Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Generasi Terbaru Yamaha MT-10 Adopsi Mesin R1

Generasi Terbaru Yamaha MT-10 Sedang Dipersiapkan, Akan Menggunakan Mesin R1

Yamaha MT-10 dan MT-10 SP generasi terbaru akan segera diluncurkan. Kabarnya generasi terbaru dari motor naked ini akan menggunakan basis serta mesin dari Yamaha YZF-R1.

Autos.id – Baru-Baru ini, Yamaha MT-10 dan MT-10SP untuk model tahun 2022 akan segera diluncurkan. Kedua motor ini nantinya akan mendapatkan berbagai serangkaian revisi substansila serta perubahan dari segi teknis dan kaki-kainya disbanding generasi sebelumnya. Bahkan dari penggunaan mesin baru yang lebih bertenaga dengan penggunaan 4 silinder dengan basis Yamaha R1.

Kabarnya kedua motor naked andalan dari Yamaha ini akan segera meluncur pada ajang EICMA yang rencananya akan diselenggarakan pada November 2021 mendatang.

 

Belum Ada Bocoran Signifikan

Gambar asli atau mungkin spyshot dari MT-10 untuk tahun 2022 ini belum banyak diungkap ke public. Tapi Yamaha sendiri sudah mengajukan dokumen persetujuan untuk motor naked ini di Uni Eropa. Sejak peluncurannya pertama kali MT-10 ditahun 2015 silam, mereka menggunakan kode internal “RN45” didalam katalog Yamaha.

Generasi Terbaru Yamaha MT-10 Sedang Dipersiapkan, Akan Menggunakan Mesin R1

Versi dasar dari motor ini adalah dengan kode RN45 A dan untuk versi SP sendiri menggunakan kode RN45 B. Dan untuk generasi terbaru untuk model tahun 2022, identitas itu nantinya akan berubah menjadi “RN78 A” untuk MT-10 serta “RN78 B” untuk versi  SP nya. Serta dari beberapa bocoran menyebutkan bahwa motor naked 1.000 cc ini akan mengalami perubahan total yang sangat menyeluruh bila dibandingkan dengan keluaraan saat ini yang masih dijual.

Spesifikasi Mesin Yang Digunakan

Seperti yang dikutip dari Cycleworld, versi dasar dari MT-10 baik yang standar maupun versi SP ini akan dibedakan berdasarkan peralatannya bukan berdasarkan kinerjanya. Kedua mesin ini pada dasarnya akan menggunakan spesifikasi mesin yang sama. Dimana basis mesin yang digunakan berasal dari Yamaha YZF-R1 dengan kapasitas 998 cc CP4 Engine.

 

Mesin ini mendapat beberapa pembaharuan baik dari segi system knalpot serta peredam suara yang berbeda. Dimana dengan perubahan tersebut, tenaga yang dihasilkan dari semula 158,2 Hp menjadi 163,6 Hp di 11.500 rpm. Torsi yang dihasilkan juga meningkat hingga mencapai 22 Nm di 9.000 rpm. Dan perubahan yang juga terasa adalag tenaga maksimal yang dihasilkan. Baik MT-10 maupun MT-10 SP ini bisa mencapau kecepatan maksimal hingga 249 km/jam atau naik sekitar 5 km/jam dari model sebelumnya.

Bentuk Body Yang Berubah Total

Meskipun belum ada bocoran signifikan mengenai wujud dari motor ini, kabarnya ada peningkatan mengenai dimensi motor ini secara keseluruhan. Mulai dari wheelbase yang betambah sekitar 0,2 inch dari 55,1 inch menjadi 55,3 inch. Kemudian Panjang keseluruhan yang bertmabha dari 2.095 mm menjadi 2.100 mm. Meskipun begitu dari segi kaki-kaki tidak ada perubahan secara signifikan. Ban depan menggunakan ukuran 120/70ZR-17 dan ban belakang 190/55ZR-17.

Generasi Terbaru Yamaha MT-10 Sedang Dipersiapkan, Akan Menggunakan Mesin R1

Dari Segi lebar juga tidak perbedaan signifikan dimana masih berada diangka 800 mm. Tetapi yang menarik adalah secara signifikan generasi terbaru MT-10 ini lebih tinggi disbanding sebelumnya. Dimana model sebelumnya memiliki tinggi 1.165 mm sedangkan model terbaru nanti memiliki tinggi 1.245 mm. Dan motor ini bisa ditinggikan hingga mencapai 1.245 mm ntuk kebutuhan tertentu.

Dari segi berat motor juga memiliki perubahan yang cukup signifikan. Dimana model terbarun MT-10 tahun 2022 ini lebih berat sekitar 2 kg dibanding generasi sebelumnya. Dan juga penggunaan bahanbakar yang lebih besar dengan kapasitas tangka yang lebih besar. Rencananya Yamaha MT-10 dan MT-10 SP generasi terbaru 2022 ini akan segera diluncurkan diajang EICMA pada bulan November mendatang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Merek Yamaha XSR155 2022 tampaknya sudah tidak asing lagi bagi yang tinggal di Asia Tenggara. Roadster neo-retro ini memiliki kapasitas kecil dan sudah banyak...

Subaru

Subaru STI E-RA ini selain diklaim memiliki peforma luar biasa tetapi memberikan kesan ramah lingkungan yang baik dengan penggunaan motor listrik dari Yamaha. Autos.id...

Motor

Yamaha Niken GT sendiri merupakan versi motor touring jarak jauh dari Yamaha Niken standard yang sudah beredar sebelumnya. Autos.id  – Motor dengan roda 3...

Motor

Last updated on 29 Desember, 2021 Yamaha Cygnus Gryphus 2022 ini memiliki beberapa ubahan dari tampilan, fitur, serta mesin. Autos.id – Yamaha Jepang baru-baru...