Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Preview Formula E London ePrix: Persaingan Panas Menjelang Akhir Musim

Preview Formula E London ePrix: Persaingan Panas Menjelang Akhir Musim

Seri London ePrix merupakan 2 seri venue terakhir di musim 2021-22 ini dengan hadirnya 2 balapan utama yang akan berlangsung sepanjang akhir pekan ini.

Autos.id – Formula E musim 2021-22 akan memasuki 4 balapan terakhir atau 2 seri balapan tersisa. Akhir pekan ini, ExCel London Exhibition Hall akan menjadi tuan rumah seri London ePrix. Seri London ePrix ini merupakan salah satu seri terunik dengan setengah area sirkuit berlangsung indoor dan setengah area lainnya berada di luar ruangan disekitar area ExCel London.

Hingga seri New York ePrix kemarin, pembalap tim Mercedes-EQ Stoffel Vandoorne berada di urutan teratas klasmen pembalap dengan 4 balapan tersisa.

Preview Formula E London ePrix: Persaingan Panas Menjelang Akhir Musim

Persaingan Gelar Juara Dunia Yang Memanas

Setelah berakhirnya seri New York ePrix 2 pekan lalu, Stoffel Vandoorne kembali merebut posisi puncak klasmen yang sebelumnya sempat direbut pembalap tim Venturi, Edoardo Mortara. Meskipun begitu, Vandoorne yang merupakan mantan pembalap F1 hanya unggul 11 poin dari Mortara yang saat ini membuntuti di belakangnya. Vandoorne sudah mengumpulkan 155 poin, sedangkan Mortara dengan 144 poin.

Terlebih selain Vandoorne dan Mortara masih ada beberapa pembalap lainnya yang masih memiliki peluang merebut gelar juara dunia musim ini. Pembalap tim Jaguar, Mitch Evans saat ini berada di urutan ketiga klasmen sementara dengan selisih yang tidak begitu jauh dengan mengumpulkan 139 poin. Serta pembalap tim DS Techeetah, Jean-Eric Vergne yang berada dibelakangnya dengan 128 poin.

Hal tersebut membuat persaingan gelar juara dunia musim ini masih terbuka lebar bagi keempat pembalap ini. Yang perlu diingat adalah masih ada 4 balapan tersisa di 2 seri tersisa di London dan Seoul yang tentu akan kembali merubah jalannya persaingan gelar juara dunia musim ini yang tentunya sangat menarik untuk dinanti.

Preview Formula E London ePrix: Persaingan Panas Menjelang Akhir Musim

Sekilas London ePrix

Seri London ePrix ini sebenarnya sudah ada sejak awal kemunculan ajang balap mobil listrik ini pada tahun 2015. Saat itu London ePrix berlangsung di Sirkuit Jalan Raya Battersea Park di tengah kota London pada tahun 2015 dan 2016. Setelah itu seri London ePrix sempat absen dari kalender selama beberapa tahun sebelum akhirnya di tahun 2021 silam seri London ePrix kembali digelar.

Kali ini sebuah Exhibition Hall terkenal di London, ExCel London menjadi venue terbaru seri Formula E London ePrix selama 2 tahun terakhir ini. Seri London ePrix di ExCel London ini merupakan salah satu seri terunik dalam sejarah Formula E. Karena untuk pertama kalinya, balapan Formula E di gelar di area dalam ruangan atau indoor.

Total ada 23 tikungan di Sirkuit ExCel London ini yang sekitar 50% diantaranya berada di dalam ruangan. Sedangkan 50% persen lainnya menggunakan lahan parkir ExCel London dengan berbagai tipe tikungan yang unik. Tahun lalu, pembalap tim BMW Andretti, Jake Dennis menyapu bersih 2 balapan London ePrix yang berlangsung tahun lalu.

Balapan pertama London ePrix akan berlangsung pada hari Sabtu sore (30/7/2022) waktu setempat dan balapan kedua akan berlangsung keesokan harinya. Nantinya di Sabtu dan Minggu pagi akan digelar sesi kualifikasi yang akan menentukan posisi start untuk 2 balapan yang berlangsung tersebut. Siapa yang akan menjadi yang terbaik di London ePrix akhir pekan ini? Sangat menarik untuk dinantikan pastinya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Ini merupakan gelar juara dunia Formula E pertama bagi Stoffel Vandoorne raihan gelar juara dunia pembalap dan konstruktor kedua secara beruntun bagi tim Mercedes-EQ...

Balap

Kemenangan pada race kedua Formual E seri New York City ePrix ini adalah yang pertama diraih Antonio Felix Da Costa sepanjang musim ini. Autos.id...

Balap

Ini merupakan kemenangan pertama Nick Cassidy diajang balap Formula E semenjak keikutsertaan pertamanya pada musim 2021 silam. Autos.id – Race pertama seri Formula E...

Berita Otomotif

Seri New York ePrix merupakan 3 seri terakhir menjelang akhir musim dengan menghadirkan 2 balapan sepanjang akhir pekan ini. Autos.id  – Formula E musim...