Balap

MotoGP Persingkat Jumlah Lap di Tujuh Balapan Musim 2018

Kejutan kembali hadir di MotoGP ketika kompetisi tersebut akan mengurangi jumlah lap di tujuh balapan musim 2018.

AS, autos.id Jumlah lap dari tujuh balapan dari musim MotoGP 2018 akan dikurangi, menurut kabar terakhir yang tertera dari MotoGP.com (10/2/2018).

Keputusan ini diambil menyusul saran beberapa pembalap ketika berkonsultasi di ‘Komisi Keselamatan’, dan mmebahas jarak balapan yang terlalu lama.

Sembilan balapan Moto2 dan tujuh balapan Moto3 juga akan dikurangi sehingga memudahkan penjadwalan balapan.

Di sisi MotoGP, tujuh balapan yang lapnya akan dikurangi adalah di Austin, Jerez, Le Mans, Barcelona, Brno, Misano dan Valencia. Sebagian besar akan dikurangi hanya dengan satu lap, meski Jerez akan kehilangan dua lap dan Valencia tiga lap.

Mengenai perubahan untuk musim baru ini, beberapa pihak dari perwakilan tim mendukung rencana ini, termasuk Lin Jarvis dari Yamaha.

“Wacana perubahan ini memiliki keuntungan tersendiri untuk masing-masing tim dan pembalapnya, karena akan ada waktu istirahat yang lebih baik dan persiapan motor lebih maksimal,” kata Jarvis. “Tetapi untuk beberapa situasi dalam perebutan gelar juara, kesempatan akan semakin sulit didapat.

“Tapi apapun yang dibuat penyelenggara kompetisi, tentu sudah dalam pertimbangan matang dan kami akan mendukungnya.”

Reorganisasi ini berlangsung setahun sebelum kedatangan FIM Moto-e World Cup untuk motor listrik. Kalendernya mencakup antara empat dan enam ronde, dan semuanya akan berlangsung di benua Eropa.

Kompetisi baru tersebut akan membuat jadwal hari Minggu semakin padat karena diharapkan balapan ini (yang sebagian besar akan menjadi delapan lap) akan berlangsung sebelum dimulainya MotoGP pukul 14.00 waktu setempat.

Grid MotoGP

Perubahan jumlah lap MotoGP 2018

Balapan Jumlah lap 2017 Jumlah lap 2018
 Austin 21 laps 20 laps
 Jerez 27 laps 25 laps
 Le Mans 28 laps 27 laps
 Barcelona 25 laps 24 laps
 Brno 22 laps 21 laps
 Misano 28 laps 27 laps
 Valencia 30 laps 27 laps

 

Comments
To Top