Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Penuh Drama, Nick Cassidy Juarai Race Pertama Formula E Seri New York ePrix

Penuh Drama, Nick Cassidy Memenangi Race Pertama Formula E Seri New York ePrix

Ini merupakan kemenangan pertama Nick Cassidy diajang balap Formula E semenjak keikutsertaan pertamanya pada musim 2021 silam.

Autos.id – Race pertama seri Formula E New York City ePrix telah dilangsung pada Sabtu sore (16/7/2022) atau Minggu dini hari WIB. Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Jalan Raya Brooklyn tersebut, pembalap tim Envision Racing, Nick Cassidy keluar sebagai pemenang balapan yang penuh drama dengan hadirnya 2 kali Red Flag dan cuaca hujan ditengah perlombaan.

Melengkapi posisi podium ada pembalap tim Venturi, Lucas Di Grassi rekan setim Cassidy di tim Envision Racing, Robin Frijns.

Penuh Drama, Nick Cassidy Memenangi Race Pertama Formula E Seri New York ePrix

Jalannya Balapan

Balapan pertama seri New York City ePrix direncanakan akan berlangsung selama 45 menit. Selepas start, Nick Cassidy yang start dari pole position langsung melesat dan mempertahankan posisi terdepannya. Sementara itu duel seru melibatkan beberapa pembalap dibelakang Cassidy seperti Lucas di Grassi, Sebastien Buemi (Nissan e.dams) serta Stoffel Vandoorne (Mercedes-EQ).

Pada lap-lap awal, terjadi insiden yang melibatkan beberapa pembalap seperti pembalap tim DS Techeetah, Jean-Eric Vergne yang melorot hingga ke posisi 14. Saat balapan memasuki menit ke 15, Cassidy masih memimpin balapan disusul Di Grassi dan Buemi. Sedangkan Vandoorne dan Robin Frinjs bertarung memperebutkan posisi keempat.

Pada pertengah lomba dimenit 20, terjadi insiden yang melibatkan pembalap tim Mahindra, Alexander Sims dan pemimpin klasmen sementara, Edoardo Mortara yang membeli tim Venturi. Kedua pembalap ini bersenggolan di harpin, meskipun begitu kedua pembalap masih sanggup melanjutkan balapan.

Lalu setelah itu, Lucas Di Grassi memanfaatkan FanBoost untuk bisa mendekati Cassidy, namun sayangnya, Stoffel Vandoorne yang naik ke posisi 3 berhasil menyalip Di Grassi pada menit ke 25. Lalu Di Grassi harus melorot ke posisi keempat setelah ia disalip oleh Robin Frinjs.

Lalu memasuki menit ke 25, balapan harus dihentikan karena hujan tiba-tiba mengguyur sirkuit. Lalu bendera merah tanda balapan dihentikan tersebut harus dikibarkan akibat beberapa pembalap yang menabrak tembok ditengah cuaca yang tiba-tiba hujan tersebut. Setelah hujan mereda, balapan kembali dilanjutkan dengan Robin Frinjs berhasil mengambil alih pimpinan lomba selepas restart.

Tidak lama berselang beberapa pembalap seperti Nick Cassidy, Stoffel Vandoorne, Lucas Di Grassi dan Pascal Wehrlein (Porsche) babalas ditikungan keenam akibat melibas genangan air. Akibatnya Red Flag harus kembali dikibarkan. Setelah itu balapan diputuskan tidak kembali dilanjutkan mengingat kondisi sirkuit yang cukup membahayakan ditengah cuaca hujan deras tersebut.

Penuh Drama, Nick Cassidy Memenangi Race Pertama Formula E Seri New York ePrix

Sesuai dengan pasal 41.9 regulasi olahraga, jika balapan tidak dilanjurkan, maka hasil balapan diambil pada 2 lap akhir sebelum balapan dihentikan. Dengan begitu, Nick Cassidy yang akhirnya keluar sebagai pemenang race pertama seri New York City ePrix tersebut. Ini merupakan kemenangan pertama pembalap asal Selandia Baru tersebut diajang balap mobil listrik tersebut.

Posisi kedua ditempati Lucas Di Grassi dan rekan setim Cassidy, Robin Frinjs yang memimpin balapan sebelum red flag kedua, harus puas finish diposisi ketiga. Pembalap tim Mercedes, Stoffel Vandoorne merebut posisi keempat didepan pemimpin klasmen sementara, Edoardo Mortara yang harus puas finish di posisi kelima.

Diklasmen sementara, Edoardo Mortara masih memimpin klasmen pembalap dengan 142 poin. Pembalap asal Swiss tersebut hanya unggul 5 poin atas Stoffel Vandoorne diposisi kedua. Pemenang race pertama New York City ePrix, Nick Cassidy masih berada diposisi 11 dengan 44 poin. Race kedua dari seri New York City ePrix akan dilangsungkan Minggu siang (17/7/2022) waktu setempat atau Senin dini hari WIB.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Ini merupakan gelar juara dunia Formula E pertama bagi Stoffel Vandoorne raihan gelar juara dunia pembalap dan konstruktor kedua secara beruntun bagi tim Mercedes-EQ...

Balap

Seri London ePrix merupakan 2 seri venue terakhir di musim 2021-22 ini dengan hadirnya 2 balapan utama yang akan berlangsung sepanjang akhir pekan ini....

Balap

Kemenangan pada race kedua Formual E seri New York City ePrix ini adalah yang pertama diraih Antonio Felix Da Costa sepanjang musim ini. Autos.id...

Berita Otomotif

Seri New York ePrix merupakan 3 seri terakhir menjelang akhir musim dengan menghadirkan 2 balapan sepanjang akhir pekan ini. Autos.id  – Formula E musim...