Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Toyota Fortuner Leader, Varian Terendah Fortuner Dengan Tampang Legender

Inilah Toyota Fortuner Leader, Varian Terendah Fortuner Dengan Tampang Varian Legender

Varian Fortuner Leader yang diluncurkan di Thailand ini sekaligus menggantikan posisi dari varian Fortuner Standard untuk mengisi slot varian terendahnya.

Autos.id – Baru-baru ini, Toyota Thailand baru saja meluncurkan varian terbaru dari SUV Ladder Frame terlaris mereka, Toyota Fortuner. Varian terbaru Fortuner yang diberi nama Leader ini menggantikan varian Fortuner standar dengan menggunakan tampang Fortuner Legender dengan beberapa ubahan detail.

Untuk pilihan penggerak, Toyota Fortuner Leader hadir dengan pilihan penggerak 4×2 dan 4×4 yang masih sama dengan Fortuner pada umumnya.

Inilah Toyota Fortuner Leader, Varian Terendah Fortuner Dengan Tampang Varian Legender

Menggunakan Tampang Varian Legender

Salah satu hal menarik dari hadirnya Fortuner Leader ini adalah tampang yang digunakan. Meskipun Fortuner Leader adalah varian terendah, tetapi sudah menggunakan tampang dari Fortuner Legender yang sudah beredar sejak kemunculan Fortuner Facelift tahun 2020 silam. Perbedaan utama adalah penggunaan velg yang menggunakan 18 inch, sedangkan Fortuner Legender menggunakan velg 20 inch.

Perubahan berikutnya adalah penggunaan Head Lamp. Bila pada Fortuner Legender menggunakan cluster lampu LED multirefketor yang terlihat futuristik ini, varian Fortuner Leader justru bukan menggunakan lampu Legender. Kurang lebih lampu depan mobil ini sama seperti varian Fortuner Standard ataupun Fortuner yang dijual di Indonesia.

Penggunaan LED Projector dengan LED DRL menjadi pembeda utama bila dibandingkan dengan Fortuner Legender. Perbedaan berikutnya dibandingkan varian Legender asli adalah tidak adanya opsi dual tone pada varian Leader ini. Tetapi untuk memperkuat kesan yang gagah, foot step atau pijakan kaki untuk akses keluar masuk mobil menggunakan warna hitam.

Inilah Toyota Fortuner Leader, Varian Terendah Fortuner Dengan Tampang Varian Legender

Lalu khusus untuk warna putih, bila pada Fortuner Standard menggunakan jenis warna White Pearl Crystal, kini berubah menjadi Platinim White Pearl yang cukup premium. Serta mengenai fitur safety, meskipun varian terendah, tergolong cukup komplit. Meskipun fitur radar Toyota Safety Sense (TSS), tidak ada divarian ini, tetapi beberapa fitur safety wajib sudah terpasang disini.

Mulai dari Blind Spot Monitoring dan Rear-Cross Traffic Alert sudah hadir sebagai standar. Serta fitur safety lainnya seperti 7 airbag, Stabillity Control, Hill-Start Assist, Hill Descent Control khusus divarian 4×4 sudah hadir sebagai standar. Serta fitur Rear Differential Lock untuk varian 4×4 yang akan memudahkan untuk off road juga sudah hadir.

Inilah Toyota Fortuner Leader, Varian Terendah Fortuner Dengan Tampang Varian Legender

Hanya Tersedia Dalam Mesin 2.400 cc

Berbicara mengenai mesin, Toyota Fortuner Leader hanya tersedia dalam 1 pilihan mesin saja. Mesin 2GD-FTV berkapasitas 2.400 cc, 4 silinder, Turbo Diesel dengan VNT menjadi satu-satunya pilihan mesin untuk Fortuner Leader. Mesin ini menghasilkan tenaga 150 PS dan torsi 400 Nm dengan pilihan penggerak 4×2 dan 4×4 melalui transmisi otomatis 6 speed.

Sayangnya mesin 1GD-FTV berkapasitas 2.800 cc dengan 202 PS dan torsi 500 NM tidak hadir di varian terendah Fortuner Leader ini. Di Thailand sendiri, mesin 1GD ini hadir di varian Fortuner Legender dan GR Fortuner yang memiliki tenaga dan torsi terbuas di kelasnya.

Dalam rilis resmi dari Toyota Thailand pada Senin (1/8/2022), Toyota Fortuner Leader dijual mulai dari harga 1.371.000 hingga 1.560.00 Baht atau setara 563 hingga 641 jutaan Rupiah. Fortuner Leader ini hadir dengan 3 pilihan varian yaitu G 4×2, V 4×2, serta V 4×4. Tetapi untuk warna spesial Platinum White Pearl dan Emotional Red, ada tambahan biaya sebesar Rp 5 jutaan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Selain hadir dengan teknologi mesin Mild-Hybrid, generasi terbaru Toyota Fortuner juga hadir dengan platform TNGA terbaru yang juga di pakai oleh Land Cruiser 300...

Mobil

Toyota Fortuner Commander ini hanya akan dijual sebanyak 1.000 unit saja dengan pilihan warna merah dan putih mutiara yang sama memiliki atap berwarna hitam....

Modifikasi

Meski harganya yang mahal, Toyota Fortuner Legender menjadi salah satu SUV paling disukai di India. Mobil ini berhasil membawa lebih tinggi nama Fortuner di...

Mobil

Last updated on 29 Desember, 2021 Terdapat perbedaan Toyota Fortuner VRZ dan TRD yang cukup menarik untuk dibedah lebih dalam. Khususnya bagi Anda yang...