Tips

Tips Mudik Membawa Bayi

Mudik Membawa Bayi
Perhatikan Kondisi Bayi Selama Perjalanan

Mudik membawa bayi memang sebaiknya dihindari karena kondisi fisik bayi rentan untuk melakukan perjalanan panjang. Tapi jika tak bisa dihindari, berikut tipsnya agar bayi tetap nyaman.

Jakarta, Autos.id – Lebaran tiba… Lebaran tiba… Ya, ketika Hari Raya Idul Fitri tiba mungkin Anda semua sedang menikmatinya bersama keluarga. Dan jika setelah selesai silaturahmi serta bermaaf-maafan di rumah, sebagian dari Anda ada yang lantas berencana menjalani mudik ke kampung halaman.

Mudik memang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia dalam menyambut Lebaran. Para pemudik pun sebagian besar melakukan perjalanan panjang tahunan ini dengan menggunakan mobil pribadi mereka bersama seluruh anggota keluarga.

Alasannya tentu beragam mulai dari kepraktisan dibanding menggunakan angkutan umum, hingga dirasa lebih nyaman untuk semua anggota keluarga, terutama jika Anda membawa anak-anak. Tetapi membawa serta anak-anak khususnya mudik membawa bayi butuh perhatian khusus, karena buah hati Anda belum memiliki ketahanan fisik seperti Anda.

Mudik Membawa Bayi

Si Kecil Harus Dibuat Nyaman Selama Perjalanan

Karenanya berikut Autos berikan tips mudik membawa bayi agar perjalanan tetap aman dan nyaman sampai tujuan:

– Periksa kondisi si kecil
Sebelum memutuskan mudik bersama anak-anak, perhatikan dulu kondisi kesehatannya. Lakukan check up ke dokter bila perlu beri vaksinasi sebelum berangkat mudik. Jika ternyata anak Anda ada indikasi terserang penyakit, misalnya suhu tubuh meningkat, sebaiknya batalkan niat menjalani mudik membawa bayi karena akan memperparah kondisi si kecil. Lakukan perjalanan jika kondisi fisiknya sudah benar-benar pulih.

– Siapkan “tas pintar”
Sebelum berangkat mudik rencanakan tas pintar khusus untuk bayi Anda. Tas ini dapat berisi popok dan baju, setidaknya untuk jangka waktu dua sampai tiga hari. Selain popok hal–hal yang wajib dibawa di tas ajaib itu adalah bedak, minyak telon, tisu, dan tisu basah atau lap lembut. Hal ini sangat berguna jika si kecil aktif dan menumpahkan sesuatu di mobil Anda.

– Siapkan susu cadangan
Bayi biasanya belum dapat makan sesuatu, karenanya mudik membawa bayi perlu menyiapkan minuman yang menjadi sumber asupan gizi si kecil. Jika anak Anda mengkonsumsi ASI, maka tak ada salahnya menyiapkan ASI cadangan dalam botol untuk kebutuhan selama perjalanan. Jika si kecil minum susu formula, maka jangan sampai ketinggalan susu si kecil termasuk botol dan tempat menyimpan air panasnya.

– Jangan mengemudi non stop
Jangan hanya berpikir untuk segera cepat sampai ditujuan, lebih baik Anda melakukan perjalanan dengan santai dan nyaman. Selalu sempatkan waktu untuk beristirahat sejenak di tempat peristirahatan yang tersedia. Berhenti dan beristirahat selama dua hingga empat jam akan dapat menyegarkan kembali bayi dan tubuh Anda. Lakukan perenggangan tubuh saat istirahat untuk menghindari stres.

– Gunakan alat bantu
Alat bantu disini tentunya untuk kebutuhan si kecil. Saat di dalam mobil Anda bisa gunakan car seat agat buah hati Anda bsia menikmati perjalanan dengan lebih nyaman. Anda juga dapat membawa stroller untuk si kecil. Stroller dapat memudahkan perjalanan karena Anda akan sedikit terbantu dan rasa capek dapat Anda minimalisir dengan membawa si kecil dalam stroller ketika turun dari mobil dibandingkan harus menggendong mereka.

– Baju siap pakai
Pilih baju yang enak digunakan si kecil selama perjalanan, yang tidak ribet dan sesuai dengan iklim daerah tujuan. Siapkan bebrapa pasang pakaian untuk mengantisipasi si kecil memuntahkan sesuatu di perjalanan. Jangan lupa siapkan pula selimut dan baju hangat guna mengantisipasi perjalanan memeakan waktu hingga malam hari.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top