Truk Semi otonom yang direncanakan produksinya oleh Tesla telah menjadi sampul depan berbagai macam instansi berita ketika terungkap beberapa tahun yang lalu.
Autos.id – Namun hal ini bukan berarti para kompetitor Tesla akan diam saja. Volvo Trucks yang berkedudukan di As sekarang memiliki sendiri pekerjaan yang tidak kalah menariknya dengan apa yang Tesla kerjakan. Volvo Trucks diam-diam membangun model VNR Elektrik sejak kuartal kedua tahun 2021 di pabriknya yang berlokasi di Dublin, Virginia. Selain itu, mereka telah mulai mengirimkannya ke beberapa tempat di Amerika Serikat untuk pengujian. VNR Elektrik sendiri adalah sebutan untuk truk angkutan barang berat berbahan bakar listrik.
Volvo Trucks baru saja mengumumkan generasi berikutnya dari truk Volvo VNR Electric Class 8 dan bahkan truk ini sudah bisa dipesan. Produksi akan dimulai pada kuartal kedua tahun ini, dengan model baru yang menawarkan pengisian daya yang lebih cepat, lebih banyak konfigurasi, dan jangkauan hingga 85% lebih banyak.
Fitur Baterai Lebih Besar
Volvo Trucks telah memperbarui baterai, menambahkan sistem manajemen termal baterai (BTMS) khusus untuk mempertahankan suhu lingkungan, dan telah meningkatkan kapasitas baterai hingga 40% untuk setiap baterai, selain menawarkan opsi paket enam baterai. Hasil akhir update ini adalah jangkauan yang mencapai 275 mil dan penyimpanan baterai hingga 565 kWh. Sebagai perbandingan, baterai mobil elektrik untuk kelas penumpang terbesar saat ini sekitar 118 kWh.
Volvo Trucks juga telah mengerjakan ulang sistem pengisian daya listrik VNR. Sehingga, memungkinkannya untuk mengisi ulang hingga 250 kW. Hal ini memungkinkan truk untuk mendapatkan 80% pengisian daya dalam 90 menit bila menggunakan paket enam baterai. Sementara, untuk versi empat baterai daya yang sama dapat diperoleh selama 60 menit.
Untuk Truk yang Melakukan Rute Harian
“Volvo Trucks terus mengembangkan kemampuan VNR Electric untuk membuatnya lebih efisien. Sehingga, memenuhi permintaan pelanggan kami untuk jangkauan yang lebih luas, dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik,” kata Andy Brown, manajer pemasaran produk untuk bagian kendaraan Elektrik di Volvo Trucks.
VNR Electric ditujukan untuk pihak yang terlibat dalam distribusi lokal dan regional, pengiriman dan pengambilan barang selain pengiriman makanan dan minuman. Dengan demikian, target pasanya bukan truk antar negara bagian yang akan melakukan rute yang memakan waktu beberapa hari. VNR Electric ditujukan untuk rute harian antara gudang dan toko, misalnya. Karena, dengan rute harian VNR Electic dimungkinkan mereka untuk mengisi ulang setiap malam di pangkalan mereka sendiri. Dan tidak perlu mencari stasiun pengisian truk di sepanjang jalan. Karena, infrastruktur stasiun listik masih jarang, bahkan di Amerika Serikat.
Dengan jangkauan tertinggi 275 mil (442,5 km), VNR Electric dapat melakukan perjalanan pulang pergi lebih dari 100 mil (160 km). Dan masih memiliki tenaga untuk perjalanan lain.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.