Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Komparasi Innova Zenix Dan Innova Hycross, Mana Innova Yang Terbaik?

Komparasi Innova Zenix Dan Innova Hycross, Mana Innova Yang Terbaik?

Baik Toyota Innova Zenix versi Indonesia maupun Innova Hycross versi India memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing yang perlu anda ketahui.

Autos.id – Generasi terbaru Toyota Kijang Innova memang baru saja diluncurkan. Pada generasi terbarunya, Toyota benar-benar merombak total MPV andalannya ini. Salah satunya perubahannya adalah penggerak dari roda belakang menjadi roda depan serta dari sasis ladder frame menjadi sasis monokok. Selain diluncurkan di Indonesia dengan nama Innova Zenix, mobil ini juga diluncurkan di India dengan nama Innova Hycross.

Kali ini Autos.id akan membedah perbedaan apa saja dari Toyota Innova Zenix yang ada di Indonesia dibandingkan Toyota Innova Hycross di India.

Komparasi Innova Zenix Dan Innova Hycross, Mana Innova Yang Terbaik?

Desain

Dimulai dari segi desain, baik itu Innova Zenix versi Indonesia maupun Innova Hycross di India memiliki bahasa desain yang kurang lebih sama. Dan pada Kijang generasi ketujuh ini, mobil ini mulai mengarah dengan desain ala-ala SUV atau crossover dengan hadirnya sedikit over fender dibagian roda depan dan belakang.

Lalu dari bagian perlampuan juga sudah mengadopsi lampu full LED baik itu di bagian depan dan belakang. Serta untuk model lampu depan menggunakan lampu model LED Multireflector yang mirip dengan mobil-mobil kekinian. Serta untuk varian tertinggi juga terdapat lampu DRL yang mempermanis tampilan mobil ini yang digabungkan dengan grill kin look khas Toyota kekinian.

Serta dari segi ban velg, kedua mobil ini hadir dengan pilihan velg 16, 17, dan 18 inch tergantung varian yang anda ambil. Serta untuk beberapa varian, baik Zenix maupun Hycross mendapat pilihan bodykit model Modelista yang memberikan tampilan yang sangat berbeda dan lebih sporty.

Komparasi Innova Zenix Dan Innova Hycross, Mana Innova Yang Terbaik?

Interior

Dari segi interior, baik Innova Zenix dan Innova Hycross mengusung konsep yang kurang lebih sama. Mulai dari penggunaan desain dashboard dengab Head Unit model floating yang sangat besar. Serta speedometer mobil ini juga sudah berbentuk digital dengan tachometer analog baik di varian bensin maupun Hybrid.

Serta yang berubah total adalah peletakan tuas transmisi yang sebelumnya berada di konsol tengah, kini dipindah ke bagian dashboard dibawah panel AC Digital. Disebelah tuas transmisi kini tersemat rem parkir elektronik lengkap dengan Auto Hold. Serta baik itu Innova Zenix maupun Innova Hycross, hadir dengan Panoramic Sunroof yang sama-sama hadir di semua varian.

Dan juga untuk kursi baris kedua, baik Innova Zenix maupun Innova Hycross sama-sama memberikan 2 pilihan konfigurasi yaitu kursi menyambung maupun captain seat. Tetapi yang menarik, captain seat di Zenix varian tertinggi dengan Hycross varian tertinggi memiliki perbadaan yang cukup signifikan yang akan kami jelaskan di bagian fitur.

Komparasi Innova Zenix Dan Innova Hycross, Mana Innova Yang Terbaik?

Fitur

Berbicara mengenai fitur, pada dasarnya ada beberapa fitur yang ada hanya di Innova Zenix maupun hanya ada di Innova Hycross, atau justru ada di kedua mobil ini. Pertama yang ada pada kedua mobil ini adalah Panoramic Sunroof dengan ukuran yang tergolong sangat besar. Serta karena hadir dengan panoramic sunroof, maka AC baris kedua dan ketiga yang sebelumnya berada di bagian tengah dipindahkan ke bagian pinggir.

