Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mitsubishi

Duel Ketangguhan Double Cabin Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton!

Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton
Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton

Membandingkan Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton sebagai mobil double cabin berperforma tangguh di segala medan. Mana yang lebih unggul?

Jakarta, Autos.id  –  Walau segmen otomotif double cabin tak bisa menyaingi mobil konvensional, mobil-mobil double cabin perlu diperhitungkan, termasuk Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton. Sebelum populer menjadi alternatif mobil penumpang, mobil berukuran tambun ini lebih familiar digunakan di area pertambangan atau koleksi pecinta off-road. Namun, kini mobil seperti Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton bisa ditemui di jalan-jalan kota dan medan sulit lainnya.

Jika melihat sekilas ke belakang, Mitsubishi Triton hadir lebih dulu daripada Toyota Hilux. Seperti biasa, Toyota sebagai perusahaan otomotif unggulan dunia tak mau kalah dengan pesaing-pesaingnya, termasuk Mitsubishi Triton. Toyota Hilux merupakan kendaraan double cabin dengan perawakan yang hampir melegenda.

Tapi, bisakah Mitsubishi Triton bisa dan berani menggulingkan Hilux dalam pertarungan head-to-head?  Untuk mengetahuinya, mari adu ketangguhan dua mobil double cabin segala medan Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton.

Performa Mesin Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton

Baik Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton telah diberi mesin tangguh berperforma tinggi yang mampu berakselerasi di segala medan. Pertama, kita mulai dari Toyota Hilux. Toyota Hilux dibekali mesin tipe 2,4L 2 GD-FTV 4-Cylinder, In-line 16-Valve DOHC dengan VNT Intercooler Turbodiesel 4X4. Saat diuji, Toyota Hilux memiliki performa tenaga hingga 149,6 ps pada 3.400 rpm dan maksimum torsi 400 Nm pada 1.600-2.000 rpm. Sistem kendali yang digunakan adalah sasis 4WD Part-time serta sudah bertransmisi automatic 6-percepatan.

Mesin 2.4L 2 GD-FTV Toyota Hilux

Mesin 2.4L 2 GD-FTV Toyota Hilux

Eits, jangan kaget dulu karena ternyata jantung pacu Mitsubishi Triton jauh lebih powerful di kelasnya. Mesin yang dimiliki semua varian bertipe 2.4L 4N15 Turbodiesel MIVEC diklaim dapat meningkatkan efisiensi pembakaran mesin sehingga emisi CO2 berkurang. Tenaga yang dihasilkan pun terbilang tak main-main, yaitu 181 ps pada 3.500 rpm dengan torsi 430 Nm pada 2.500 rpm. Mitsubishi Triton tersedia dua varian berdasarkan jenis transmisi, yaitu automatic 6-percepatan dengan mode Sport dan manual 6-percepatan. Sehingga, perbandingan antara Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton dari segi mesin dimenangkan oleh Mitsubishi Triton.

Mesin 2.4L 4N15 Turbodiesel MIVEC Mitsubishi Triton

Mesin 2.4L 4N15 Turbodiesel MIVEC Mitsubishi Triton

Fitur Ketangguhan Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton

Sebagai mobil segala medan, Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton memiliki fitur canggih yang semakin mendukung ketangguhan masing-masing. Toyota Hilux memiliki fitur unggulan, diantaranya:

  • Rear Differential Lock System. Sistem ini membantu mengamankan traction saat berkendara di medan berlumpur dalam situasi yang tidak biasa saat kendaraan macet. Fitur ini tersedia pada semua varian Hilux double cabin.
  • 4×4 Switch. Fitur ini dapat meningkatkan pengoperasian dan kenyamanan pengendara secara signifikan dengan switch tipe dial baru. Fitur ini juga bisa Anda temukan di semua varian Hilux double cabin.
  • Lampu Indikator ECO. Fitur ini dapat membantu pengendara untuk berkendara yang lebih efisien, konsumsi bahan bakar yang irit dengan jarak berkilo-kilo meter.
Super Select 4WD-II Mitsubishi Triton

