Tips

Tips Merawat Jok Mobil Biar Tetap Bersih

Tips Merawat Jok Mobil Biar Tetap Bersih
Interior Bersih Menambah Kenyamanan Berkendara

Jakarta, Autos.id – Kebersihan interior termasuk jok memang menjadi idaman setiap pemilik mobil. Selain meningkatkan penampilan, jok yang bersih juga bisa meningkatkan kenyamanan selama berkendara.

Sayangnya banyak yang enggan melakukan perawatan jok mobil secara berkala. Padahal cukup meluangkan sedikit waktu dan hanya butuh sedikit peralatan rumah tangga jok mobil bisa tetap terawat.

Hilangkan Debu dengan Vacum Cleaner

Hilangkan Debu dengan Vacum Cleaner

Jok berbahan beludru
Jok atau interior yang memakai bahan beludru diperlukan perawatan yang lebih ekstra mengingat permukaannya yang halus dan kotoran yang lebih mudah meresap dan meninggalkan bekas. Untuk membersihkannya cukup diperlukan alat-alat rumah tangga sederhana:
– vacum cleaner
– sikat halus
– lap microfiber kering
Pertama-tama hilangkan debu dan kotoran pada permukaan interior menggunakan vacum cleaner, bersihkan hingga sela-sela interior. Kemudian gunakan sikat bertekstur halus untuk menghilangkan noda yang masih menempel. Jika ada noda membandel gunakan pula cairan pembersih untuk bahan beludru. Semprot pada permukaan yang terkena noda, sikat secara perlahan, kemudian langsung lap dengan kain microfiber. Besihkan satu bagian per bagian sampai merata.

Lap dengan Kain Microfiber

Lap dengan Kain Microfiber

Jok berbahan kulit
Beberapa mobil modern menggunakan leather atau kulit sebagai pelapis jok dan bagian interior lainnya. Perawatan jok kulit tak sesulit beludru, namun jika tidka hati-hati bis amenimbulkan noda atau warna belang. Alat yang dibutuhkan pun masih serupa yakni:
– vacum cleaner
– sikat lembut
– sabun bayi
– lap plas chamios
– lap kering/microfiber
Pertama-tama bersihkan kotoran dan debu dengan vacum cleaner. Sikat noda atau bagian yang masih meninggalkan bercak dengan cara memutar. Lap dengan plas chamios yang sudah diperas secukupnya, kemudian lap kembali dengan microfiber. Jika noda tidak hilang, maka gunakan pembersih untuk bahan kulit. Semprotkan hanya di permukaan yang terkena noda, setelah hilang, langsung lap dengan kain microfiber. Cairan pembersih kulit bisa juga diganti dengan sabun bayi atau sabun cuci tangan yang memiliki pH balance.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top