tampilan...

error: Content is protected !!