Fitur lainnya yang hadir di kedua mobil ini adalah untuk varian teratas hadir dengan jok elektrik dibagian pengemudi. Serta Head Unit baik itu di Innova Zenix maupun Innova Hycross secara standar sudah dilengkapi dengan konektifitas Apple CarPlay dan Android Auto. Serta fitur radar Toyota Safety Sense (TSS) sudah hadir sebagai standar dengan versi 3.0.

Namun, beberapa fitur ada di Innova Hycross India tetapi tidak ada di Innova Zenix versi Indonesia. Misalnya seperti jok pendingin dan pemanas dibagian depan, jok captain seat dengan model otoman, speaker JLB sebanyak 9 buah, AC Multi Zone baik didepan dan baris kedua semuanya tidak ada pada Innova Zenix versi Indonesia.

Komparasi Innova Zenix Dan Innova Hycross, Mana Innova Yang Terbaik?

Pilihan Mesin Hybrid

Baik Innova Zenix maupun Innova Hycross hadir dengan 2 pilihan mesin. Dan seperti yang sudah ditebak, sama seperti Zenix di Indonesia, Hycross versi India juga tidak hadir dengan versi mesin Diesel. DImulai dengan mesin konvensional yang menggunakan mesin 2.000 cc terbaru dengan kode M20A-FKS yang menghasilkan tenaga 172 Hp dan torsi 205 Nm.

Lalu yang kedua dan yang pertama kali hadir di sebuah Toyota Innova adalah mesin Hybrid. Mesin dengan kode M20-FXS memang menghasilkan tenaga yang lebih kecil. Dari mesin standarnya ini menghasilkan tenaga 150 Hp dan torsi 188 Nm. Namun dengan bantuan baterai dan motor listrik justru memberikan performa yang jauh lebih baik serta konsumsi BBM yang jelas jauh lebih irit.

Selain sudah tidak ada dalam varian mesin Diesel, baik Toyota Innova Zenix maupun Innova Hycross juga kini tidak hadir dengan transmisi Manual. Semua Toyota Innova generasi terbaru ini baik Zenix maupun Hycross hanya tersedia dengan transmisi otomatis berjenis CVT.

Pilihan Varian

Berbicara mengenai varian baik Zenix maupun Hycross memiliki banyak secalin pilihan varian. Dimulai dari Innova Zenix versi Indonesia yang memiliki 3 varian dasar yaitu G, V, dan Q. Untuk varian G dan V hadir dengan varian mesin konvensional maupun Hybrid, sedangkan Q hanya tersedia dengan pilihan mesin Hybrid. Sedangkan varian V dan Q hadir dengan pilihan kosmetik atau tampilan dengan Bodykit Modelista yang jauh lebih sporty.

Sedangkan untuk versi Innova Hycross di India hadir dengan 5 pilihan varian. Untuk dua varian terbawah yaitu G dan GX hanya tersedia dengan varian mesin konvensional. Sedangkan untuk 3 varian tertingginya yaitu VX, ZX, dan ZX(O) hanya tersedia dengan pilihan mesin Hybrid. Serta untuk varian tertingginya juga mendapat model bodykit Modelista seperti Zenix di Indonesia.

Nah setelah membedah kedua Toyota Innova generasi terbaru dari kedua negara ini, mana Inoova terbaik menurut anda? Apakah Innova Zenix versi Indonesia atau Innova Hycross versi India?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Reviews

Toyota Innova Hycross yang dijual di India hadir dengan beberapa fitur dan kelengkapan yang bahkan tidak ada di versi Innova Zenix yang juga baru...

Komparasi

Last updated on 19 November, 2021 Honda Accord dan Toyota Camry adalah pemimpin segmen sedan midsize di Indonesia. Tapi kalau disuruh memilih satu dari...

Komparasi

Last updated on 20 November, 2021 Tak hanya MPV yang bisa diandalkan sebagai mobil keluarga, lho! Simak artikel perbandingan rival SUV 7-seater Honda BR-V...

Mitsubishi

Last updated on 26 November, 2021 Membandingkan Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton sebagai mobil double cabin berperforma tangguh di segala medan. Mana yang lebih...