Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Cara Mencuci Ruang Mesin Mobil yang Benar dan Aman

Ilustrasi pencucian mesin mobil

Sama seperti bagian bodi, ruang mesin mobil juga rentan kotor. Makanya area ini juga perlu dicuci agar tampilannya bisa selalu bersih.

Jakarta, Autos.id – Mencuci ruang mesin adalah cara yang paling ampuh untuk membuat area ini selalu bersih. Tapi berbeda dengan mencuci area bodi yang relatif lebih mudah, pencucian ruang mesin tidaklah boleh dilakukan secara sembarangan.

Karena pengerjaannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan, maka bisa dibilang kalau pencucian ruang mesin punya tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

Kesulitannya disebabkan oleh banyaknya komponen elektrik yang rentan terkena air, sehingga ruang mesin tidak bisa dicuci sembarangan, dan menybabkan korsleting.

Seandainya sampai terjadi korsleting, maka itu dapat menyebabkan terjadinya malfungsi pada komponen kelistrikan mobil, yang mana kemungkinan terburuknya adalah mobil jadi tidak dapat dihidupkan.

Memang untuk sebagian besar jenis mobil modern aman untuk dicuci karena sudah ada engine cover. Tapi untuk jenis mobil tertentu memiliki komponen sensor dan kelistrikan yang sensitif.

Oleh karena itu, bisa saja air yang mengenai komponen kelistrikan di mesin bisa menyebabkan korsleting. Untuk itu bagian kelistrikan atau elektrikal mobil wajib dilindungi dengan cara ditutup dengan kain atau plastik agar tidak terkena air, dan saat mencucinya pun ada tekniknya khususnya.

Jika menggunakan alat steam, setel semprotan air ke mode menyebar dan disemprot di bagian pinggirannya saja, bagian tengah ruang mesin cukup terkena cipratan dari semprotan airnya.

Dengan kata lain, saat mencuci ruang mesin, jangan menyemprotkan air bertekanan tinggi ke mesin dan jangan pula mengguyur air secara langsung ke mesin.

Yang tidak direkomendasikan dalam proses pencucian ruang mesin adalah menyemprot langsung air ke tengah area mesin dengan tekanan tinggi dan menggunakan slang langsung karena debit air banyak di satu titik.

Ini karena air bertekanan tinggi tersebut bisa merembes masuk ke celah-celah komponen kelistrikan. Untuk membersihkan kotoran bisa menggunakan sedikit sabun, tidak perlu terlalu banyak busa, atau bisa juga menggunakan engine degreaser untuk hasil yang maksimal.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Tidak seperti mencuci bodi mobil, mencuci bagian mesin mobil perlu kehati-hatian. Autos.id – Bagian mesin mobil sering diabaikan saat pemilik kendaraan mencuci mobilnya karena...

Tips

Last updated on 10 Januari, 2019 Sewaktu mobil-mobil masih mengusung karburator, memanaskan mobil seolah menjadi agenda wajib bagi kita sebelum membawanya berjalan. Namun seiring...

Tips

Last updated on 23 November, 2018 Pastinya Anda tidak sekali atau dua kali melihat adanya air yang keluar dari knalpot mobil. Bagi orang awam,...

Tips

Selain fisik, pastinya kita juga perlu memeriksa dan memastikan bahwa mobil kita dalam kondisi yang prima, sehingga kita tidak mengalami hal buruk di tengah...

error: Content is protected !!