Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Bikin SIM di Negara Ini Harus Tes Mata dan Urine

SIM Digital
SIM Fisik Tetap Dipertahankan

Penerbitan SIM di negara ini makin diperketat karena untuk pengemudi muda yang ingin memiliki SIM wajib melakukan tes mata dan urine untuk memastikan kesehatannya.

Malaka, Autos.id – Aturan penerbitan lisensi mengemudi seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) makin diperketat di beberapa negara. Contohnya di negara ini yang mewajibkan para calon pembuat SIM baru harus melakukan tes mata dan urine.

Demikian laporan dari The Sun Daily yang menulis jika Majlis Keselamatan Jalanraya (MKJR) Negeri Melaka telah mengusulkan kepada pemerintah Malaysia untuk menetapkan aturan tes urine untuk para pengemudi muda yang ingin memiliki SIM.

Usulan pemeriksaan kesehatan wajib ini diberikan karena MKJR melihat para pengemudi muda kerap mengemudikan kendaraan dalam keadaan di bawah pengaruh alkohol atau obat terlarang. Akibatnya resiko kecelakaan jalan raya semakin tinggi, terutama yang melibatkan pengendara sepeda motor.

“Para pengemudi muda kerap mengemudikan kendaraan dalam keadaan di bawah pengaruh alkohol atau obat terlarang. Akibatnya resiko kecelakaan jalan raya semakin tinggi”

Selain tes urine, para pemilik lisensi berkendara yang sudah memasuki usia 60 tahun ke atas dan ingin memperpanjang atau membuat SIM baru juga dikenakan wajib tes mata. Hal ini juga dalam menjamin keselamatan di jalan raya.

SIM

Tes Urine untuk Pengendara Muda

 

“Proposal ini kami ajukan untuk para pengemudi tua, karena mereka berada pada resiko terlibat kecelakaan yang tinggi karena gangguan fungsional dari organ penglihatan mereka,” kata Wakil Menteri Transportasi Malaysia, Datuk Aziz Kaprawi.

Aziz juga menambahkan jika asuransi kecelakaan bermotor di Negeri Jiran itu tidak meng-cover pengemudi dengan usia 65 tahun ke atas. “Kami telah berdiskusi dengan lembaga terkait tentang kebijakan bari para pengemudi lanjut usia ini,” jelas dia.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Tips

Sering mengeluh tak lolos bikin SIM baru atau pernah bikin SIM namun gagal terus? Eits, kamu wajib baca tips lolos buat SIM ini! Jakarta,...

Berita Otomotif

Sebuah institusi penerbit surat izin mengemudi di Inggris tengah merancang SIM digital agar bisa disimpan dalam sebuah aplikasi di ponsel atau tablet. London Autos.id...