Super Select 4WD-II Mitsubishi Triton

Pendahulunya, Mitsubishi Triton tak mau kalah membekali mobil off-road ini dengan fitur-fitur pendukung ketangguhan mobil. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Super Select 4WD-II. Triton punya fitur yang memungkinkan pengendara untuk mengubah mode penggerak roda dari 2WD ke 4WD pada kecepatan 100 km/jam. 
  • Off-road Mode. Namanya juga mobil segala medan, Mitsubishi Triton dilengkapi tombol untuk mengganti performa mobil agar tangguh di jalanan off-road.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh masing-masing Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton memang mumpuni. Sebagai calon pembeli atau bahkan pemilik mobil sejenis mereka haruslah pintar merawat dan memanfaatkan fitur sesuai situasi dan kondisi.

Fitur Keamanan Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton

Kedua mobil double cabin ini juga dilengkapi fitur keamanan yang fungsional dan lengkap. Menjamin keselamatan berkendara baik di area off-road atau jalanan kota. Pada Toyota Hilux, beberapa fitur keamanan yang disematkan secara optimal terdiri dari:

Vehicle Stability Control Toyota Hilux

Vehicle Stability Control Toyota Hilux

Hill Assist Control Toyota Hilux

Hill Assist Control Toyota Hilux

  • Airbags depan, penumpang, lutut pengemudi, dan kaca samping penumpang.
  • Vehicle Stability Control untuk menjaga kestabilan kendaraan saat melakukan tikungan tajam untuk menghindari over atau under steering.
  • Trailer Sway Control yang terintegrasi dengan Vehicle Stability Control untuk menstabilkan dan mencegah goyangan yang dapat membahayakan kendaraan dan sekitarnya.
  • Anti-lock Braking System & Electronic Brake-force Distribution. Fitur ini berfungsi mencegah penguncian roda saat pengereman mendadak dan memastikan stabilitas kendaraan untuk bermanuver saat ada rintangan.
  • Hill Assist Control berfungsi untuk mencegah kendaraan tergelincir ke belakang di jalan menanjak.
  • Emergency Brake Signal untuk memberi sinyal dan memperingatkan pengemudi untuk menjaga jarak aman agar tidak terjadi tabrakan.
  • Immobilizer dengan sistem keamanan mutakhir untuk mencegah terjadinya pencurian.

Sedangkan fitur keamanan pada Mitsubishi Triton lebih komprehensif dengan teknologi yang lebih unggul. Daripada penasaran, berikut ini fitur keamanan pada Triton.

Hill Descent Control Mitsubishi Triton

Hill Descent Control Mitsubishi Triton

Automatic High-Beam Mitsubishi Triton

Automatic High-Beam Mitsubishi Triton

  • Hill Descent Control. Fitur ini berguna untuk mengendalikan laju mobil saat melewati jalan menurun dengan mengaktifkan rem otomatis.
  • Forward Collision Mitigation System
  • Automatic High-Beam berfungsi ketika mobil berkendara malam dengan otomatisasi lampu high-beam menjadi low-beam saat mobil mendeteksi kendaraan lain di depan.
  • Blind Spot Warning berfungsi untuk mendeteksi kendaraan atau benda di belakang mobil bagian blind spot menggunakan radar sensor.
  • 7 titik airbags di setir, dashboard kursi depan, dan samping kursi belakang.
  • Ultrasonic Missacceleration Mitigation System. Fitur ini berguna untuk menghindari benturan depan atau belakang saat parkir menggunakan sistem sensor.

Interior Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton

Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton sama-sama mengusung desain tangguh sekaligus elegan. Interior kabin didesain sebaik mungkin sesuai ciri khas masing-masing merk yang dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Pertama, mari kita ulas interior Toyota Hilux.

Dashboard dan Head Unit Toyota Hilux

Dashboard dan Head Unit Toyota Hilux

Kursi baris depan diberi sentuhan leather-seat hitam yang terlihat mewah. Selain itu, bagian dekat head unit diberi pengaturan AC 5 mode otomatis yang disesuaikan untuk segala kondisi cuaca. Head unit berukuran 7 inch didesain sesederhana mungkin tanpa menghilangkan kelengkapan fitur, seperti konektivitas ke radio, USB, DVD, dan Bluetooth. 

