Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Inilah 3 Sasis Premium yang Jadi Langganan Bus Mewah di Indonesia

Ilustrasi bus mewah.
Ilustrasi bus mewah. (Sumber: Pixabay - Peggy_Marco)

Ada sejumlah merek sasis premium yang menjadi langganan PO (Perusahaan Otobus) di Indonesia.

Autos.id – Sasis premium atau sasis berkualitas tinggi kini semakin diandalkan PO (Perusahaan Otobus) di Indonesia. Hal itu karena kualitas pada sasis menentukan tingkat kenyamanan dalam perjalanan.

Secara umum, sasis memiliki tripple axle (tiga as roda), dimana tujuannya agar dapat menopang bobot yang lebih besar, hingga ukuran bus dapat dibuat memanjang dan juga menambah tinggi seperti hal bus double decker (bus tingkat).

Lalu, sasis premium apa saja yang menjadi lagganan PO bus mewah di Indonesia sekarang ini?

 

1. Scania K410iB

Sasis yang dibuat Scania cukup mendominasi bus premium di Indonesia. Diambil dari berbagai sumber, sasis yang satu ini disematkan mesin DC13 107 K01 Euro 3 berkubikasi 13.000 cc.

Sasis bus premium Scania K410iB.

Sasis bus premium Scania K410iB. (Sumber: Scania)

Dengan demikian, maka bus yang menggunakan sasis Scania K410iB dapat menyemburkan 410 tenaga kuda pada 1.900 rpm, dimana torsi maksimum 2.000 Nm dapat dicapai pada 1.000-1.350 rpm. Sedangkan daya maksimum untuk distribusi ke transmisi opticruise adalah 12 percepatan.

Membahas fiturnya, Scania yang merupakan merek dari Swedia telah menyematkan EBS (Electronic Braking System), ABS (Anti-lock Braking System), retarder brake dan juga hill-hold yang dapat mencegah kendaraan mundur secara mendadak saat berada di jalan menanjak.

 

2.Volvo B11R

Sasis premium berikutnya yang menjadi langganan PO di Indonesia adalah Volvo B11R. Sasis tersebut didistribusikan dan dipasarkan oleh PT Indotruck Utama. Bahkan bus TransJakarta menggunakan sasis Volvo B11R, dimana versi untuk jarak jauhnya memiliki tenaga yang jauh lebih besar.

Sasis bus premium Volvo B11R.

Sasis bus premium Volvo B11R. (Sumber: volvobuses)

Sejak diperkenalkan pada 2019 lalu, sasis ini menggunakan mesin diesel berkubikasi 11.000 cc yang mampu menghasilkan 430 tenaga kuda dan torsi 2.000 Nm. Kemudian tenaga dan torsi tesebut disalurkan ke transmisi i-Shift AMT 12 percepatan.

Tak hanya itu, transmisi i-Shift AMT 12 percepatan pun sudah disematkan teknologi triptonic. Dengan demikian, bus yang menggunakan sasis ini dapat melaju dalam mode transmisi otomatis maupun manual.

3.Mercedes-Benz OC500 RF 2542

Terakhir, sasis premium yang menjadi lagganan PO bus mewah di Indonesia adalah Mercedes-Benz OC500RF 2542. Dan perlu diketahui bahwa sasis tersebut dimpor langsung dari Spanyol.

Sasis bus premum Mercedes Benz OC500 RF 2542.

Sasis bus premum Mercedes Benz OC500 RF 2542. (Sumber: Mercedes-Benz-Bus)

Diambil dari berbagai sumber, sasis premium yang satu ini menggunakan mesin OM 457 LA Euro 3 Diesel, 6-Silinder dengan kubikasi 11.967 cc. Dengan komposisi tersebut, bus memiliki 422 tenaga kuda pada 1.900 rpm dengan torsi maksimal 1.900 Nm pada 1.100 rpm. Transmisi-nya pun memiliki otomatis 6 kecepatan sebagai penyalur tenaga dan toris tersebut.

Kemudian untuk suspensi pada sasis premium ini menggunakan air spring dan dilengkapi stabilizer dan penyetel level kontrol. Sementara sistem pengeremannya menggunakan rem udara dengan disc brake. Ditambah lagi terdapat Primary Retarder yang memastikan tingkat pengereman lebih pakem.

Terakhir untuk fitur keamanannya, Mercedes-Benz OC500RF 2542 adalah sasis yang mendapatkan sistem EBS (Electronic Braking System), ABS (Anti-lock Braking System), ASR (Acceleration Skid System), dan juga ESP (Electronic Stability Program).

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Toyota Corolla hadir di Indonesia sejak tahun 1970-an, dan kini sudah mencapai generai ke-12. Autos.id – Generasi Toyota Corolla adalah sedan pertama yang hadir...

Berita Otomotif

Setelah meluncurkan Leaf dan Kicks e-Power, Nissan ingin tambah jajaran mobil listrik di Indonesia. Autos.id – Nissan telah meluncurkan dua mobil listriknya di Tanah...

Berita Otomotif

Tesla diskon sudah jadi perbincangan oleh siapapun. Namun, siapa yang tidak tahu merek mobil Tesla? Mobil listrik yang mendunia ini tiba-tiba obral mobil mereka....

Tips

Libur panjang dapat manfaatkan untuk berwisata bersama keluarga dengan sewa bus, dan ada sejumlah tips yang bisa dilakukan. Autos.id – Libur panjang tahun ini...