Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Yamaha MT-10 2022, Lebih Kokoh!

Selain subframe baru yang lebih kokoh, rangka cornya tetap tidak berubah, seperti halnya suspensi KYB yang dapat disetel sepenuhnya, tetapi sistem fork memiliki pengaturan redaman yang lebih kencang.

Autos.id  –  Pegas belakang 3mm lebih panjang dan Bridgestone S22 belakang berprofil lebih tinggi (naik dari 50 menjadi 55 bagian) mendorong lebih banyak bobot di atas roda depan dan menaikkan jok 10mm menjadi 835mm. MT-10 bisa dengan mulus melewati tikungan tetapi ada sedikit sensasi aneh  pada fork dan rem (bahkan dengan master silinder Brembo baru), jika dibandingkan dengan Naked Bike asal Eropa.  Lalu, berat meningkat dari 210kg menjadi 212kg, berkat dua katalis tambahan (sekarang memiliki empat).

Yamaha mengatakan bahwa sistem knalpot full titanium baru MT-10 lebih segar dari sebelumnya, namun masihlumayan tidak berisik.  Sebaliknya, suara knalpot terdengar renyah bagaikan lagu, sehingga tidak terlalu menganggu,

Yamaha MT10

Sebuah kotak udara baru memiliki tiga saluran masuk dengan panjang dan diameter yang bervariasi, dirancang untuk beresonansi pada frekuensi yang berbeda saat mesin berputar lebih keras. Selain itu, sekarang ada dua ventilasi besar ke bagian atas penutup tangki untuk memperkuat kedalaman mesin engkol crossplane.

Mesin

Tenaga motor Yamaha MT-10 ini 2022 ini meningkat dari 158 hp menjadi 164 hp dan torsi dari 81,9 pon/kaki menjadi 82,6 pon/kaki. Sehingga, menjadikan Yamaha MT-10 menjadi salah satu motor paling top di kelas menengah (midrange).

Meski bukan motor kelas atas yang punya tenaga 200 lebih bhp. Motor ini memiliki gaya dorong antara  4000-8000rpm yang memberikan sensasi menaiki V-twin daripada mesin inline-4, sehingga membuat pengalaman lebih mendebarkan di jalan. Meskipun respon throttle bisa agresif pada saat dipakai di alur kecepatan kota. Ukuran Gearing lebih panjang (sekarang 42) untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, tetapi 41mpg diklaim masih tidak bagus.

Keseluruhan

MT-10 Yamaha selalu lebih dari sekadar Yamaha-R1 yang dipreteli. Sejak dirilis pada tahun 2016, motor ini adalah satu-satunya naked bike dari Jepang yang dapat bersaing secara setara dengan naked bike terbaik dari Eropa dalam hal pengalaman, sementara biaya ribuan kali lebih sedikit dari kompetitor asal Eropa yang lain. Itu semua berkat torsi dari mesin engkol crossplane. Tetapi pada saat yang sama, motor ini juga nyaman dan mudah digunakan. Para pesaingnya juga telah berunlangkali melakukan perbaikan selama bertahun-tahun, tetapi begitu juga dengan Yamaha MT-10 2022.

Tetap model 2022 memberi lebih banyak drama mengerikan di level menegah (midrange), yang membuatnya lebih menarik, terutama dengan deru induksi ekstra di telinga Anda. Lebih baik lagi fitur elektronik barunya dapat  sengaja dimatikan ketika Anda ingin menikmati Motor Yamaha MT-10 ini sepenuhnya, tetapi rem dan fork tidak terasa seperti seharusnya dan throttle bisa menjadi sedikit agresif di sekitar kota.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Yamaha MT-10 dan MT-10 SP generasi terbaru akan segera diluncurkan. Kabarnya generasi terbaru dari motor naked ini akan menggunakan basis serta mesin dari Yamaha...

Yamaha

Yamaha MT-10 SP datang sebagai varian baru dari MT-10, dan naked bike ini dibekali beberapa teknologi dari Yamaha YZF-R1M. Tokyo, Autos.id – Yamaha kembali...

Video

Last updated on 20 April, 2016 Jakarta, Autos.id – Yamaha MT-10 diklaim sebagai naked bike paling kencang yang saat ini dimiliki Yamaha. Power, Torque,...