Connect with us

Hi, what are you looking for?

Toyota

Kenapa Toyota Fortuner VNT Masih Diminati? Apa Itu Teknologi VNT?

Toyota Fortuner VNT.
Toyota Fortuner VNT. (Sumber: YouTube Benz Spencer Hoky)

Last updated on 12 Januari, 2024

Siapa sangka Toyota Fortuner VNT masih banyak diminati di Indonesia, apa penyebabnya?

Autos.id – Para pecinta mobil SUV 7-seater pasti tidak bisa menolak daya tarik Toyota Fortuner VNT. Tak heran jika harganya cukup bersaing, mobil ini tetap banyak peminatnya meskipun kondisinya bekas.

Keberlanjutan minat terhadap mobil ini terpicu oleh ketangguhannya, memberikan kesan gagah bagi penggunanya. Meluncur pertama kali pada 2005 di Jakarta International Motor Show, Toyota Fortuner VNT telah mengalami sejumlah perbaruan, termasuk dalam aspek eksterior, interior, fitur, dan performa.

Desain Toyota Fortuner VNT terkesan gagah namun tetap menampilkan nuansa elegan. Gril besar berbentuk trapesium yang terlapisi olehkrom dan lampu utama dengan projektor menambah sentuhan elegan pada bagian depan mobil.

Turbo pada mesin Toyota Fortuner VNT menuntut adanya air scoop pada kap mesin, berfungsi untuk mengarahkan udara ke intercooler. Ground clearance yang tinggi membutuhkan foot step agar penumpang dapat masuk dengan mudah ke dalam kabin.

Kelebihan ground clearance ini juga memungkinkan Fortuner untuk mengatasi medan sulit dan menaklukkan tantangan di jalan. Sebagai SUV 7-seater, interior mobil ini lapang dengan ruang penyimpanan yang luas.

Fitur yang tersemat meliputi sistem AC digital, layar MID, AC pada baris kedua, dan head unit double din yang mendukung bluetooth, DVD, MP3, radio, serta port USB. Kemudi mobil ini sudah lengkapi dengan kontrol audio. Kemudian aspek keselamatan dari model VNT juga banyak jadi perhatian. Tentu saja dengan Dual SRS Airbag, seat belt tiga titik pada semua jok, serta sistem sensor parkir lengkap dengan kamera parkir.

Mengusung mesin diesel 2KD-FTV 2.500cc 4-silinder dengan turbo, Toyota Fortuner VNT menghasilkan tenaga 145 hp dan torsi 243 Nm yang tersalurkan ke roda belakang dengan transmisi otomatis 4-percepatan. Sementara itu, harga bekas Toyota Fortuner VNT tahun 2013-2015 sekitar Rp200-300 juta, tergantung pada kondisi dan jarak tempuh mobil.

 

Apa Itu Teknologi VNT?

Tampilan <yoastmark class=

Teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) adalah inovasi turbocharger yang mampu mengatur ukuran lubang yang dilalui oleh gas buang secara otomatis. Dengan demikian, teknologi ini dapat meningkatkan performa mesin dengan memberikan daya yang lebih besar dan responsif.

Lalu apa saja perbedaan antara Toyota Fortuner VNT dan non-VNT? Dalam hal harga, Fortuner VNT menonjolkan keunggulan dengan harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan varian non-VNT yang cenderung lebih mahal.

Di sisi performa, Fortuner VNT menawarkan tenaga yang lebih bertenaga, sementara varian non-VNT cenderung memiliki performa yang lebih lambat. Secara efisiensi bahan bakar, Fortuner VNT memiliki keunggulan dengan konsumsi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan dengan varian non-VNT yang cenderung lebih boros.

Baca juga: Toyota Fortuner VRZ: Varian, Spesifikasi, dan Harganya

Teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT).

Teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT). (Sumber: Toyota Astra)

Dalam hal torsi, Fortuner VNT memiliki torsi yang lebih tinggi lebih jauh. Sampai varian non-VNT sendiri memang tidak bisa melampaui torsi dari penerusnya, karena ya torsi mesinnya lebih rendah. Fitur tambahan pada Fortuner VNT juga lebih lengkap daripada varian non-VNT yang memiliki fitur terbatas.

Namun, perlu jadi perhatian buat yang meminang mobil ini. Kalau biaya perawatan Fortuner VNT cenderung lebih tinggi daripada dengan varian non-VNT yang memiliki biaya perawatan yang lebih rendah. Di sisi suara, Fortuner VNT cenderung lebih berisik kalau bandingkan dengan varian non-VNT yang lebih sunyi.

Baca juga: Komparasi SUV: Toyota Fortuner VS Hyundai Santa Fe

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Toyota Transmover menjadi mobil yang ‘paling dekat’ dengan Toyota Avanza, dimana juga dipilih untuk jadi armada taksi. Autos.id – Toyota Transmover, pada dasarnya, merupakan...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

Toyota

Toyota Sienta adalah salah satu mobil MPV yang hadir di Indonesia, namun penjualannya tidak mencolok. Autos.id – Toyota Sienta, sebuah MPV di Indonesia, hadir...

Mobil

Autos.id – Hilux Champ kemarin resmi perkenalkan oleh Toyota Motor Thailand. Sebagai model yang bakalan mengisi celah antara segmen Pickup di bawah Hilux. Otomatis...

error: Content is protected !!