Steering Adjustment Toyota Hilux

Steering Adjustment Toyota Hilux

Desain combimeter untuk pengemudi, lengkap dengan MID untuk memastikan visibilitas informasi lalu lintas dengan baik. Bagian kemudi dilengkapi fitur yang akan memudahkan urusan si pengemudi, seperti telepon, audio, VR, dan MID. Hebatnya lagi, posisi ketinggian kemudi bisa diatur sesuai kenyamanan pengemudi.

Mitsubishi Triton juga menghadirkan desain interior simple namun penuh dengan teknologi terbaru. Bagian kursi hingga kemudi juga diberi sentuhan leather mewah. Pengemudi juga diberikan tampilan speedometer yang lengkap dengan layar LCD untuk informasi selama berkendara. Bagian head unit lengkap dengan layar touch-screen dan MP3 Player yang berfungsi untuk kebutuhan entertainment. Selain itu juga ada cruise control, auto dimming rearview mirror, USB charging, sistem keyless, dan parking guide.

Interior Penuh Sentuhan Leather Mitsubishi Triton

Interior Penuh Sentuhan Leather Mitsubishi Triton

Eksterior Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton

Seperti yang bisa Anda lihat pada bagian fitur-fitur Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton, terlihat lengkap bukan? Kedua mobil ini juga memberikan desain eksterior yang lengkap dan berteknologi kekinian agar tampil semakin keren. Eksterior kedua mobil didesain agar tetap cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari sebagai mobil penumpang. 

Eksterior Toyota Hilux tampil agresif dan menawan dengan headlamp dan fog lamp LED. Lalu dilengkapi sentuhan Chrome Grille di bagian depan mobil dan taillamp double menggunakan lampu LED.

Chrome Grille Design

Chrome Grille Design

Dynamic Shield

Dynamic Shield

Jika boleh jujur, eksterior Mitsubishi Triton terlihat lebih gagah dan bagian depan sedikit ‘kotak’ dengan desain Dynamic Shield. Headlamp LED-nya terlihat tajam yang lengkap dengan DRL. Bagian belakang mobil juga tampil eksklusif, seperti outer door dan rear gate handle, taillamp LED, bak kargo dengan bed liner.

Harga Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton

Jika berbicara tentang harga kedua mobil double cabin ini, pemenang mobil dengan harga ‘termurah’ jatuh kepada Mitsubishi Triton. Harga yang dipasang pun sesuai dengan tipe mesin dan fitur pelengkapnya. Berikut ini daftar harga Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton.

Toyota Hilux Double Cabin

  • Tipe 2.4 E MT 4×4 seharga Rp 429,75 juta
  • Tipe 2.4 G MT 4×4 seharga Rp 454,55 juta
  • Tipe 2.4 V AT 4×4 seharga Rp 492,8 juta

Mitsubishi Triton Double Cabin

  • Tipe HDX 4×4 MT seharga Rp 395,5 juta
  • Tipe GLX 4×4 MT seharga Rp 419 juta
  • Tipe Exceed 4×4 MT seharga Rp 453 juta
  • Tipe Ultimate 4×4 AT seharga Rp 480 juta

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Reviews

Semua hal yang perlu Anda tahu dari All-New BMW 320i Dynamic yang dipercaya menjadi varian BMW seri 3 termurah di Indonesia. Jakarta, Autos.id  – ...

Berita Otomotif

Selain itu, GIIAS 2021 juga akan menampilkan teknologi terbaru dan juga beberapa mobil terbaru, konsep dan juga world premiere dari APM yang berpartisipasi Jakarta,...

Komparasi

Segmen motor sport tak lengkap rasanya jika tak membandingkan Honda CBR150R dan Yamaha R15, motor idaman banyak pria Indonesia. Jakarta, Autos.id  –  Honda CBR150R...

Komparasi

Setelah sekian lama pasar motor skutik retro-modern dikuasai oleh Vespa, kini Benelli mengeluarkan varian terbaru yang dirumorkan pesaing baru Vespa LX, Benelli Panarea namanya....