Tips

Trik Membersihkan Karat di Mobil Hanya Dengan Bahan Dapur

membersihkan karat di mobil

Jengkel karena berkali-kali membersihkan karat di mobil namun tak kunjung bersih? Tenang, kawan Autos bisa menggunakan bahan-bahan dapur lho! Ayo coba!

Jakarta, Autos.id – Siapa yang tidak dibuat jengkel dengan adanya karat di beberapa bagian mobil. Karat-karat yang melekat pada bagian mobil akan membuat tampilan gahar mobil menjadi berkurang. Karena itu sudah waktunya Anda membersihkan karat di mobil tersebut dengan cara yang benar.

Mengapa harus benar? Ya, ternyata kawan Autos tak boleh sembarangan dalam menghilangkan karat yang melekat di kendaraan. Misalnya saja mengorek karat tersebut dengan benda tajam seperti pisau atau silet. Hal ini malah akan membuat karat menjadi semakin banyak.

Karat sendiri bisa muncul karena beragam faktor. Salah satunya ialah logam bodi mobil yang dalam waktu lama terkena hujan ataupun kurang dirawat. Bila Anda tak kunjung membersihkan karat di mobil maka lama-kelamaan mobil yang Anda miliki akan rapuh.

membersihkan karat di mobil bisa menggunakan bahan dapur

membersihkan karat di mobil bisa menggunakan bahan dapur

Biasanya, kebanyakan pemilik mobil memanfaatkan bengkel untuk membersihkannya. Hal tersebut memang sah-sah saja. Namun, sebenarnya kawan Autos sendiri bisa mengatasi dan membersihkan karat yang melekat di mobil tersebut dengan sangat mudah.

“Membersihkan karat yang melekat di mobil tak perlu dengan biaya yang mahal karena hanya dengan bahan dapur, karat tersebut akan menghilang dengan sendirinya”

Membersihkan karat yang melekat pada bagian mobil pada dasarnya mirip dengan membersihkan karat yang ada pada logam di rumah. Karena itu, kawan Autos bisa menggunakan bahan-bahan dapur berikut ini:

  1. Cuka

Bahan dapur pertama yang bisa digunakan ialah cuka. Caranya cukup mudah. Kawan Autos bisa menyiapkan lap, cuka yang dicampurkan air dan sikat. Asam asetat atau asam sitrat merupakan zat ampuh untuk menghilangkan karat.

Apabila bagian mobil yang terkena karat bisa dibongkar, kawan Autos hanya perlu merendam bagian mobil yang berkarat tersebut dengan menggunakan rendaman air cuka selama kurang lebih 1 hingga 2 hari. Ulangi lagi dengan waktu yang lebih lama bila kawan Autos masih mendapati karat di beberapa bagian.

  1. Lemon

Bahan untuk membersihkan karat di mobil selanjutnya ialah lemon. Lemon selama ini dipercaya sangat efektif dalam membersihkan noda di pakaian namun siapa sangka, bahan dapur yang satu ini juga sangat manjur digunakan untuk menghilangkan noda karat di logam.

Kawan Autos hanya perlu menaburkan garam di logam yang berkarat setelah itu rendahlah dengan air campuran lemon. Baruslah setelah itu, kikis karat menggunakan penggosok alumunium.

  1. Baking soda

Selain bahan dapur seperti lemon dan cuka, masih ada bahan lain yang ampuh digunakan untuk membersihkan karat di mobil. Gunakan baking soda untuk menetralisir karat yang melekat di mobil. Baking soda dipercaya sangat manjur dalam melunturkan karat.

Sikat bagian mobil yang berkarat menggunakan lap khusus yang sebelumnya sudah direndam dengan baking soda. Bagaimana, cara membersihkan karat di mobil tidaklah sulit bukan?

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top